Cara Upload Video ke Youtube

Cara Upload Video ke Youtube

Cara upload video ke youtube, agar mudah ditemukan oleh pengunjung di penlusuran youtube, dengan keyword yang mereka tuliskan. Tutorial ini akan menjelaskan, hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan, ketika upload video ke youtube, agar video itu mudah ditemukan.

Perlu dipersiapkan sebelum upload video ke youtube

Sebelum upload video ke youtube, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Persiapan itu menyangkut metadata video yang akan digunakan selama proses upload dilakukan.

  1. Thumbnail video berupa gambar ukuran 1280 X 720 pixel, yang merupakan tampilan video youtube sebelum diplay. Maka perlu dipersiapkan sebuah custom thumbnail, yang memberikan gambaran tentang konten video. Secara default, youtube akan menyediakan tiga pilihan thumbnail video youtube, ketika sebuah video diupload. Namun akan lebih baik, jika dibuat custom thumbnail. Bisa dibuat dengan berbagai software baik offline maupun online. Canva merupakan contoh situs online, yang menyediakan template untuk custum thumbnail. Photosop juga bia digunakan untuk membuat custom thumbnail yang menarik. Bahkan powerpoint, sangat mudah digunakan untuk proses pembuatan thumbnail video yang menarik.
  2. Tag video merupakan bagian metadata video, yang perlu dipersiapkan dengan baik. Tag video merupakan kata kunci yang sering digunakan oleh pengunjung, untuk mencari konten video yang mereka inginkan. Kata kunci utama sebuah video, ada di judul video, maka logisnya judul video akan menjadi tag pertama sebuah video youtube. Disediakan fasilitas hingga 500 karakter untuk penulisan tag video youtube. Maka perlu dicari alternatif kata kunci yang perlu digunakan. Bisa menggunakan bar pencarian youtube. Caranya : tuliskan dua sampai tiga kata, yang merupakan kata kunci utama videomu, maka menu penelusuran youtube, akan memberikan berbagai kata kunci yang sering dituliskan. Pilih kata kunci yang paling sesuai dengan konten videomu. Disamping itu banyak situs online yang bisa digunakan untuk menemukan tag video yang sesuai. Berikut beberapa situs yang bisa digunakan untuk mencari tag video : ubersuggest, ranksonic, google suggest genertor, keyword tools, google keyword planner, dll. Bisa juga melihat tag yang digunakan di video sejenis. Caranya buka sebuah video youtube, kemudian di awal URL video tambahan kata view-source (view-source:https://): Selanjutnya gunakan control f untuk menemukan keywords yang digunakan di video tersebut.

Proses Upload Video ke Youtube

Setelah dipersiapkan thumbnail dan tag video, sekarang kita lakukan proses upload video ke youtube. Jika menggunakan HP, upload video melalui browser google chrome versi dekstop, agar tampilan fiturnya sama dengan tampilan komputer. Berikut langkah demi langkah mengupload video ke youtube :

  1. Masuklah ke dashboard channel youtube. Caranya klik logo foto profil channel youtube, kemudian klik youtube studio
  2. Klik menu upload videos (tanda panah ke atas), kemudian klik menu selects file dan pilih video yang akan diupload dari folder komputer
  3. Periksa judul video, apakah suah sesuai dengan keyword yang diharapkan atau belum. Jika sudah sesuai, copy judul tersebut, dan paste di baris pertama deskripsi video.
  4. Lengkapi deskripsi video sesuai konten video yang diupload, bisa hingga 5.000 karakter
  5. Tambahkan custom thumbnail sesuai gambar yang sudah dipersiapkan sebelumnya
  6. Masukkan video tersebut ke daftar putar yang sesuai dengan kategori video tersebut. Jika belum ada daftar putar yang sesuai, silahkan dibuat daftar putar yang baru.
  7. Lanjutkan dengan mengeklik Opsi Lanjutan. Tulislah tag video sesuai dengan yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Tag video bisa ditulis hingga 500 karakter. Ingat judul video harus dibuat sebagai tag pertama.
  8. Tentukan bahasa video, sesuai bahasa asli yang digunakan di dalam video.
  9. Pilih tanggal perekaman video, sesuai waktu pada saat merekam video tersebut.
  10. Kategori video perlu ditentukan, sesuaikan dengan konten video Anda, pilih sesuai kategori yang sudah disediakan
  11. Jika proses upload video belum selesai, gunakan waktu untuk memeriksa metadata yang sudah diisi sebelumnya. JIka proses upload video sudah selesai, klik menu berikutnya di pojok kanan bawah.
  12. Apabila channel youtube Anda sudah dimonetisasi, maka silahkan diaktifkan menu monetize.
  13. Centang menu iklan setelah video
  14. Iklan selama video diputar bisa ditempatkan secara manual, jika durasi video yang diupload 10 menit atau lebih
  15. Di pojok kanan bawah klik kembali menu berikutnya. Baca satu per satu aturan yang disediakan disana. Kemudian centang menu tidak satu pun di atas, jika memang tidak menyangkut hal-hal yang disebutkan disana.
  16. Tambahkan layar akhir dan kartu
  17. Tentukan visibilitas video, tersedia beberapa pilihan : pribadi, tidak publik, publik, terjadwal. Prioritaskan untuk privasi terjadwal, agar ada waktu untuk memeriksa dan memperbaiki jika masih ada yang kurang atau bermasalah.
  18. Menu berikutnya akan menyelesaikan proses upload.

Edit Video Secara Live di Youtube

Setelah sebuah video berhasil diupload ke youtube, maka video tersebut bisa langsung diedit. Proses edit yaang bisa dilakukan adalah untuk :

  • Memperbaiki metadata jika masih ada yang salah tulis, atau masih ada yang perlu dilengkapi
  • Menambahkan subtitle sesuai bahasa asli video
  • Menerjemahkan subtitle video ke berbagai bahasa lainnya secara otomatis
  • Selanjutnya terjemahkan judul dan deskripsi video, sesuai dengan terjemahan subtitle yang dilakukan

Jika semua langkah di atas telah dilakukan, diharapkan sebuah video sudah mudah ditemukan di penelusuran youtube. Biasakan mengupload video dengan mengikuti semua langkah yang sudah dijelaskan di atas. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *