Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Riset Keyword
6 Mei 2014

Riset Keyword

Riset Keyword

Riset Keyword

Sebelum membuat sebuah blog atau toko online, sesungguhnya pekerjaan pertama kita adalah melakukan riset keyword. Kata-kata apa yang kira-kira dituliskan oleh setiap orang di mesin pencari seperti google search, untuk mencari sesuatu yang dibutuhkannya ? Misalnya, jika seseorang ingin membeli sepatu kerja, maka kemungkinan dia akan menuliskan kata sepatu kerja murah di google search, dengan demikian google search akan menampilkan sejumlah blog yang di dalamnya ada mengandung dan berhubungan dengan kata sepatu | kerja | murah. Kata-kata ini bisa saja ada dalam domain, judul, dalam keterangan gambar, dalam artikel, deskripsi blog, atau keyword yang ditanamkan di blog.

Sekarang karena kita ingin membuat toko online yang berhubungan dengan kesehatan, cantik dan awet muda, maka kita akan mencoba melakukan riset keyword yang berhubungan dengan sehat, cantik dan awet muda tersebut. 

Langkah pertama masuklah ke google.com/sktool :

Riset Keyword

Riset Keyword

Klik Masuk ke Adwords dan masuklah dengan menggunakan google akun Anda, jika sebelumnya Anda sudah log in di google akun  Anda, atau browser google chrome Anda, maka akan tampil seperti gambar berikut :

Riset Keyword

Riset Keyword

Sekarang klik Telusuri ide kata kunci dan grup iklan baru :

Riset Keyword

Riset Keyword

Tuliskan perawatan kulit, antioksidan dan resveratrol, luminesse dan stemcell, di menu Produk atau layanan Anda, selanjutnya pilih wilayah dan bahasa Indonesia, serta mesin pencari Google, dan lanjutkan dengan mengeklik Dapatkan Ide. Selanjutnya klik Ide Kata Kunci, perhatikan di menu paling kanan tertulis Tambahkan semua (803) artinya ada sebanyak 803 ide kata kunci yang berhubungan dengan keywords yang sedang kita riset.

Riset Keyword

Riset Keyword

Mengingat banyaknya saran keyword yang diberikan oleh Google, maka sebaiknya kita mendownload saja file rekapan seluruh saran keyword tersebut, untuk selanjutnya kita olah di MS Excel. Silahkan klik Unduh dan pilih excel (CSV), simpanlah file tersebut di komputer Anda.

Riset Keyword

Riset Keyword

Selanjutnya kita akan mengolah saran keyword tersebut untuk kita sortir sesuai kebutuhan kita.

Cara mengolah dan menggunakan keyword ini, akan kita bahas dalam sub halaman tersendiri.

Misalkan kita tidak ingin repot mendownload dan menyortir data keyword sebanyak itu, maka alternatif penulisannya adalah, tuliskan satu persatu kata kunci yang akan diriset keyword planner, kemudian klik dapatkan ide (get idea).

Selanjutnya, carilah keyword yang Anda inginkan, pilih keyword yang pencarinya banyak namun pesaingnya sedikit, (rendah atau sedang). Tuliskan keyword pilihan Anda di dalam satu lembar notepad atau di satu sheet excel. Tuliskan keyword tersebut bersama dengan jumlah rata-rata pencari perbulannya. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga menemukan 10 kata kunci utama yang Anda inginkan.

Jika sudah ketemu 10 keyword utama yang Anda inginkan, kini saatnya Anda meyakinkan/memastikan  berapa sesungguhnya pesaing untuk setiap keyword tersebut. Caranya masuk ke google.co.id selanjutnya tuliskan satu-per satu keyword ke menu bar pencarian, dan klik enter atau tekan search. Lihat dan tuliskan jumlah pesaing yang ditampilkan di mesin pencari dan tuliskan di samping pencari rata-rata pencari perbulan pada kesepuluh keyword utama Anda.

Riset Keyword

Riset Keyword

Jika kesepuluh keyword utama sudah ditemukan pesaing rielnya dari google search, selanjutnya urutkanlah kesepuluh keyword tersebut mulai dari keyword yang terbanyak pencarinya hingga ke yang terkecil. Keyword yang terbanyak pencarinya jadikan menjadi keyword nomor 1, dan keyword yang pencarinya terkecil menjadi keyword nomor 10.

Tuliskan kesepuluh keyword tersebut mulai dari nomor 1 hingga nomor sepuluh dalam satu baris dipisahkan oleh tanda koma. Selanjutnya pilihlah dua atau tiga keyword (No 1-3) untuk dimasukkan ke dalam title/judul blog Anda, judul/title ini sebaiknya maksimal 60 karakter.

