Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Rahasia Pengenalan Dasar Komputer
18 April 2014

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Pengenalan KomputerRahasia Penegenalan Dasar Komputer ini merupakan salinan ebook yang saya buat khusus Anda yang masih pemula di Komputer, sehingga tahu dan sadar, hal-hal dasar apa yang seharusnya Anda ketahui agar laptop/komputer Anda lancar dan aman digunakan. Dalam ebook ini kita akan mempelajari secara bertahap mulai dari:

Pengenalan Komputer

1.1. Pengertian Komputer

Kompouter (computer) diambil dari kata computare (Bahasa Latin) yang berarti menghitung (to compute atau to rec kon). Kata Komputer semua dipergunakan untuk menggambarkan orang yang pekerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri.

Beberapa pakar dan peneliti memiliki pengertian tersendiri dengan komputer diantaranya sebagai berikut :

  1. Robert H. Blissmer dalam buku Computer Annual: Komputer  adalah suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas seperti menerima input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahan, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.
  2. Donal H. Sanders dalam buku Computer Today; Komputer adalah sistim elektronik untuk memanipulasi data yang cepat dan tepat serta dirancang dan diorganisasaikan supaya  secara otomatis menerima dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output di bawah pengawasan atau langkah-langkah, instruksi-instruksi program yang tersimpan di memori (stored program).
  3. Hamacher dkk, dalam bukunya Computer Organization; Komputer adalah mesin penghitung elektronik yang cepat dapat menerima informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu program yang tersimpan di memorinya dan menghasilkan output informasi.

1.2. Bagian Utama Komputer

Komputer terdiri dari dua bagian utama yakni Hardware dan Software:

  1. Hardware adalah peralatan pisik dari komputer itu sendiri, yang secara pisik dapat dilihat, dipegang, ataupun dipindahkan
  2. Software adalah suatu prosedur pengoperasian dari komputer itu sendiri ataupun berbagi prosedur dalam hal pemrosesan data yang telah ditetapkan sebelumnya. Software yang bertugas mengontrol dan mengkoordinasikan penggunaan hardware untuk berbagai aplikasi untuk bermacam-macam pengguna disebur Sistim Operasi. Software yang menentukan bagaimana sumber daya digunakan untuk menyelesaikan masalah user disebut Program Aplikasi.

Mari kita lihat secara umm komputer kita; silahkan klik kanan di Komputer lalu pilih properties seperti gambar berikut :

 Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Mari kita bahas satu persatu;

  1. Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa windows yang digunakan adalah Windows 8 Enterprise N dan di akhir Tahun 2013 lalu sudah ada upgradenya yakni Windows 8.1
  2. Rating : untuk mengetahui apa sebenarnya arti rating ini, maka mari kita klik tulisan Windows Experience Index yang berada di belakang tulisan 4.7 perhatikan gambar berikut : 

    Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

    Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Gambar ini menjelaskan kepada kita bahwa Rating itu menjelaskan kinerja menyeluruh dari Processor, Memory (RAM), Graphics, Gaming Grafics, dan Primary Hard Disk, dan yang terendah adalah kinerja Graphics yakni tampilan grafik dekstop hanya 4.7  

Karena graphics berhubungan dengan VGA (Video Graphics Adapter) dimana biasanya VGA laptop menyatu dengan motherboard, sehingga masalah ini sulit diperbaiki. Maka sebelum membeli laptop sebaknya Rating ini perlu diperhatikan untuk melihat apa kelemahan yang perlu diketahui sebelum membelinya.

Processor adalah sebuah chip yang berfungsi untuk mengontrol dan mengolah data pada komputer. Secara umum ada dua jenis processor yang digunakan di Indonesia yakni Intel dan AMD.

  • Processor Intel ada beberapa jenis yakni:
  1. Intel 286, 386, 486
  2. Pentium MMX, II, III, IV, Celeron
  3. Pentium IV LGA, Dual Core, Core 2 Pro
  4. Pentium M, Centrino, Centrino Duo, Atom Dual Core
  5. Quad Core, Core i3, Core i5, Core i7
  • Processor AMD terdiri dari beberapa jenis :
  1.  AMD K5, K6, K6-2, K7
  2. Duron, Athlon
  3. Sempron, Opteron, Athlon 64
  4. Athlon64 x2/fx, Turion, Phenom, Phenom II.

Processor ada dua jenis yakni; 32 bit dan 64 bit. Perlu dipahami bahwa sebagian besar software yang didesain untuk 64 bit, bisa juga berjalan di versi 32 bit. Namun driver yang didesain dengan versi 32 bit, tidak bisa bekerja pada 64 bit.

RAM (Random Acces Memory) adalah memory yang bersifat sementara, berfungsi untuk membantu kecepatan eksekusi pada pengolahan data. RAM ada beberapa jenis : EDO RAM, SDRAM, DDR RAM, DDR2 RAM, DDR3 RAM. Dalam kasus laptop ini sebagaimana gambar terdahulu, bahwa RAM yang digunakan adalah 4 GB, namun yang bisa dignakan hanya 3.1 GB sisanya untuk membantu VGA di motherboard. Semakin tinggi RAM, semakin baik dalam membantu kecepatan kinerja komputer kita. Lihat video tutorialnya : disini)

1.3. Windows Update

Windows Update perlu kita lakukan secara berkala agar kemampuan komputer kita selalu sesuai dengan perkembangan dari software yang ada. untuk mempermudah pemahaman windows update ini, silahkan diklik Windows Update seperti gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah diklik Windows Update akan ditampilkan informasi update yang ada, ada jenis update yang important dan ada jenis update yang optional. Jika kita klik update important maka hasilnya akan terlihat seperti gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Windows malicious software removal tool digunakan untuk mengecek apakah windows yang digunakan asli atau tidak. Untuk itu silahkan Anda ingat-ingat apakah windows Anda, asli atau tidak. Jika Anda tidak yakin asli, maka sebaiknya hindari menginstall software ini. Untuk windows asli sebaiknya software ini kita install, sehingga software yang tidak asli sgera terlacak dan tidak diinstall ke software di komputer/laptop kita. Dalam settingan standart, maka tampilan windows update adalah sebagai berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Perhatikan yang dicentang hijau dan yang diarsir berwarna kuning; seyogyanya windows asli akan disetting updatenya dengan pilihan “Install updates automatically (rcommecded)”. Hal ini berarti bahwa, setiap kali laptop/komputer kita tersambung ke internet atau, pada waktu yang sudah ditentukan, maka akan segera dicari info update. Dan jika ada update, maka akan otomatis didownload dan langsung diinstall. Namun bagi saya sendiri, hal ini tidak menjadi pilihan, karena sejumlah update software biasanya membutuhkan restart untuk menyempurnakan proses install, sehingga hal ini memperlambat proses menghidupkan dan mematikan komputer. Alternatif pilihan saya adalah sebagai berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Dengan pilihan settingan ini, maka setiap kal laptop/komputer tesambung ke internet, maka dia akan mencari informasi update dan menginformasikannya, namun kita yang akan menentukan mana yang mau didownload dan mana yang mau diinstall. Sehingga kita bisa memutuskan kapan proses update akan kita lakukan, yakni disaat senggang dan tidak mengganggu pekerjaan/kesibukan kita. Oh ya,… untuk menampilkan pilihan settingan di atas, silahkan perhatikan gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Silahkan klik Change Setting untuk menentukan settingan update windows yang Anda inginkan.

Lihat video tutorialnya : disini )

1.4. Partisi Hard Disk

Untuk kenyamanan dan kelancaran penggunaan komputer, sebaiknya Hard Disknya kita partisi, minimal dua partisi; satu untuk system (C), dan satu lagi untuk data. Untuk melakukan partisi, windows 7 ke atas telah menyediakan menu khusus untuk partisi hard disknya, sehingga tdak perlu menginstall software tambahan untuk melakukan partisi.

Untuk melakukan partisi di Windows 8 silahkan klik kanan di menu Start dan pilih Disk Management seperti dalam gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah diklik Disk Management akan tampil isi hard disk yang kita miliki, kemudian klik kanan di hard disk yang mau dipartisi dan pilih Srink Volume seperti gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah diklik Srink Volume akan tampil menu untuk menentukan ukuran partisi baru yang mau dibuat seperti gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Silahkan klik Srink jika ingin melanjutkan partisi, ikuti petunjuk selanjutnya hingga selesai.  (Lihat Video Tutorialnya : disini )

Setelah melakukan partisi, kini hard disk komputer kita telah terpisah, antara system dan data. Sebaiknya seluruh data disimpan tersendiri di luar system, sehingga data tidak membebani ruang gerak system.

Suatu kebiasaan yang terjadi, bahwa hasil pekerjaan disimpan di my document yang notabene akan tersimpan di system. Kebiasaan lain adalah demi mencari jalan pintas, agar lebih mudah menemukan fle, maka file dan folder dicopykan dan ditempatkan di dekstop. Hal ini juga akan membebani system dan memperlambat kinerja komputer.

Jika ingin cepat menemukan file yang diinginkan, maka silahkan dibuatkan shotcut file atau folder yang diinginkan di dekstop. Caranya adalah; buka windows explorer, klik kanan di file atau folder yang akan dibuatkan shorcut di dekstop, perhatikan gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah diarahkan kursor ke Send to, silahkan klik Dekstop (Create Shotcut),  hasilnya akan kita lihat di dekstop, icon seperti gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Maka ketika kita double klik shortcut folder ini, kita akan diarahkan ke isi folder seperti gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Buatkan shortcut file/folder lain sesuai kebutuhan Anda.

(Lihat Video : disini )

1.5. Defragment

Setelah menginstall beberapa software dan menggunakan komputer sekian lama, maka hard disk kita akan penuh dengan file dan software yang berserak, apalagi kalau kita sering menguji coba install dan uninstall sejumlah software. Untuk itu, secara berkala hard disk perlu didefrag agar file-file atau software tersusun rapi, sehingga ruang gerak system lebih banyak atau lebih longgar. Perhatikan gambar meja berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Di atas meja berserak berbagai barang, sehingga hampir tidak ada tempat yang leluasa buat kita untuk melakukan aktivitas di meja ini. Selanjutnya coba perhatikan meja berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah merapikan meja, dengan menyusun rapi barang-barang yang ada di atasnya, maka kini kita bisa letakkan sebuah laptop untuk bekerja disana. Demikian juga dengan hard disk komputer kita, dengan isi yang sama, namun jika tersusun rapi, maka kinerja komputer kita bisa lebih lancar. Untuk itu perlu melakukan defragment secara berkala. Caranya adalah : klik kanan di start menu lalu pilih control panel

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah diklik Control Panel selanjutnya pilih Administratif Tools : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Klik Admintratif Tools, selanjutnya akan tampil seperti gambar  berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Sekarang klik Defragment and Optimise Driver untuk melanjutkan:

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Ada dua hard disk di komputer saya sesuai dengan gambar di atas, hard disk yang diblok, yakni C (system) kini siap dioptimise:

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Tunggu proses analysed hingga 100%, kemudian akan dilanjutkan dengan proses Relocated : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah poses relocated selesai, akan dilanjutkan dengan proses consolidated : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Lakukan hal yang sama untk hard disk data jika dibutuhkan, semoga komputer/laptop Anda kini sudah lebih rapi, dan lancar kinerjanya. Lihat video tutorialnya : disini )

1.6. Software Pendukung

Setelah melakukan partisi dan defragment hard disk, terkadang kita merasa bahwa, kinerja komputer atau laptop kita masih saja lambat, atau kurang maksimal sesuai harapan kita. Berikut beberapa hal yang mungkin perlu kita perhatikan yakni :

Mematikan sejumlah program di startup untuk memperlancar menghidupkan komputer. Caranya adalah klik kanan di start menu dan pilih Run

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Setelah diklik Run, kemudian tuliskan msconfig, Klik Enter setelah menulis Msconfig maka akan tampil: 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Klik Startup : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Klik Open Task Manager untuk melanjutkan : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

( Lihat video tutorial : disini )

Gunakan software pendukung untuk membersihkan dan merapikan komputer Anda seperti :

Wipe untuk menghapus file sache/sampah selama proses browsing di internet, untuk itu aktifkan wipe setelah browsing di internet, proses kerjasnya seperti gambar berikut : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

( Lihat video tutorialnya : disini )

Auslogics Bootspeed atau Tune Up, atau software lain sejenis untuk memberikan nasehat, sekaligs mengoptimalkan kinerja keseluruhan komputer/laptop kita. Berikut adalah contoh proses kerja auslogics bootspeed : 

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

Rahasia Pengenalan Dasar Komputer

( Lihat video tutorialnya : disini )

Setelah  memahami pengenalan dasar komputer, kini saatnya Anda melanjutkan ke tahap selanjutnya, yakni memahami Pengenalan Dasar Internet yang akan menjelaskan hal-hal apa saja yang seharusnya Anda ketahui agar lancar dan nyaman selama brosing di internet.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + thirteen =