Setelah berhasil menginstall wordpress di cpanel
Kini kita melihat tampilan blog dan masuk ke dashboard dengan menggunakan link
http://suksesmitramandiri.com/wp-admin
Gunakan username dan password yang telah Anda buat sebelumnya

Perhatikan tampilan blog pertama Anda, disana ada post dan page bawaan standar wordpress, hapuslah post dan page tersebut karena kita tidak membutuhkannya, jadi biarkan blog dalam keadaan kosong terlebih dahulu.

Selanjutnya periksa theme yang saat ini digunakan, secara standar digunakan theme Twenty Sixteen
Jika ingin menggunakan theme ini, silahkan lanjutkan, namun jika memiliki theme sendiri, silahkan beli dan persiapkan terlebih dahulu.

Selanjutnya lihat plugin, secara standar ada dua plugin yang tersedia, yang akismet hanya bisa diaktifkan jika sudah memiliki API Keynya, maka silahkan beli dan masukkan Serial Numbernya akar bisa diaktivasi. Akismet adalah antivirus standar untuk mencegah berbagai spam, dan sebaiknya Anda aktifkan.
Plugin kedua Hello Dolly, saya tidak pernah menggunakannya dan selalu saya hapus, namun demikian, dalam perjalanan waktu plugin ini akan sering terinstall kembali ketika ada update wordpress. Mungkin karena mereka ini telah bekerjasama, dan menjadi plugin sponsor untuk wordpress, tidak masalah hapus kembali jika muncul.

Selanjutnya mari kita install plugin lain yang kita butuhkan:



Pertama adalah Jetpack silahkan install dan aktifkan, setelah diaktifkan silahkan buat akun di Jetpack yang akan langsung terhubung dengan wordpress, buatlah akun Anda, masukkan email, username dan password. Setelah berhasil sign up, maka plugin jetpack kini bisa disetting.

Aktikan setiap menu :
-General
-Engagement
-Security
-Appearance disini wajib Anda aktifkan menu Mobile Theme agar blog Anda cocok untuk tampilan mobile, karena saat ini banyak orang mengakses internet melalui smart phone
-Writing
sesuai kebutuhan Anda, jika Anda tidak membutuhkannya sebaiknya jangan diaktifkan.



Dengan mengaktifkan Jectpack artinya blog Anda terhubung ke wordpress.com dan disana bisa Anda lihat laporan wawasan di dashboard wordpress tentang kinerja daripada blog Anda.

Pada malam hari ini Rabu Tanggal 21 September 2016 setelah melakukan pembayaran atas pesanan domain dan hosting di penyedia hosting domosquare. Maka diterima akses masuk ke cpanel berupa usename dan password yang telah ditentukan oleh penyedia hosting serta link masuk ke cpanel. Simpanlah baik-baik username dan password tersebut, karena akan digunakan setiap kali mau masuk ke cpanel. Ingat password dan usename ini tidak bisa diubah secara sepihak, setiap perubahan harus dikoordinasikan dengan pihak hosting, karena setiap saat mereka berhak masuk ke dalam cpanel Anda untuk bisa membantu permasalahan yang kita hadapi.

Jika ada permasalahan selama menggunakan cpanel, kita sebagai pelanggan mendapat fasilitas konsultasi 24 jam sehari, baik berupa chatting live selama tersedia, atau kirim pesan, atau email dengan cara buka tiket di member area di website penyedia hosting.

Hosting yang digunakan saat ini adalah dari Domosquare dengan fasilitas Bandwidth 976 GB

Untuk memulai pembuatan blog, silahkan masuk ke cpanel dan pilih softaculous, kemudian pilih wordpress untuk diinstall. Setelah Wordpress terbuka silahkan klik Install Now



Pertama menu Choose Protocol pilihlah format yang Anda inginkan sebagai awal dari URL Domain Anda, apakah http:// atau yang lainnya, saya sendiri lebih suka menggunakan http:// karena lebih simpel.

