Fokus Membangun Channel Youtube

Sejak Tahun 2019 saya fokus membangun channel youtube. Walau belum bisa menghasilkan setiap bulan, saya tetap serius membuat video youtube. Saya awali dari video dokumentasi. Asik bisa mendokumentasikan berbagai acara yang saya ikuti. Juga asik mendokumentasikan tempat-tempat yang saya kunjungi.

Jika tidak ada acara atau tempat yang saya kunjungi, maka saya fokus membuat video lirik lagu. Audio rekaman nyanyian di gereja, yang saya rekam  setiap kali mengikuti perayaan ekaristi, saya buat menjadi video. Dengan menambahkan teks koornya sebagai fokus video, tentu tidak terlalu sulit bagiku untuk membuat video lagu.

Dilemanya adalah viewer yang masih kecil. Mungkin saja karena peminat video yang saya buat sedikit. Atau mungkin cara saya mengedit video yang kurang menarik. Bahkan mungkin judul dan humbnail video yang kurang menarik. Bisa saja karena cara promosi saya yang  belum tepat.

Channel youtube yang saya bangun saat ini

Channel youtube utama saya adalah Mrvituspolikarpus. Channel ini telah saya bangun sejak Tahun 2009. Monetizenya telah aktif sejak channel ini dibuat, dan terus aktif ketika muncul aturan baru April 2018. Aturan baru di Bulan April 2018 ini memaksa saya fokus mengembangkan hanya channel Mrvitusplikarpus saja, sampai bisa menghasilkan secara rutin.

Selanjutnya di Bulan Juli 2019 dua channel lainnya yang saya kelola disetujui monetizenya. Channel Youtube 100% Katolik 100% Indonesia,  dan channel youtube Wilayah Santa Yasinta.

Nah setelah ada tiga channel disetujui monetizenya, kini saya harus bisa membagi waktu. Jika sebelumnya saya bisa upload satu video per hari. Kini saya putuskan hanya satu video per minggu untuk setiap channel. Permasalahannya adalah konten video untuk Wilayah Santa Yasinta belum bisa saya putuskan mau diisi apa. Karena seyogyanya sesuai namanya, kontennya seharusnya hanya liputan kegiatan wilayah Santa Yasinta saja.

Pembagian Konten Channel Youtube yang Saya Bangun

Dari tiga channel youtube yang sudah dimonetize, maka harus saya putuskan pembagian kontennya. Channel Yutube Mrvituspolikarpus akan saya isi dengan  dokumentasi perjalanan wisata dan lagu rohani serta tutorial. Jadi kontennya gado-gado.

Channel Youtube 100% Katolik 100% Indonesia akan saya isi dengan dokumentasi kegiatan Kerasulan Keluarga yang ada di Paroki Keluarga Kudus Cibinong atau Keuskupan Bogor. Konten ini menyangkut liputan acara Kursus Persiapan Perkawinan, Hari Perkawinan Sedunia, Wanita Katolik Republik Indonesia, Lansia atau Kelompok Kategorial Santa Monika, Family Weekend.

Sesuai namanya channel youtube Wilayah Santa Yasinta, kontennya adalah liputan kegiatan Wilayah St Yasinta Paroki Keluarga Kudus Cibinong. Jika liputan kegiatannya minim, maka harus saya carikan konten yang sesuai, misalnya doa-doa katolik atau materi pengembangan iman anak.

Selanjutnya saat ini saya menggunakan channel youtube Vitus Polikarpus untuk upload video dokumentasi dengan privasi tidak publik. Saya merencanakan konten channel ini untuk diisi dengan promosi wisata wilayah Danau Toba dan berhubungan dengan adat Batak. Termasuk pengembangan Surat Batak Toba. Channel ini belum dimonetize sesuai aturan April 2018. 

Semoga keempat channel youtube ini bisa saya kembangkan secara bersamaan. Empat video dalam satu minggu, saya rasa bisa saya buat.

Peralatan Membangun Channel Youtube

Selama Tahun 2019 saya menggunakan kamera handycam sony untuk merekam video. Untuk editing video saya gunakan HP Lenovo dengan Android versi 6, RAM 3 GB dan SD Card 16 GB. Untuk mendukung kamera sony saya sediakan 4 buah batere, dan dua SD Card @64 GB. 

Untuk dokumentasi berduarasi panjang satu hari penuh atau lebih, maka saya rekam dengan format MTs dengan kualitas normal atau rendah, sehingga dua SD Card cukup untuk menampung rekaman sekitar 10 jam atau lebih

Aplikasi yang saya gunakan untuk pembuatan video :

  1. AZ Screen Recorder untuk membuat video tutorial di HP
  2. PowerDirector untuk editing video
  3. Video Converter Pro untuk convert video rekaman kamera ke format MP4 agar bisa diedit di HP
  4. PhotoGrid untuk membuat thumbnail video 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *