Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Google Webmaster

Google Webmaster

Google Webmaster

Google Webmaster

Google Webmaster memberikan sejumlah fasilitas kemudahan buat pengguna blog, dalam melakukan submit URL blog agar lebih mudah terindeks oleh mesin pencari google, dan sebaliknya untuk menghapus apa yang sudah pernah terindeks. Kedua fungsi ini akan kita bahas dalam bentuk video tutorial sehingga memudahkan Anda dalam memahami apa yang sedang dibahas dalam artikel ini.

Yang pertama akan kita bahas bagaimana google webmaster mempermudah  URL artikel yang baru saja kita buat bisa ditemukan oleh mesin pencari google. Untuk itu setiap artikel baru, sebaiknya kita submit ke google webmaster dengan menggunakan Fetch as Google, cara penggunaannya bisa Anda tonton dalam video berikut:

Ada dua pilihan fetch as google dalam melakukan submit URL yakni dengan menu Fetch, dan Fecth and Render. Proses fetch ini sendiri memberikan pilihan kepada pengguna blog, apakah akan melakukan fetch untuk kebutuhan dekstop, atau fetch untuk kebutuhan mobile.

Lakukan sumbit URL artikel setiap kali Anda membuat artikel yang baru, namun jika informasi ini baru Anda ketahui, padahal blog Anda sudah banyak artikel, tidak masalah jika Anda submit kembali setiap artikel yang sudah Anda buat sebelumnya.

Jika Google Webmaster bisa digunakan untuk submit URL artikel, maka sebaliknya dia juga bisa digunakan untuk membuang URL artikel yang sudah sempat terindeks dengan menggunakan  fasilitas Remove URLs seperti dalam video tutorial berikut:

Sejumlah artikel bisa saja diedit permalinknya sesuai kebutuhan, atau diubah judul blog, atau artikel tertentu dihapus dari blog. Jika URL artikel tersebut sudah sempat terindeks oleh google, selanjutnya URL tersebut mengalami perubahan atau dihapus, maka jika ada yang mengunjungi URL tersebut, maka blog akan menampilkan notifikasi Not Found, hal ini akan berpengaruh negatif terhadap penilaian pengunjung. 

Sehingga agar google tidak menampilkan halaman Not Found, maka sebaiknya URL yang sudah diubah atau dihapus dalam blog, sebaiknya dihapus saja indeksnya di google webmaster dengan menggunakan fasilitas Remove URLs.

Notifikasi Crawl Error biasanya ditampilkan di Dashboard Webmaster, maka sebaiknya periksa dashboard google webmaster Anda secara berkala, dan lakukan segera perbaikan atau  Remove URL yang sudah mengalami perubahan, dengan demikian pengunjung tidak terlalu lama menemukan notifikasi page not found ketika berkunjung ke artikel Anda.

Dahulu google webmaster memiliki menu Search Queries, namun saat ini telah diubah namanya menjadi  Search Analytics, dan queries sendiri menjadi bagian atau item yang dianalisis dalam Search Analytics.

Berikut fasilitas yang disediakan oleh Google Webmaster yang bisa kita gunakan untuk optimasi blog kita:

  1. Di awal pembuatan blog kita gunakan addurl untuk submit URL home blog, hal ini cukup dilakukan satu kali saja.
  2. Fungsi lanjutan dari sumbit URL ada bagian Crawl/penyerapan, yakni Fetch as google, atau ambil sebagai google. Fasilitas ini bisa digunakan untuk submit URL home, atau URL artikel, dibatasi untuk 500 URL dalam satu bulan
  3. Dalam menu Search Traffic ada beberapa menu yang bisa kita gunakan:
    1. Search Analytics memberikan analisis Total Klik, Impression/tampilan/tayang, CTR atau Ratio Klik per Tayang, dan posisi artikel di google search. Tujuan kita adalah meningkatkan jumlah tayang, selanjutnya meningkatkan ratio CTR, dan tampil di posisi halaman pertama mesin pencari google
    2. Link ke blog kita atau baclink, situs mana saja yang merekomendasikan blog kita, sehingga pengunjung bisa menemukannya. Semakin banyak backlink semakin baik, namun karena ini adalah fasilitas google, tentu saja kita berharap agar backlink dari google lebih banyak, artinya keyword artikel blog kita banyak ditemukan oleh google.
    3. Penargetan Internasional, sebaiknya tentukan negara tujuan promosi blog Anda, secara standart awal akan ditetapkan ke Amerika, maka jika tujuan promosi Anda adalah Indonesia, silahkan ubah negara targetnya menjadi Indonesia.

Laporan Google Webmaster sebaiknya disinkronkan dengan laporan Google Analytics, yang lebih riel dan up todate, karena google analytics hanya menampilkan laporan yang sudah menghasilkan klik atau kunjungan, dan bisa dilihat secara riel time.

Selanjutnya cara untuk mendatangkan pengunjung ke blog Anda bisa dibaca dalam artikel Backlink Free  sebagai cara praktis untuk mendapatkan backlik atau kunjungan.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × 2 =