Selanjutnya menu Choose Domain tentunya baru hanya satu domain yang dimiliki, jadi belum ada pilihan lain, silahkan menggunakan domian yang tersedia, sehingga alamat domain nantinya adalah http://suksesmitramandiri.com

Di Menu In Directory hapuslah tulisan wp karena jika tulisan ini tidak dihapus, maka penginstallan worpress dianggap akan menggunakan direktori sehingga alamat domain nantinya akan menjadi http://suksesmitramandiri.com/wp kita tidak menginginkan hal ini terjadi, karena yang kita inginkan hanyalah URL http://suksesmitramandiri.com untuk itu pastikan menghapus tulisan wp dan mengosongkan menu in directory

Dalam menu Site Name tuliskanlah judul blog yang Anda inginkan dan
di menu Site Description tuliskanlah penjelasan singkat tentang blog Anda.

Selanjutnya di menu Admin Account buatlah username dan password untuk masuk ke dashboar blog Anda, username dan password ini akan Anda gunakan setiap kali mau mengedit atau mengupdate blog Anda. Ingat gunakan password yang kuat agar tidak mudah dihack orang. Ciri-ciri password yang kuat adalah gabungan huruf besar dan huruf kecil ditambah angka serta string minimal 8 digit. Ingat hindari menggunakan password dengan nama Anda yang mudah ditebak oleh orang lain.

Dalam menu Choose Language secara standar sudah ditentukan Bahasa Inggris bisa juga Anda ubah ke Bahasa Indonesia atau Bahasa Lain sesuai kebutuhan Anda. Saya sendiri akan membiarkannya dalam versi Bahasa Inggris, agar menu dashboard tetap dalam Bahasa Inggris nantinya.

Dalam menu Advanced Options bisa Anda setting Automated backups misalnya sekali seminggu dengan Backup Rotation misalnya cukup 2 artinya dalam setiap minggu akan dilakukan proses backup dan jika sudah dua kali backup, maka backup lama akan dihapus, dengan demikian akan selalu ada dua backup dengan waktu yang berbeda. Backup ini sangat berguna untuk merestore keadaan blog ke waktu tertentu jika dalam proses pemeliharaannya mengalami kendala hang yang mengakibatkan tidak bisa diaksesnya data cpanel.

Dalam menu Select Theme bisa saja Anda pilih salah satu theme yang tersedia disana, atau bisa saja Anda abaikan, sehingga secara otomatis wordpress akan menginstall theme standar bawaan wordpress. Nantinya theme bisa diganti dengan mengupload theme yang kita inginkan.

Dalam menu Email installation details to isikanlah alamat email Anda kemana akan diinformasikan tentang proses installan wordpress Anda jika sudah berhasil.
Untuk memulai prosess penginstallan, silahkan Klik Menu Install.

Sambil menunggu cpannel diaktifkan oleh pihak hosting, mari melakukan riset keyword, dengan menggunakan Google Keyword Planner. Namun berhubung saat ini, ada perubahan kebijakan google adword dalam menampilkan rata-rata pencarian keyword, dimana setiap pengguna harus mengaktifkan iklan atau adword, maka sebagai langkah menyiasatinya; silahkan menggunakan google akun yang masih baru.

Karena budisuksesmitramandiri@gmail.com masih baru dibuat, maka akan saya gunakan untuk mengakses google keyword planner untuk mendapatkan rincian pencari keyword yang saya targetkan.

Pertama masuklah ke
http://www.google.com/adwords/manager-accounts/
Kemudian pilih di pojok kiri bawah:
Sign up for free

Masukkan alamat email baru Anda di kolom yang diminta (whats your email address) ketika Anda memasukkan google akun disini, dia akan mengecek apakah google akun tersebut sudah pernah atau belum pernah ditautkan ke google adword. Jika sudah pernah maka dia akan meminta google akun baru. (This email address already has access to an AdWords account and cannot be reused.)

Selanjutnya buatlah nama akun Anda (Name your account.)
Selanjutnya pilih atau centang To manage may Account dalam pilihan How will you primarily use this AdWords manager account? (choose one)

Selanjutnya pilih Negara, Zona Waktu, mata uang pembayaran, dan centang Yes, I agree to the above Rules of Use di aturan penggunaan dan akhiri dengan mengeklik button Save and Continue

Setelah berhasil mendaftarkan email baru Anda, silahkan masuk ke tab baru, dan tuliskan Keyword Planner, dan pilih Google AdWords: Keyword Planner dan silahklan sign in
Gunakan google akun baru Anda untuk sign in

Isilah keyword yang ingin diketahui pencarinya di menu Get and search volume and data trends
bisa ditulis satu keyword atau beberapa keyword sekaligus dipisahkan dengan tanda koma

Karena bisnis yang akan dibangun oleh Sukses Mitra Mandiri adalah produk herbal buatan sendiri untuk penyembuhan berbagai penyakit mematikan yang antara lain adalah pengobatan diabetes, pengobatan urat syaraf dan jantung serta pemulihan keperkasaan pria, maka saya akan mencari keyword yang berhubungan dengan hal tersebut. Setelah memasukkan keyword yang dibutuhkan, silahkan tentukan negara dan bahasa tujuan, serta mesin pencari google, selanjutnya klik get search volume di bagian bawah.