Susunlah seluruh keyword atau minimal ketujuh keyword di luar keyword yang sudah dimasukkan di judul/title blog, menjadi satu kalimat yang enak dibaca, tanpa mengulang kata yang sama, dan bisa ditambahkan dengan kata lain menjadi deskripsi blog. Usahakan maksimal 156 karakter.

Selanjutnya rencanakan dua atau tiga nama domain yang mengandung keyword No 1-3 yang ada di judul/title blog untuk menjadi URL blog Anda. Mengapa harus ada alternatif, sebagai cadangan, mana tahu domain yang Anda rencanakan sudah ada yang menggunakan, sehingga selalu ada plan B dan C.

Atau jika Anda ngotot harus memakai domain yang Anda inginkan, maka jika orang lain sudah terlebih dahulu menggunakannya, maka tinggal tambahkan karakter khusus di belakang nama domain tersebut, semoga beruntung bisa mendapatkan domain idaman Anda.

Untuk mengedit tampilan title dan deskripsi blog yang telah Anda susun, silahkan gunakan fasilitas SEOMofo.com 
Riset Keyword

Riset Keyword

Masukkanlah title/judul ke kotak judul di SEOMofo dan Deskripsi ke kotak Deskripsi di SMOMofo. Perhatikan tulisan di bagian paling bawah sebagai tampilannya di google search. Ingat jangan sampai ada titik-titik di ujung judul dan deskripsi, artinya jika muncul titik-titik artinya harus Anda kurangi, agar seluruh judul dan deskripsi bisa tampil dan terbaca secara utuh. Ingat pengaruh ukuran pixel atas setiap karakter yang ditampilkan akan mempengaruhi, sehingga biarpun belum 60 karakter, bisa saja judul sudah muncul titik-titik di tampilan google search. demikian juga dengan deskripsi, biarpun belum 156 karakter, bisa saja sudah muncul titik-titik di tampilan google search.

Namun jika judul atau deskripsi yang tentukan belum melebihi batas karakter yang ditentukan, dan masih banyak ruang kosong, maka bisa Anda tambahkan dengan contact person Anda. Sehingga ketika ada yang mencari keyword tersebut di mesin pencari, dan kebetulan melihat title/judul dan deskripsi blog Anda, maka dari judul dan deskripsi blog tersebut, si pencari sudah bisa menghubungi Anda, tanpa harus mengunjungi blog Anda terlebih dahulu.

Untuk ketersediaan domain yang Anda rencanakan, akan kita bahas ketika masuk di blogger.com di sub halaman selanjutnya.

Sebagai pengingat bagi Anda, inilah ha-hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan riset keyword yang baik di artikel Anda:

  1. Keyword yang baik minimal terdiri dari dua hingga empat kata
  2. Ciri Keyword yang baik banyak dicari orang secara rutin setiap bulannya, dicari oleh ribuan bahkan puluhan ribu pencari per bulan sepanjang tahun
  3. Keyword tersebut banyak digunakan orang dalam artikel mereka, sehingga ketika melakukan riset pasti banyak sekali pesaingnya
  4. Keyword yang baik biasanya ditempatkan di domain, judul blog, judul halaman, judul postingan, tersebar di dalam artikel minimal di paragraf pertama, paragraf inti, dan paragraf penutup, digunakan sebagai nama image dan ditempatkan di alt txt, dan  title txt setiap image
  5. Keyword biasanya dibold dan diberi warna khusus bahkan kadang digaris bawahi, dengan harapan agar lebih mudah ditemukan oleh robot google 
  6. Keyword yang baik biasanya diberikan link antar artikel dalam satu blog, bahkan sering diberikan link ke artikel sumber dari blog lain
  7. Keyword yang baik biasanya dipakai juga sebagai label di blogger, atau sebagai tag, dimasukkan dalam meta deskripsi dan meta keyword setiap artikel

Dalam mengembangkan sebuah artikel, atau dalam mengoptimasi blog khususnya dalam mengembangkan SEO, sebaiknya dilakukan riset keyword dengan baik, teliti dan hati-hati. Pertimbangkan jumlah pencarinya perbulan dengan bantuan Google Keyword Planner, memeriksa di search queries webmaster, berapa banyak pengunjung yang dihasilkan atau berapa kali diklik oleh pengunjung, juga memeriksa posisi ranknya  dengan bantuan whatmyserp.

Setelah melakukan riset keyword, kini saatnya membuat blog pertama Anda, silahkan dilanjutkan ke halaman Toko Online Berbasis BlogspotNamun jika Anda ingin membuat blog dengan domain dan hosting sendiri, maka sebaiknya Anda pesan terlebih dahulu Domain dan Hosting sesuai kebutuhan Anda. Setelah memiliki domain dan hosting, silahkan mulai membuat blog dengan Menginstall Script WordPress di Cpanel

 

Satu opini pada “Riset Keyword

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fourteen − eight =