Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Telegram Dekstop

Telegram Dekstop

Telegram Dekstop Telegram sebagai social media yang mirip dengan whatsapp, bisa digunakan di smart phone, bisa juga digunakan di dekstop yang disebut sebagai Telegram Dekstop. Pertanyaannya adalah; sudahkah Anda menggunakan Telegram ?  Apakah Anda sudah tahu apa itu telegram ? Jangan-jangan masih teringat akan fasilitas kirim berita melalui kawat seperti mesin fax yang dahulu digunakan untuk mengirim berita. Telegram yang kita bicarakan sekarang bukanlah telegram pengirim berita yang diprint seperti mesin fax zaman dahulu. Namun  Telegram yang sudah hadir dalam versi digital social media. Jadi telegram kini hadir sebagai bagian dari social media layakna seperti whatsapp, facebook, twitter dan lain-lain.

Artikel ini akan membahas topik seputar telegram:

  1. Perbedaan Telegram dengan Whatsapp   
  2. Fasilitas Yang disediakan oleh Telegram 
  3. Cara Membuat Telegram Grup  dan Telegram Channel 
  4. Cara Mengundang teman ke Telegram Grup dan Channel

 

1.Perbedaan Telegram dengan Whatsapp

Perbedaannya adalah fasilitas yang digunakan, dimana untuk menggunakan telegram dekstop, maka softwarenya harus diinstal terlebih dahulu, sedang untuk menggunakan whatsapp di dekstop, cukup dengan mengunjungi situs whatsapp web. Selanjutnya, seluruh file yang diupload di telegram, akan tersimpan di cloud, sehingga tidak membebani hard disk device yang digunakan, karena akan diupload ke cloud, sedangkan di whatsapp, media seperti audio, video, harus didownload terlebih dahulu ke hard disk device, baru bisa ditampilkan, didengar, atau ditonton.

Saat ini saya menggunakan telegram dekstop untuk membuat grup diskusi, berbagi ilmu, bahkan mengirim file produk  digital berupa video tutorial yang saya jual, dan saya kirimkan ke inbox masing-masing pelanggan yang membeli, dengan demikian pelanggan juga tidak harus mendownloadnya ke device yang digunakan, namun bisa menonton langsung, layaknya menonton video youtube.  Silahkan tonton video berikut :

 

Di Telegram Dekstop, kita bisa mengundang teman-teman yang sudah menggunakan whatsapp, atau mencoba mencari teman-teman yang sudah memiliki akun telegram dengan menambahkan karakter @ di depan namanya. Contohnya jika Anda ingin mencari akun telegram saya, maka tuliskanlah di menu search telegram @vituspolikarpus.  

2.Fasilitas Yang disediakan oleh Telegram

Berikut ada dua fasilitas penting yang bisa digunakan di telegram yakni :

  • Telegram Grup; disini kita bisa memiliki teman dengan batasan jumlah seperti di facebook, maksimal 5000. Contoh grup yang saya buat adalah Grup Cara Membuat Video Tutorial 
  • Telegram Channel, dengan fasilitas ini kita bisa melakukan broadcash kepada teman tanpa batasan jumlah. Contoh channel yang saya buat adalah Membuat dan Optimasi Blog 

Sebagai tambahan, telegram bisa mengirim file sebesar 1,5  GB sekali kirim, dan semuanya itu akan tersimpan di cloud. Sangat berbeda dengan Whatsapp yang  dibatasi mengirim ukuran file video maksimal 16 MB saja sekali kirim, atau seperti email yang maksimal bisa kirim file sebesar 25 MB sekali kirim. Hal inilah yang memudahkan bagi saya, disaat ada pembeli video tutorial, maka saya dengan mudah mengirimkan seluruh file video tutorial, ke akun telegram pembeli, dan satu persatu akan diupload hingga selesai

3. Cara Membuat Telegram Grup  dan Telegram Channel

Cara membuatnya, klik tanda pensil, di kolom kanan menu search telegram, seperti gambar berikut :

Cara Membuat Grup dan Channel

Buatlah grup dan channel sesuai kebutuhan Anda. Contoh grup yang saya buat dengan nama Cara Membuat Video Tutorial, saya buat khusus untuk diskusi seputar cara membuat video tutorial, dengan menggunakan software screen record Camtasia Studio, dan seputar permasalahan yang menyangkut pembuatan video, seperti bagaimana menyiapkan gambar sesuai kebutuhan  video.

Contoh channel yang saya buat, dengan nama Membuat dan Optimasi Blog, khusus untuk berdiskusi seputar cara membuat dan mengoptimasi blog, mulai dari blogger hingga wordpress, dan hal-hal apa saja yang perlu dipahami sebelum membuat blog.

4.Cara Mengundang teman ke Telegram Grup dan Channel

Untuk mengundang orang agar bergabung sendiri ke grup atau channel yang kita miliki, cukup dengan memberikan link grup atau link channel yang kita miliki. Cara mendapatkan link grup atau link channel adalah dengan mengeklik nama channel atau grup agar tampil Group Info atau Channel Info. Setelah itu akan tampil Invite Link di grup, klik saja linknya, dan klik oke kemudian paste di social media yang Anda gunakan untuk mengundang teman. Di bagian bawah nama Channel akan ada link channel klik saja link tersebut dan klik oke, kemudian paste di social media yang Anda gunakan untuk share link tersebut.

Selamat menggunakan aplikasi Telegram Dekstop sesuai kebutuhan Anda. Gunakan dengan baik untuk membantu promosi dan branding diri branding produk dan branding bisnis Anda.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 + 11 =