Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Google Place

Google Place

Sudahkah alamat bisnis, alamat perusahaan Anda, telah Anda daftarkan di Google Place ? Sehingga setiap kali ada orang yang mencari lokasi tempat usaha Anda, ketika mereka ketikkan di Google Map, maka lokasi usaha Anda akan lebih mudah mereka temukan. Coba perhatikan gambar di atas, disana tertera label RWP Jatijajar Belajar Bisnis Internet.

Mari kita masuk ke Google Map, di menu search Google Map coba kita tuliskan nama usaha kita : 

Google Place

Google Place

Sekarang mari kita klik alamat yang pertama yang ditunjukkan oleh Google Map, maka akan tampil lokasi usaha yang kita inginkan :

Google Place

Google Place

Perhatikan gambar di atas, alamat usaha  yang kita inginkan sudah tampil di halaman google map, dan di bawah menu search ditampilkan contact person, jam kerja dan juga photo yang berhubungan dengan lokasi usaha tersebut.

Pertanyaan berikutnya adalah bagaimana agar alamat usaha Anda bisa terlihat seperti ini di Google Map ? Oke sebagai langkah pertama bukalah google search, dan ketikkan kata Google Place, Anda akan diminta untuk sign in di google akun Anda, silahkan Anda log in, masukkan email dan password Anda.

Tampilan awal akan terlihat seperti gambar berikut :

Google Place

Google Place

Karena saya sudah pernah mendaftarkan alamat rumah saya untuk tempat usaha RWP Jatijajar, sehingga sudah terdaftar dua alamat usaha yang sebenarnya berlokasi di tempat yang sama. Untuk Anda yang belum pernah mendaftarkan tempat usaha di Google Place silahkan diklik menu Add a Listing di pojok kanan bawah, selanjutnya tuliskanlah nama Usaha Anda di menu search Google Place kemudian klik Search:

Google Place

Google Place

Jika alamat usaha Anda belum terdaftar di Google Place, tentu akan muncul menu seperti gambar berikut :

Google Place

Google Place

Klik menu pilihan di bawahnya Let me enter the rest of my business detail, dan lengkapilah data rincian alamat tempat usaha Anda, dan klik Submit di bagian bawahnya setelah selesai:

Google Place

Google Place

Ketika kita isi Kota dan Distrik, maka Penanda lokasi akan muncul, perhatikan yang berwarna merah, tugas Anda selanjutnya adalah menempatkan atau menggeser tanda tersebut  ke lokasi tempat usaha Anda yang sebenarnya. Jika Penanda lokasi tersebut tidak bisa Anda geser, lengkapi saja datanya lalu submit.

Selanjutnya mari kita edit lokasi usaha kita, klik menu gear di pojok kanan google map, lalu pilih setting, dan klik Places for business di pojok kiri atas :

Google Place

Google Place

Setelah diklik Places for business, akan tampil menu seperti gambar berikut :

Google Place

Google Place

Setelah diklik edit, selanjutnya klik edit address :

Google Place

Google Place

Setelah diklik edit  selanjutnya klik edit marker location :

Google Place

Google Place

Sekarang Anda sudah bebas mengarahkan penanda lokasi ke alamat yang sebenarnya, gunakan Tanda + di pojok kiri map untuk memperbesar peta, sehingga Anda lebih mudah menempatkan penanda lokasi, setelah berada di lokasi yang sebenarnya klik oke lalu save.

Tugas selanjutnya tinggal melakukan verifikasi, jika Anda tidak menentukan sebelumnya jenis verifikasi apakah lewat kartu pos atau lewat HP, maka secara otomatis Google akan memilih verifikasi lewat kartu pos, maka tunggulah kartu pos dari Google yang berisi  PIN untuk verifikasi dua minggu atau sebulan kemudian. Berikut adalah contoh kartu pos dari Google perihal pengiriman PIN untuk Google Place.

Google Place

Google Place

Setelah Anda menerima kode PIN silahkan verifikasi Lokasi Tempat Usaha Anda dengan masuk ke www.google.com/local/verify lalu masukan PIN yang anda peroleh dari kartu pos. Lengkapi photo usaha Anda dan lihatlah hasilnya di Google Map.

Jika Anda ada masalah, setiap saat Anda bisa minta bantuan dari Google dengan mengeklik Menu Help (?) di pojok kanan atas google place Anda, menu pilihan bahasa biasanya disediakan di pojok kanan bawah. Untuk konsultasi gunakan kontak form Hubungi Vitus Polikarpus eTraining

Selamat mencoba

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eighteen − thirteen =