Di kolom sebelah kanan akan tampil keyword ideas dengan data rata-rata pencari perbulan.
Silahkan cari keyword yang pencarinya di atas 1.000 perbulan, dan periksa grafik pertumbuhannya dalam enam bulan terakhir. Tuliskan setiap keyword yang Anda riset di notepad lengkap dengan data rata-rata pencariny

Contoh riset keyword yang saya lakukan adalah :
Keyword Pencari
=================================
obat herbal diabetes 6.600
gejala diabetes 12.000
penyakit diabetes 5.400
cara mengobati diabetes 1.600
obat herbal kolesterol 6.600
ramuan herbal 720
obat tradisional kolesterol 2.900
jamu kuat pria 2.900
menurunkan kolestrol 5.400
penurun kolesterol 2.900
obat kuat pria 8.100

Setelah mengetahui rata-rata pencari perbulan, maka kita akan melihat pesaing yang telah menggunakan keyword tersebut di website atau artikel mereka dengan menggunakan google search.
Copylah satu persatu keyword hasil riset tersebut di atas ke google.co.id dan lihat berapa jumlah pesaing Anda, kemudian tambahkan datanya ke note pad terdahulu tempat dimana Anda menuliskan keyword dan data rata-rata pencarinya, buat satu kolom di sebelah kanannya dengan judul pesaing.

Contoh ketika saya menuliskan keyword Obat Herbal Diabetes di menu mesin pencari google.co.id maka ditemukan hasil About 1,150,000 results (0.46 seconds) artinya ada sekitar 1.550.000 artikel atau website yang sudah menggunakan keyword tersebut di artikel mereka. Bagi saya pesaing seperti ini adalah pesaing yang tergolong rendah, bahkan sampai pesaing 10 juta pun saya masih siap untuk bersaing dengan mereka, jika kita tahu cara menulis artikel yang baik dan benar.

Maka tuliskan persaing tersebut di kolom kanan pencari rata-rata agar tahu memperbandingkan jumlah pencari dengan pesaing yang ada. Lakukan untuk semua keyword yang telah Anda riset sebelumnya.

Sesuai keyword yang diriset sebelumnya maka inilah data pesaing untuk setiap keyword per tanggal 21 September 2016:

Keyword Pencari Pesaing
===================================================
obat herbal diabetes 6.600 1.150.000
gejala diabetes 12.000 514.000
penyakit diabetes 5.400 2.600.000
cara mengobati diabetes 1.600 735.000
obat herbal kolesterol 6.600 449.000
ramuan herbal 720 416.000
obat tradisional kolesterol 2.900 571.000
jamu kuat pria 2.900 1.030.000
menurunkan kolestrol 5.400 1.800.000
penurun kolesterol 2.900 1.360.000
obat kuat pria 8.100 3.570.000

Setelah mengetahui bahwa pesaing untuk keyword tersebut semuanya masih di bawah 10 juta, maka saya lebih yakin untuk bersaing memperebutkan halaman pertama mesin pencari google dengan menggunakan keseluruhan keyword di atas untuk bahan artikel saya di blog nantinya.

Sebelum menulis artikel sesuai keyword tersebut maka langkah yang perlu kita pahami adalah, berapa peluang penghasilan kita jika, keyword tersebut berhasil kita tuliskan di artikel blog dan menempati halaman pertama google ?

