Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Menggabungkan Webcam di Camtasia Studio

Menggabungkan Webcam di Camtasia Studio

Webcam-dan-Camtasia-Studio Webcam membantu menampilkan wajah kita di video tutorial yang sedang kita rekam di Camtasia Studio, sehingga Camtasia Studio akan merecord layar dekstop secara utuh, kemudian Webcam akan merekam wajah kita sebagai presenter, dengan demikian kita mencoba menggabungkan webcam di Camtasia Studio saat membuat video tutorial.

Untuk menampilkan webcam di video tutorial yang sedang kita rekam, silahkan lakukan setting di menu option program : Tools-Option-di-Camtasia-Studio

Klik Panah di Icon Webcam dan pilih Option, selanjutnya pilih Menu Program, kemudian pilih Corners, dengan demikian Webcam akan tampil di pojok kanan bawah dekstop selama proses rekaman berlangsung.  Lanjutkan settingan di bagian bawah, dalam Menu Minimize ada dua opsi pilihan yakni :

  • Mimimize Recorder pilih If Recorder will be Recorder, dengan cara ini maka setiap kali rekaman Camtasia Studio dilakukan terhadap layar dekstop, maka Webcam juga akan melakukan rekaman wajah kita, jika Camtasia Studio berhenti merekam dekstop, maka Webcam juga berhenti merekam wajah kita, sehingga Webcam dan Camtasia Studio berjalan secara bersamaan.
  • Minimize to pilih Taskbar, dengan cara ini maka ketika proses rekaman berlangsung, hasil rekaman webcam akan diminize ke taskbar

Dengan settingan demikian maka, selama proses  perekaman tutorial terjadi, rekaman webcam tidak terlihat di dekstop, sehingga tidak mengganggu perhatian kita selama melakukan proses perekaman video tutorial. Namun sesungguhnya rekaman wajah kita dilakukan oleh webcam selama proses perekaman video tutorial, namun hasilnya dalam posisi diminimize ke taskbar. Ketika proses rekaman video tutorial telah selesai dan disimpan, maka hasilnya akan terlihat bahwa ada rekaman wajah kita oleh webcam, tampilan awal biasanya akan ditempatkan di bagian tengah video. Selanjutnya kita bisa memindahkannya kemanapun kita suka, tanpa mempengaruhi video rekaman Camtasia Studio, karena rekaman wajah yang dilakukan oleh webcam diposisikan di bagian depan video rekaman Camtasia Studio. Tonton tutorialnya di video berikut:

 

 

 

Selama melakukan proses rekaman video tutorial, usahakan agar background di belakang kita dibentangkan layar hijau, sehingga background rekaman webcam akan berwarna hijau. Dengan cara ini maka, video rekaman webcam bisa kita ganti backgroundnya dengan mudah menjadi transparan, sehingga tidak mengganggu atau menutupi layar video tutorial secara bujur sangkar, dan tampilan wajah presenter terlihat lebih profesional karena hanya menampilkan bagian wajah atau tubuh saja. Jika video tutorial Anda ingin tampil lebih profesional, silahkan tampilkan wajah Anda sebagai presenter dengan bantuan kamera webcam laptop/komputer Anda. Selamat membuat video tutorial yang lebih profesional.

Jika Anda butuh bantuan khusus dalam cara membuat video tutorial seperti ini, silahkan hubungi saya di HP|WA: 081317937777 atau ajukan pertanyaan dan saran di halaman Hubungi Vitus Polikarpus eTraining.  

Baca tutorial sebelumnya Cara Menampilkan Tombol Keyboard

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

thirteen − 5 =