Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Mengubah Website Menjadi Aplikasi di Google Play

Mengubah Website Menjadi Aplikasi di Google Play

mengubah-website-menjadi-aplikasi-di-google-play

mengubah-website-menjadi-aplikasi-di-google-play

Bagi teman-teman yang sudah memiliki blog atau website, apakah sudah pernah mengubah website menjadi aplikasi di google play ? Bagaimana caranya ya ? Itulah yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Sebelum kita membahas caranya, mari kita bahas terlebih dahulu mengapa kita perlu mengubah website menjadi aplikasi di google play.  Tentu teman-teman sudah melihat fakta bahwa, saat ini begitu mudahnya mengakses internet melalui smart phone. Setiap orang yang memiliki smart phone, bisa mengakses internet. Dan aplikasi yang wajib di sebuah smart phone adalah Google Play, karena mayoritas aplikasi yang digunakan di smart phone biasanya didownload dari google play, untuk dipasang atau diinstall di smart phone mereka.

Maka jika webiste yang kita bangun bisa diubah menjadi aplikasi yang bisa ditemukan di google play, tentu akan sangat menguntungkan karena akan lebih mudah diakses oleh para pengguna di seluruh dunia. Google Play tentu menjadi sarana promosi free yang powerfull, karena pelanggan atau calon pelanggan kita, bisa kita anjurkan menginstall aplikasi website kita di smart phone mereka, sehingga mereka bisa lebih mudah membaca isinya.

Setelah kita paham akan arti pentingnya aplikasi website di google play, maka selanjutnya mari kita pelajari cara membuatnya. Selama setahun saya mencari tempat kursus atau orang yang bisa mengajari saya untuk membuat aplikasi di google play. Dan pada akhirnya, saya menemukan sebuah situs bernama appsgeyser. Dengan aplikasi ini ternyata begitu mudahnya mengubah website menjadi aplikasi di play store.

Cara Mengubah Website menjadi Aplikasi Smart Phone

Silahkan kunjungi situs appsgeyser dan langsung klik menu Create App di pojok kanan situsnya.

  1. Akan disajikan pertanyaan dan pilihan tentang aplikasi apa yang akan Anda buat.
  2. Pilih Other Apps, kemudian pilih Website.
  3. Tulis URL website Anda di menu disediakan, kemudian klik next.
  4. Selanjutnya buat nama aplikasi Website Anda, di menu yang disediakan, dan klik next.
  5. Selanjutnya tulislah deskripsi website yang akan Anda buat, setelah membuat deskripsi yang cukup silahkan klik next.
  6. Selanjutnya sediakan ikon aplikasi dengan ukuran 512 X 512 pixel, kemudian upload dengan pilihan Custom Icon, setelah berhasil diupload klik Submit. Jika gambar ikonnya sudah terlihat, silahkan klik Next.
  7. Untuk melihat tampilan aplikasi yang akan dibuat, silahkan klik Refresh Preview di pojok kanan atas menu isian, dan aplikasinya akan ditampilkan di gambar smart phone yang ada di kolom kanan. Jika sudah melihat bentuk aplikasinya dan sudah cocok dengan keinginan Anda, maka untuk menyelesaikan proses ini, silahkan klik  Create.
  8. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman untuk sign up untuk melakukan verifikasi kepemilikan aplikasi yang sedang dibuat. Silahkan isi data yang diminta yakni email dan passord yang Anda buat sendiri. Kemudian centang persetujuan dan centang kotak petunjuk, bawah Anda bukan robot. Dan akhiri dengan klik Sign Up.
  9. Selanjutnya Anda akan menerima email verifikasi, silahkan buka email inbox dari appsgeyser, dan klik menu Verify Your Email. Setelah mengeklik menu verifikasi Anda akan diarahkan ke Dashboar, klik menu Go to Your Dashboard.
  10. Kini aplikasi Anda telah siap didownload dalam bentuk File APK, yang siap Anda test install sendiri di Smart phone Anda. Selanjutnya bisa Anda publish ke Google Play, dan Amazon Appstore. Bisa juga Anda monetize.

Sampai disini, tugas Anda mengubah website menjadi aplikasi yang siap digunakan  di smart phone telah selesai. Untuk sementara silahkan install file APKnya di smart phone Anda, untuk itu atur settingan smart phone Anda agar menerima aplikasi dari sumber yang tidak dikenal. File APK tersebut bisa juga Anda kirimkan ke teman-teman dan pelanggan Anda, untuk diinstall di smart phone mereka.

Persiapan untuk Upload Aplikasi ke Googke Play

Agar Aplikasi Anda siap ditayangkan di Google Play, silahkan kunjungi dan sign in di Google Play Developer Console. Log in dengan google akun Anda, kemudian bayarkan dulu ke Google Play sebesar US$25 dengan menggunakan kartu kredit, sebagai persyaratan untuk bisa mengupload aplikasi buatan Anda ke Google Play.

Selanjutnya buat dulu satu halaman di website domain utama Anda, dengan judul Term Service Privacy Policy, link halaman ini nantinya akan digunakan sebagai pelengkap ketika mengupload file APK ke google play.

Jika Anda ingin menyertakan video tutorial tentang aplikasi Anda, silahkan siapkan terlebih dahulu video promosi tersebut, dan upload ke channel youtube Anda. Oke, silahkan persiapkan dulu semua itu, nanti kita lanjutkan kembali artikel ini di postingan selanjutnya tentang Cara Mengubah Website Menjadi Aplikasi di Google Play ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 5 =