Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Google Analytics

Google Analytics

google-analytics

google-analytics

Google Analytics menyediakan laporan analisis terhadap kinerja blog/website yang kita miliki. Pertama sekali kita membuat blog, tentu sudah kita daftarkan ke google analytics untuk mendapatkan ID, kemudian kita daftarkan juga ke google webmaster. Agar data laporan google analytics sinkron dengan data laporan google webmaster, maka sebaiknya kita menginstall plugin Google Analytics by Yoast. Dengan demikian google analytics ID akan ada di plugin all in one seo packs, dan di plugin google analytics by Yoast.  

Berikut data laporan google analytics yang minimal bisa kita gunakan untuk mengoptimasi blog yang kita miliki:

  1. Audience Overview memberikan laporan pengunjung harian selama satu bulan berjalan, data pengunjung dibagi dua kelompok utama yakni pengunjung baru dan pengunjung berulang. Sasaran optimasi kita adalah meningkatkan jumlah pengunjung berulang agar lebih besar dari pengunjung baru, karena dari pengunjung berulang inilah nantinya yang berpeluang menghasilkan transaksi penjualan. Dari jumlah pengunjung tertinggi dan pengunjung terendah, bisa kita evaluasi rata-rata kunjungan selama satu bulan berjalan.
  2. Average duration session atau durasi rata-rata perkunjungan, semakin lama semakin baik, artinya pengunjung betah berlama-lama membaca artikel di blog kita, inilah pengertian simpel yang bisa saya jelaskan. Walau dalam kenyataannya laporan ini banyak diperdebatkan keakuratannya, karena berbagai pertimbangan rumus penghitungan versus faktor blog/website yang dikunjungi.
  3. Bounce Rate merupakan laporan yang menjelaskan berapa banyak pengunjung yang langsung meninggalkan blog kita pada klik pertama karena berbagai faktor, mungkin karena loadingnya lambat, sehingga tidak sabar menunggu, atau dengan kata singkat; pengunjung tidak sempat berinteraksi dengan blog Anda. Loading Blog yang lambat sangat dipengaruhi oleh respons server, jadi berhati-hatilah dalam memilih hosting untuk blog Anda. Kemudian banyak faktor yang mempengaruhi kelambatan loading blog Anda. Yang paling mudah kita perbaiki adalah masalah ukuran image, maka agar image tidak memperlambat proses loading blog, sebaiknya image dikompres seukuran webpage, kalau bisa di bawah 10 kb per image sebelum diupload ke blog. Banyak widget atau plugin serta link keluar juga bisa memperlambat proses loading blog, sehingga berhati-hatilah dalam menggunakan  widget, plugin, serta slides atau banner yang membutuhkan link dari luar hosting Anda.
  4. Jumlah sumber kunjungan bisa kita lihat dari laporan Acquisition/all traffic/source medium, kemudian lihat di jumlah show rows di pojok kanan bawah.  Semakin banyak sumber tentu semakin baik, artinya semakin banyak pengunjung yang datang menuju blog kita. Namun demikian, dari seluruh sumber kunjungan tersebut, diharapkan agar sumber kunjungan dari google merupakan sumber terbanyak. Jika belum, inilah yang menjadi bahan evaluasi bagi blog kita, karena sesungguhnya pengunjung terbaik adalah yang menemukan blog kita karena menuliskan keyword yang mereka inginkan di google search.
  5. Maka laporan selanjutnya yang perlu kita lihat adalah sudah berapa persen pengunjung dari google ? Laporan ini bisa kita lihat dari Acquisition/All trafic/Channels, selanjutnya lihatlah data Organic Search, inilah yang menjadi inti dan sasaran sumber utama pengunjung kita, seyogyanya menempati urutan pertama, jika belum inilah yang menjadi bahan  evaluasi untuk optimasi blog kita.
  6. Dengan demikian laporan selanjutnya yang perlu kita evaluasi adalah sudah berapa banyak jumlah organic keywords ? Laporan ini bisa kita lihat di bagian Acquisition/Campaigns/Organic Keywords, selanjutnya lihat jumlah show rows di pojok kanan bawah. Semakin banyak organic keyword yang dilaporkan semakin baik, artinya artikel di blog Anda semakin banyak ditemukan dari google search.

Maka mari manfaatkan laporan dari google analytics ini untuk mengambil tindakan yang seharusnya kita lakukan demi mengoptimasi blog kita saat ini dan di masa mendatang. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + 16 =