Cara Setting Channel Youtube Yang Benar di Tahun 2020

cara setting channel youtube

Mengapa perlu melakukan setting channel youtube 

Cara setting channel youtube yang perlu dipahami, sejak awal membangun suatu channel. Cara ini merupakan hal paling dasar, yang perlu dilakukan. Khususnya agar pengunjung nyaman, saat mengunungi channel Anda. Dengan cara ini, maka tampilan channel, akan terlihat profesional sejak awal. Apa saja yang harus dilengkapi dalam suatu channel ?

  1. Foto Profil
  2. Channel Art
  3. Aktifkan channel navigasi
  4. Lengkapi menu About|Tentang
  5. Atur Tampilan Beranda
    • Video trailer untuk pengunjung
    • Video trailer untuk pengunjung lama
    • upload populer
    • Playlist yang dibuat atau playlist khusus

Ini masih merupakan settingan dasar, agar tampilan channel ketika dilihat oleh pengunjung, terkesan rapi dan profesional. Setelah semua ini dilakukan, sebenarnya masih ada settingan lanjutan, di youtube studio. Settingan inilah yang mengatur lebih detail tentang metadata video youtube. Semua item ini, akan dibahas satu persatu, agar lebih mudah dipahami.

Foto Profil untuk channel youtube

Foto profil akan terhubung dengan google akun. Namun jika channel youtube dibuat dengan akun merek, maka foto profil, bisa dibuat sesuai kebutuhan channel. Bisa menggunakan foto close up wajah pemilik channel. Bisa juga menggunakan logo bisnis, sesuai nama channel yang dibuat.

Channel Art Youtube

Channel art merupakan bagian penting dalam sebuah channel youtube. Channel art akan memberikan gambaran singkat, tentang konten channel youtube. Lima ikon dan link sosial media, akan ditampilkan di pojok kanan bawah channel art. Dalam membuat channel art harus mempertimbangkan, porsi untuk tampilan mobile, dekstop, dan juga tablet. Ukuran standar sebuah channel art adalah 2.560 X 1.440 pixel, dengan ukuran file maksimal sebesar 6 MB.

Aktifkan Channel Navigasi

Channel navigasi akan mengatur tampilan dasar channel youtube. Disana ada menu beranda, video, daftar putar, diskusi, channel, dan tentang. Bagian terpenting dari channel navigasi, yang harus diisi sejak awal adalah menu tentang, yang berisi :

  1. Deskripsi yakni penjelasan tentang siapa pemilik channel, dan tentang apa konten channel tersebut. Bisa juga dijelaskan, rencana publish terjadwal video.
  2. Alamat email yang bisa dihubungi oleh pengunjung. Gunakan email bisnis jika ada. Contoh email bisnis yang saya gunakan adalah konsultasi@vituspolikarpus.com
  3. Tentukan negara dimana channel youtube dibuat, dan tujuan promosinya. Saya sendiri memilih negara Indonesia.
  4. Link sosial media yang berhubungan dengan pemilik channel, atau bisnis yang dijelaskan oleh channel tersebut. Lima link sosial media yang pertama ditambahkan, akan tampil ikonnya di pojok kanan bawah channel art.

Atur Tampilan Beranda Channel Youtube

Tampilan beranda youtube, ibarat tampilan sebuah toko. Dimana barang jualan dipajang, agar mudah dilihat oleh pengunjung. Barang-barang dikelompokkan, sesuai kategori atau jenis produk yang dijual. Maka beranda channel youtube, juga demikian. Harus bisa menampilkan secara mudah kepada pengunjung, video apa saja yang merupakan konten inti, dari channel tersebut, seperti:

  1. Video trailer untuk pengunjung baru, atau yang belum subscribe. Video ini merupakan perkenalan tentang siapa pemilik channel, dan apa konten channel. Dilengkapi dengan ajakan bertindak, seperti, hubungi nomor kontak, kunjungi website, subscribe, like, share, komentar, dll, sesuai kebutuhan channel. Video ini akan play otomatis, bagi pengunjung yang belum subscribe
  2. Video trailer untuk pengunjung lama, atau yang sudah subscribe. Boleh ditentukan dari salah satu video, yang ingin dipromosikan secara khusus kepada subscriber
  3. Video populer perlu disajikan di beranda channel. Karena banyak pengunjung, yang tertarik untuk melihat, video apa yang paling populer, di channel tersebut. Mereka ingin tahu, mengapa video tersebut begitu populer, dibanding video lainnya
  4. Daftar putar yang dibuat, atau daftar putar khusus, yang ingin dipromosikan. Walaupun sudah ada menu daftar putar di channel navigasi, namun perlu juga menyajikan sebagian daftar putar yang diunggulkan, kepada pengunjung di beranda channel.

Jika semua itu disajikan sejak awal membangun channel, maka channel youtube akan tampil profesional. Dengan demikian, akan lebih mudah menarik kepercayaan pengunjung untuk subscribe. Itulah settingan dasar sebuah channel youtube, yang bisa dilihat dari tampilan luar. Selanjutnya perlu dilakukan settingan lanjutan, dan default upload yang perlu dilakukan. Detail settingan ini bisa ditonton dalam video di bagian atas artikel ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *