Plug in WordPress

plug-in-wordpress

Plug in WordPress

Plug in WordPress. Dalam membuat blog, ada sejumlah plug in yang wajib diinstall di wordpress. Plug in merupakan alat bantu untuk optimasi wordpress. Menyajikan berbagai fasilitas kemudahan yang mendukung para pemilik blog dalam menulis dan mengoptimasi artikel yang disajikan dalam blog wordpress.

Plug in WordPress, gunakan secara bijak

Plug in hanya akan bermanfaat jika digunakan secara bijak. Karena disaat plug in berlebihan, malah akan menjadi beban yang akan memperlambat loading blog. Bahkan antar plug in bisa saling bentrok. Untuk itu berhati-hatilah dalam memilih dan menggunakan plug in sesuai kebutuhan Anda.

Berikut adalah plug in minimal yang harus ada di sebuah blog wordpress:

Plug in WordPress; Askimet

Askimet merupakan plug in untuk anti spam. Ketika script wordpress diinstall, plug in sudah include dan langsung terinstall bersama script wordpress. Namun pemilik blog harus memiliki API Key agar bisa menggunakannya. Berikut video tutorial cara instalasinya:

Plug in WordPress; All in One SEO Pack

All in One SEO Pack  merupakan plug in untuk kebutuhan SEO yang paling dasar yang wajib Anda install di blog wordpress Anda. Karena plugin ini akan menyajikan laporan judul, deskripsi, keyword. Dan mengatur permalink URL  konten blog Anda.

Dalam plug in juga Google Analytics ID akan ditempatkan. Demikian juga integrasi social media lainnya. Berikut adalah video tutorial cara menginstalnya:

Plug in WordPress: Maxblog Press Ping Optimizer

Maxblog press ping Optimizer   membantu pemilik blog untuk mengepin setiap artikel yang baru saja dipublish oleh pemilik blog. Lihat cara instalasinya dalam video tutorial berikut : 

Plug in WordPress: Search Term Tangging 2

Search Term Tagging 2  membantu pemilik blog dalam menyajikan keyword yang dituliskan oleh setiap pengunjung dalam menemukan setiap artikel yang ada di blognya. Llihat video tutorial cara menginstallnya disini: 

Plug in WordPress: W3 Total Sache

W3 Total Sache   membantu pemilik blog untuk membuang sache browser selama penggunaan blog. Sehingga tidak membebani loading blog. Lihat cara instalasinya dalam video tutorial berikut:

Plug in WordPress: Google Analytics

Google Analytics  merupakan tempat menyajikan google analytics ID sebagai pertanda kepemilikan blog. Yang akan berfungsi menyajikan laporan analisis terhadap kinerja blog secara real time. Lihat cara menginstallnya dalam video tutorial berikut: 

Plug in WordPress: SEO ALRP

SEO ALRP  membantu pemilik blog untuk menyajikan auto link antar artikel dalam blog sesuai dengan keyword yang ditemukan. Berikut video tutorial cara menginstallnya: 

Selanjutnya ada sejumlah widget yang juga merupakan bagian daripada plug in. Boleh diinstall untuk membantu penampilan wordpress lebih menarik dan juga untuk tujuan optimasi blog, yakni :

Plug in WordPress: Google Translator

Google Translator membantu pengunjung blog untuk menerjemahkan konten blog ke bahasa yang diinginkan oleh pengunjung. Lihat cara installnya dalam video tutorial berikut :

Plug in WordPress: Shareaholic

Shareaholic membantu pemilik blog atau pengunjung blog untuk membagikan artikel berbagai social media yang mereka inginkan. Lihat cara installnya dalam video tutorial berikut : 

Plug in WordPress: Counter Flag dan Feedjit

Counter Flag dan Feedjit menyajikan laporan pengunjung blog secara real time sesuai dengan lokasi dan negara pengunjung. Lihat cara installnya dalam video tutorial berikut:

Plug in WordPress: Facebook Like Box

Facebook Like Box  menyajikan laporan postingan serta member daripada fan page yang berhubungan dengan blog tersebut. Lihat cara menginstallnya dalam video tutorial berikut: 

Plug in WordPress:Opt in

Opt in membantu pemilik blog untuk menyajikan list building. Untuk menampung data email setiap pengunjung. Yang dengan rela hati mendaftarkannya lewat form yang disajikan dalam opt in. Lihat cara installnya dalam video tutorial berikut:

Itulah sejumlah plug in dan widget yang bisa Anda gunakan dalam mengoptimasi tampilan blog wordpress Anda. Dengan catatan bahwa sejumlah plug in tersebut bisa saja memperlambat proses loading blog Anda. Jadi gunakanlah secara bijak dan seperlunya saja.  

Khusus untuk opt in, di wordpress sudah tersedia plug in contact form 7. Yang bisa Anda gunakan sebagai form opt in untuk membangun list building pengunjung blog Anda.

Selanjutnya baca Cara Google Menemukan Blog Anda

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *