Arti Pentingnya Sebuah Channel Youtube

Arti pentinganya sebuah channel youtube sebagai alat bantu promosi bisnis Anda.

Arti-Pentingnya-Channel-YoutubeBerikut adalah transkrip dari video di atas untuk mempermudah Anda dalam memahami akan apa yang dibahas dalam video di atas, transkrip ini dibuat khusus buat Anda yang tidak sempat menonton video ini, atau karena koneksi internet yang kurang mendukung, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaat dari video ini dengan membaca transkrip berikut :

Sahabat setelah kita bisa membuat video promosi, setelah kita belajar menggunakan Camtasia Studio, atau Software Snagit sebagai software screen record, untuk membuat video tutorial, untuk membuat video promosi, lalu kita akan membangun channel youtube.

Mengapa harus Membangun Channel Youtube ?

Mungkin  Anda bertanya; mengapa harus channel youtube ? Apakah itu suatu kewajiban ? Maka pertanyaan Anda itu akan gampang saya jawab. Tentu Anda tahu bahwa selama ini, kalau Anda lihat, atau Anda baca, atau Anda kunjungi website, atau social media seperti facebook, facebook menyediakan fasilitas membuat video, di facebook sangat banyak dibagikan video. Anda menggunakan whatsapp ? Di whatsapp juga sangat banyak dibagikan video. Anda melihat blog, sangat banyak blog yang berisi video, yang kontennya lebih banyak video. Sangat banyak situs tv-tv streaming saat ini, yang isinya semuanya video, mayoritas video, itulah yang disebut dengan vlog. Maka  ketika orang berlomba-lomba menyajikan video, apakah itu di channel youtube, apakah itu di vlog, apakah itu di blog mereka, apakah di sosial media mereka, di facebook, di youtube, atau di blog lain, atau di sosial media lain, artinya mereka paham, bahwa video itu begitu penting.

Maka ketika Anda menonton twitter, atau instagram, sangat banyak video disana. Tadi pertanyaannya mengapa harus youtube ? Tentu Anda tahu, youtube adalah bagian daripada produk google. Tentu Anda tahu, google memiliki mesin pencari terbesar di dunia saat ini. Sebagai salah satu bagian dari google produk, tentu youtube akan gampang dicari, akan gampang digunakan sebagai sarana promosi, untuk menyampaikan ide-ide kita, untuk menyampaikan promosi kita, untuk menyampaikan bisnis kita, kepada calon pelanggan kita. Apapun yang ingin kita jual, kita promosikan lewat video, video itu kita upload ke channel youtube

Bagimana Cara Membangun Channel Youtube ?

Sekarang pertanyaan selanjutnya; bagaimana sih membangun channel youtube ? Channel youtube sama seperti blog atau website. Ketika Anda membeli blog atau website, Anda membeli domain. Sesuai dengan keyword Anda buat judulnya sesuai dengan keyword Anda buat judul page, judul postingan juga sesuai dengan keyword. Anda buat gambar dengan caption, dan Alt Textnya sesuai dengan keyword. Lalu Anda tulis artikelnya, Anda share keywordnya di berbagai artikel. Anda buat keywordnya di masing-masing sub heading.

Demikian juga dengan video youtube, kita buat channel youtube, sesuai dengan keyword sasaran kita. Jadi satu blog, atau satu website, memiliki satu channel youtube. Maka blog atau website, terkomunikasi dengan channel youtube. Channel youtube kita buat sesuai dengan keyword atau domain kita. Kemudian kita buat nama channelnya, sesuai dengan keyword blog kita. Kemudian kita buat playlistnya sesuai dengan keyword yang kita tuju. Kita buat judul videonya sesuai dengan  keyword yang kita harapkan. Kita tuliskan juga keywordnya dalam tag, dan juga dalam deskripsi. Maka video-video kita akan mudah ditemukan, di mesin pencari youtube, atau mesin pencari google.

Youtube sebagai Sumber Trafik ke Website dengan bantuan Kartu dan Annotasi

Hal yang terpenting dalm sebuah video youtube adalah bahwa disana tersedia Kartu dan Annotasi, yang bisa kita gunakan untuk mempromosikan artikel-artikel di blog bisnis kita, atau di website bisnis kita. Sehingga youtube akan menjadi sumber traffict bagi website bisnis kita. Dimana saja link website kita, atau link artikel kita, atau link blog kita, yang bisa ditemukan di youtube, di video youtube? Yang pertama di dalam cover channel youtube, disana bisa kita tampilkan icon untuk URL blog kita, kemudian di bagian about channel youtube, kemudian di deskripsi video, kemudian di kartu dan annotasi sebuah video. Sebuah video bisa menampilkan lima kartu, artinya lima link artikel, bisa kita tampilkan di satu video. Annotasi bisa kita buat sebanyak mungkin di satu video, sesuai dengan penjelasan video itu, karena Annotasi membantu penjelasan daripada sebuah video.

SubTitle dan Transkrip Merupakan Alat Bantu bagi yang tidak sempat Menonton Video

Selanjutnya kita bisa membuat subtitle. Subtitle yang merupakan teks penjelasan, apa yang diucapkan, di dalam sebuah video, akan bisa dicrawl, akan bisa dirayapi oleh robot google. Sehingga subtitle, akan membantu video kita lebih mudah ditemukan oleh robot google, atau robot mesin pencari.

Selanjutnya transkrip, transkrip  daripada video kita, bisa kita buat di deskripsi, atau bisa kita tuliskan ulang di blog. Maka di blog kita sebagai artikel, bisa kita buat, video yang sudah kita upload ke youtube, lalu diembed di blog lalu transkripnya kita tulis ulang di blog kita, dan itulah menjadi artikelnya. Jadi satu video, satu postingan, dan isinya, tulisannya, artikelnya disana adalah transkrip daripada video itu.

Jika link video itu, bisa Anda sediakan juga di artikel Anda untuk didownload, kemudian artikel itu bisa Anda siapkan, dalam bentuk pdf, atau bentuk dokumen, dan Anda siapkan linknya juga di artikel tersebut untuk didownload. Maka pengunjung-pengunjung Anda, akan sangat tertarik mengunjungi blog Anda, akan dengan senang hati mengunjungi blog Anda, karena berharap, akan bisa mendownload video Anda, akan bisa mendownload transkrip daripada video Anda, akan bisa mendownload daripada artikel Anda,

Itulah ide-ide cara menggunakan video youtube dihubungkan dengan blog bisnis, sehingga keduanya akan merupakan satu kesatuan sebagai sarana promosi, untuk mendatangkan trafik ke artikel kita, untuk lebih mudah keyword kita ditemukan di mesin pencari. Ketika seseorang menuliskan keyword yang diinginkannya di mesin pencari mereka bisa menemukannya di blog bisnis kita, di artikel blog bisnis kita, mereka juga bisa menemukannya di channel youtube kita.

Upload terlebih dahulu Video ke Google+ kemudian dimport ke Channel Youtube

Lalu trik apalagi yang bisa membantu promosi daripada youtube kita ? Sebuah trik yang menarik adalah, ketika kita membuat video youtube, mari kita praktekkan, mulai dari sekarang, kita share dulu, video tersebut di Google+. Setelah kita share di google+ dan sudah ada pengunjungnya, sudah ada yang like, sudah ada yang share, barulah kita upload kembali ke channel youtube kita. Maka di channel youtube, dia akan lebih mudah lagi ditemukan, karena sudah ada trafik sebelumnya di google+. Ingat Google+ dan Youtube, adalah bagian daripada Google Produk, yang kesemuanya akan ditemukan di google search, sebagai mesin pencari, sebagai salah satu produk, daripada google produk.

Maka untuk optimasi channel youtube; yang pertama buatlah channel sesuai dengan keyword, sesuai dengan nama blog bisnis Anda. Buatlah playlist juga sesuai dengan keyword, buatlah judul yang mengandung keyword, tuliskan tagnya sesuai dengan keyword, tuliskan keywordnya di deskripsi, tambahkan transkrip di deskripsinya. Kemudian tambahkan Annotasi dan Kartu yang mengarah ke artikel bisnis kita. Kemudian tambahkan subtitle di video kita. Setelah itu, sharelah video-video yang diupload ke berbagai social media, agar video tersebut lebih mudah ditemukan.

Kemudian setiap kali kita upload sebuah video di channel youtube, gunakan fasilitas social media untuk share otomatis. Anda bisa gunakan ifttt.com if this than that. Maka setiap kali ada diupload video di channel youtube, bisa diperintahkan agar ifttt melakukan share ke social media tertentu, misalnya ke twitter, ke facebook page, ke tumblr, ke pinterest, ke blogger, ke wordpress, dal lain-lain, atau ke linkedin, atau ke sosial media yang kita miliki.

Jadi pekerjaan kita sangat dimudahkan dengan adanya social media yang bisa melakukan share secara otomatis. Maka seluruh social media, akan saling mendukung untuk mempromosikan video kita, di video kita sudah ada link website kita, link artikel kita. Maka link website kita juga, akan mudah ditemukan dari berbagai sosial media.

Itulah ide-ide bagaimana cara mengoptimasi channel youtube, sehingga video-video yang kita buat, kita upload ke youtube, kita embed lagi ke blog, kita share ke sosial media,

Demikian transkrip video akan Arti Pentingnya sebuah Channel Youtube, semoga bermanfaat buat semua pembaca blog ini, jika ada hal penting hubungi saya di telegram @vituspolikarpus atau di WA 081317937777

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *