Channel Youtube Mrvituspolikarpus

Channel Youtube Mrvituspolikarpus

Channel Youtube Mrvituspolikarpus

Channel Youtube Mrvituspolikarpus merupakan channel  yang pertama saya buat di Tahun 2009 lalu. Ketika itu saya belum punya pengalaman apa-apa tentang youtube. Ya diupload saja apa yang bisa diupload. Di penghujung Tahun 2009 saya melihat guru-guru SMP dan SMA DKI Jakarta sudah mulai menggunakan laptop dan komputer sebagai sarana pembelajaran.  Namun saya melihat mereka hanya sekedar pengguna, belum punya keahlian dalam menggunakan dan merawatnya. Maka keadaan ini saya lihat sebagai peluang untuk menyajikan video tutorial pengenalan dasar komputer dan internet.

Daftar Playlist Channel Youtube Mrvituspolikarpus

Video saya kelompokkan dalam sejumlah daftar putar atau playlist. Dengan bantuan daftar putar tersebut maka penonton akan lebih mudah menemukan apa yang mereka butuhkan. Saya juga akan lebih mudah membagikan vidoe sesuai kelompok video tutorial yang saya buat. Berikut adalah daftar putar atau playlist yang sudah tersedia:

  1. Aksara Batak Toba
  2. Alkitab Katolik, Bibel, dan Cerita Alkitab
  3. All Social Media
  4. Audiobook
  5. Bakkara Baktiraja Humbang Hasundutan 
  6. Bimbingan Belajar
  7. Bina Iman Anak 
  8. Blogger, dan Website
  9. Budi Sukses Mitra Mandiri (BSMM) 
  10. Cara Buat Channel Youtube   
  11. Cloud, dan CloudFIle
  12. Doa Katolik   
  13. ebook
  14. Film 
  15. Google Play dan Play Store 
  16. Hewan Peliharaan, atau Binatang Peliharaan
  17. Iman Katolik 
  18. Inovasi Produk   
  19. Keluarga dan Komunitas   
  20. Kumpulan Lagu Anak-anak, dan Permainan Anak-anak
  21. Kursus Persiapan Perkawinan   
  22. Lagu Rohani Katolik
  23. Lagu Puji Syukur   
  24. Laptop dan Komputer   
  25. Microsoft Office
  26. Motivasi, Kata-kata Bijak, dan Kisah Inspiratif
  27. Musik, dan Lagu Terbaru
  28. Olah Raga   
  29. Pengamen Jalanan
  30. Pengetahuan Umum
  31. Permainan
  32. Piano Instrumental   
  33. Resep Makanan dan Resep Masakan 
  34. Reserve Jeunesse, dan Bisnis Jeunesse Global
  35. Seminar   
  36. Senam Jantung Sehat 
  37. Tanaman, Pohon, dan Serangga
  38. Tempat Wisata dan Pemandangan Alam 
  39. Tutorial Android 
  40. Video Editor
  41. Wanita Katolik Republik Indonesia 
  42. World Marriage Day

Playlist ini akan berkembang terus sesuai dengan perkembangan video yang akan dipublish di channel youtube ini. 

Suka duka dalam membangun channel youtube Mrvituspolikarpus

Banyak suka duka yang telah dialami selama membangun dan mengembangkan channel youtube ini. Hingga awal Tahun 2018 sunscriber chanel ini baru sekitar 500 lebih. Waktu itu jumlah penayangan video sekitar 300.000 lebih.

Rencana aturan Bulan April 2018 sudah saya terima infonya sejak di Bulan Pebruari 2018, maka saya bertekat harus bisa mencapai target yang ditentukan, yakni minimal 1000 subscriber sebelum April 2018.

Maka upaya yang dilakukan  adalah upload video 1 per hari. Kemudian menulis komentar di video orang lain sebanyak yang saya bisa setiap hati. Waktu itu terbantu karena saya menjadi admin di salah satu facebook grup youtube pemula Indonesia. Maka sesuai target memang tercapai di Bulan April, dan monetize tetap berjalan sebagaimana sebelumnya.

Hingga akhir Tahun 2018 maka subscriber channel ini mencapai 5.000 lebih dan jumlah tayangan 1 juta lebih. Walau demikian subscribernya mayoritas passif. Sehingga viewer satu video yang baru publish di hari pertama masih sulit mencapai 100 viewer pertama. Maka untuk mencapai 1.000 viewer pertama sebuah video merupakan tantangan khusus buat saya. Sehingga saya mencoba mencari situs penambah view. Menonton video orang lain untuk mendapatkan koin. Koin tersebut saya tukarkan kembali untuk mendapatkan view di video saya.

Situs Penambah Viewer untuk Channel Youtube Mrvituspolikarpus

Di awal Tahun 2019 video yang berhasil mencapai viewer 1.000 lebih hanya sekitar 15% dari total video yang telah dipublish. Maka sejak Januari 2019 saya coba menggunakan dua situs sekaligus untuk membantu pencapaian 1.000 viewer pertama sebuah video. Vagex dot com untuk membantu viewer sebuah video hingga 300 detik per video. Kemudian Growviews dot com untuk membantu view video berdurasi pendek 60 detik per video.

Kedua situs ini saya aktifkan di dua laptop yang berbeda. Hasil satu situs bisa membantu pencapaian viewer sekitar 200-300 view per situs. Artinya pertambahan view dalam satu hari hanya sekitar 500 view dengan bantuan kedua situs ini. Selebihnya viewer diperoleh secara alami, lewat share video ke sosial media, dan lewat penelusuran youtube secara alami.

Penghasilan dari Channel Youtube Mrvituspolikarpus

Sebagai youtuber pemula, maka target awal saya adalah bisa memperoleh penghasilan rutin bulanan.  Di Bulan Desember 2018 saya menerima penghasilan $114. Hari Selasa Tanggal 22 Januari 2019 ketika saya mengedit artikel ini, proses pembayaran di akun adsense ada sebesar $119. 

Namun prediksi penghasilan per 28 hari terakhir pada saat saya mengedit artikel ini hanya berkisar antara $70-$76. Artinya saya harus bekerja keras untuk bisa mencapai minimal $100 sebelum tanggal 15 setiap bulannya, agar bisa menghasilkan setiap bulan. 

Maka sebagai upaya untuk mencapai penghasilan rutin per bulan, saya harus tetap upload satu video per hari. Sambil mencari cara yang lebih baik bagaimana untuk mendapatkan view yang lebih cepat.

Sarana yang digunakan dalam membangun channel youtube Mrvituspolikarpus

Sejak Januari 2019, laptop kerja yang saya gunakan sejak Tahun 2013 sudah tidak mampu lagi digunakan untuk editing video. Bahkan untuk sekedar online mengedit video youtube, sudah sering mati sendiri. VGA Onboardnya sudah melemah. 

Jadi sambil menunggu punya dana untuk membeli PC untuk editing video, maka saya hanya menggunakan HP Lenovo Android 6 untuk editing video.

Untuk merekam video saat ini saya menggunakan kamera handycam sony.  Hasil rekaman saya setting menjadi MP4 agar bisa diedit di Aplikasi Kinemaster dalam HP Lenovo saya.

Untuk sumber bahan video, saya gunakan audio rekaman lagu di gereja, setiap kali saya mengikuti ekaristi di Paroki Keluarga Kudus Cibinong. Selanjutnya rekaman dokumentasi kegiatan yang saya ikuti yang berhubungan dengan kegiatan gereja dengan menggunakan kamera Sony. Ditambah dengan dokumentasi perjalanan saya setiap hari. Tentang pemandangan alam, atau tutorial memasak karya istri saya.

Dengan menggunakan fasilitas sederhana ini, saya harapkan bisa membangun channel yutube Mrvituspolikarpus. Semoga saya bisa menyajikan video bermanfaat bagi pengunjung channel saya. Semoga channel ini bisa memberikan hasil rutin bulanan bagi saya