Anggaplah 10% dari pencari akan berkunjung ke artikel kita, dan 5% dari pengunjung melakukan transaksi di blog kita alias membeli produk yang kita tawarkan,
Maka kita ambil contoh keyword Obat Herbal Diabetes dengan pencari 6.600 perbulan maka 10% dari antaranya yakni sebanyak 660 mengunjungi artikel blog kita, selanjutnya dari ke 660 pengunjung tersebut 5% diantaranya yakni sekitar 33 pencari bertransaksi dan membeli produk yang kita promosikan.
Misalkan harga produk kita seharga Rp.200.000 (dua ratus ribu) per item, maka dari satu keyword di satu artikel yang berhasil bertengger di halaman pertama mesin pencari dengan satu produk seharga Rp.200.000,. maka peluang omset kita dalam satu bulan adalah sebesar Rp.200.000 X 33 = Rp.6.600.000 (enam juta enam ratus ribu. dengan asumsi hanya 10% dari seluruh pencari yang berkunjung, dan hanya 5% dari pengunjung yang bertransaski.

Dengan cara ini Anda bisa menghitung sendiri berapa peluang omset yang bisa Anda peroleh jika mengoptimalkan keyword yang diriset tersebut, untuk menuliskannya di artikel Anda, sehingga berhasil menduduki halaman pertama mesin pencari google.

Dan dengan mengetahui peluang tersebut, Anda akan semangat dan berjuang semampu Anda untuk menulis artikel berkualitas di artikel blog Anda.

Semoga menginspirasi Anda dalam memulai bisnis online Anda.

Langkah awal dalam membangun bisnis online, bisa diawali dengan membangun blog.
Hari ini saya menerima teman yang ingin memulai promosi usahanya secara online, karena selama ini masih dilakukan secara offline melayani orang perorang dengan tatap muka

Maka langkah pertama yang dilakukan adalah membuat email bisnis atas nama usahanya
Karena ini adalah kisah nyata, maka data berikut adalah riel nyata dan benar-benar ada

Hari ini saya bantu membuatkan email atas nama usahanya yakni:
budisuksesmitramandiri@gmail.com

Dengan menggunakan email ini, maka saya mencari domain atas nama usahanya di domain.com
dan untungnya masih ada domain atas nama suksesmitramandiri.com

Langkah selanjutnya adalah memesan hosting unlimeted di salah satu penyedia hosting, karena domain saya ini tempat Komunitas Vitus Polikarpus Bisnis Online ini dibuat adalah di domosquare, maka saya masuk melalui link referral saya :
https://www.domosquare.com/manage/aff.php?aff=876

Maka kami memesan domain suksesmitramandiri.com dengan hosting ulimeted 1 seharga 598.800 per tahun. Mengapa perlu memesan hosting dari link referral, tentu agar saya juga dapat komisi dari pihak hosting, jadi sambil membantu teman memiliki hosting yang diinginkan, saya juga dapat komisi toh ! Inilah kehidupan bisnis online, kita bisa dapat komisi dari berbagai sumber.

Mengapa perlu memesan hosting unlimeted di awal membuat blog ? Tentu ini menjadi pertanyaan yang perlu dijawab dengan baik agar tidak terjadi salah paham.
Dengan hosting unlimeted, maka kita bisa belajar bebas membuat banyak blog sesuai kebutuhan kita. Karena kita masih di awal membangun bisnis, maka hal ini perlu, khususnya jika jenis produk kita banyak. maka kita berpeluang membuat satu blog per satu produk

Atau kita bisa membangun blog atas nama bisnis atau perusahaan terlebih dahulu, kemudian bisa mengembangkannya dengan membangun blog untuk setiap produk yang akan kita pasarkan.
Selanjutnya bisa membangun blog atas nama diri sendiri, untuk tujuan branding diri.

Dengan unlimeted hosting, maka kita juga bisa menempelkan video promosi kita di cpanel tanpa takut membebani hosting. Sehingga video tersebut hanya bisa ditonton di blog kita. Tentu jika video itu bermanfaat, maka akan ditonton sampai selesai di blog kita, dengan demikian, maka kunjungan ke blog kita memiliki durasi yang cukup lama oleh setiap pengunjung, karena harus menonton video juga disana.

Jika pesanan atas domain dan hosting sudah dibayar besok maka, kita akan menerima username dan password untuk masuk ke cpannel tempat dimana kita akan menginstall script blog yang akan kita buat.

Sambil menunggu cpannel diaktifkan, maka kita persiapkan dulu beberapa hal yang mungkin akan diperlukan, seperti memikirkan dan menentukan theme yang akan kita gunakan nantinya

Sampai bertemu besok dalam menggunakan cpanel untuk membuat blog pertama kita.