Email Bisnis dan Cara Penggunaannya di HP dan Dekstop

Email Bisnis dan cara Penggunannya di HP dan Dekstop

Email bisnis dan cara penggunaannya di hp dan dekstop, sehingga memudahkan komunikasi dan memperlancar kegiatan promosi bisnis Anda. Normalnya email bisnis dibuat di cpanel. Kemudian menerima dan menulis email melalui webmail di cpanel. Tapi sebenarnya bisa diintegrasikan dengan hp dan juga dekstop. Sehingga penggunaannya terpisah dari cpanel. Bagaimana caranya ? Baca artikel ini sampai selesai ya.

 

Cara membuat email bisnis

Apa sebenarnya email bisnis tersebut ? Apa bedanya dengan email yahoo dan gmail ? Ya sekilas fungsinya terlihat sama. Namun tahukah Anda, bahwa email yahoo dan gmail itu adalah email gratisan ? Itu milik yahoo dan milik google. Sehingga nama mereka selalu melekat dengan nama email Anda.

Sekarang sudah saatnya nama tersebut tidak lagi digunakan di nama email Anda. Tapi langsung menggunakan nama keyword domain Anda. Misalnya domain saya adalah vituspolikarpus.com. Maka email saya bisa dibuat menjadi konsultasi@vituspolikarpus.com. Nah inilah yang disebut email bisnis. Email yang terhubung langsung ke nama domain. Sama seperti email yang terhubung ke yahoo dan gmail. Sekarang nama yahoo dan gmail, diganti dengan nama domain sendiri. Keren bukan ?

Untuk membuat email bisnis, maka perlu memiliki domain dan hosting. Dengan demikian kita memiliki fasilitas cpanel. Di cpanel inilah kita buat email bisnis. Disana tersedia amail account, tempat dimana kita akan membuat email bisnis. Sekaligus untuk mengarahkan kita ke webmail untuk membaca pesan masuk, atau menulis pesan ke orang lain. Lihat detail cara membuatnya dalam video berikut :

Cara setting email di hp dan dekstop

Setelah memiliki email bisnis, tentu kita harus tahu cara praktis untuk menggunakannya. Normalnya dibaca dan ditulis melalui webmail di cpanel. Sekarang kita akan menggunakannya di hp dan dekstop kita sendiri. Terpisah dari penggunaan cpanel. Walau email tersebut tetap bisa dibaca dan dibuat di webmail.

Untuk penggunaan di HP akan lebih mudah dihubungkan ke google Akun. Silahkan klik logo gmail di layar hp. Kemudian klik logo profil email, dan klik tambahkan akun. Setelah itu masukkanlah email dan passwordnya, pilih POP3. Ikuti langkah selanjutnya yang tampil, tanpa perlu merubah apapun, ikuti saja terus hingga selesai. Dan email Anda akan terdaftar sebagai salah satu akun di google Akun Anda.

Untuk mengggunakannya di dekstop, silahkan gunakan fasilitas outlook. Loginlah terlebih dahulu ke miscrosoft akun, agar bisa menggunakan outlook. Setelah berhasil masuk ke outlook, klik menu File, dan pilih tambahkan akun. Masukkan email dan passwordnya. Klik lanjutkan, jika terjadi pesan error, pilih menu setting, dan pilih pop. Maka akan muncul jendela pop up untuk menuliskan setelan email masuk dan keluar. Oh ya masing-masing hosting punya nomor port tersendiri. Biasanya setelah membuat email di cpanel, akan dijelaskan port mana yang akan digunakan. Maka sesuaikan port tersebut sesuai nomor yang ditentukan oleh penyedia hosting. Centang menu SSL untuk email masuk dan keluar demi keamanan data. Klik lanjutkan untuk menyelesaikan settingan. Maka email sudah siap digunakan. Lihat detail caranya dalam video ini :

Demikian tutorial singkat penggunaan email bisnis di hp dan dekstop Anda. Semoga artikel ini bermanfaat. Jika ada saran, masukan, pertanyaan, silahkan tuliskan di kolom komentar ya. Terima kasih, selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *