Cara Optimasi Channel Youtube

Cara Optimasi Chanel Youtube Seluruh pemilik Google Akun, tentu sudah memiliki akses ke youtube. Pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat dan cara optimasi channel youtube ? Hal-hal apa saja yang perlu kita perhatikan dan lakukan agar aman dalam mengupload video ke channel youtube kita ? Bagaimana cara setting channel youtube, agar berguna dan bermanfaat untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita ? Bagaimana cara menggunakan youtube agar bisa menghasilkan uang juga buat kita ? Jika Anda tertarik dengan info ini silahkan teruskan untuk membaca artikel ini.

Satu channel youtube untuk satu website|blog

Dengan satu Google Akun maka kita bisa mengelola banyak channel di Youtube. Apa itu channel youtube ? Pentingkah memiliki banyak channel youtube ?  Pertanyaan ini perlu dilihat dan dijawab dari berbagai sudut pandang dan pertimbangan. Jika di dalam pembuatan artikel di blog bisnis kita menggunakan kategori untuk mengelompokkan artikel yang satu jenis, maka di youtube juga kita perlu membuat chnanel sesuai dengan kelompok video yang bersamaan topiknya. Misalnya channel Tutorial Cara Membuat Video, Channel Panduan Belajar SEO, dll. Dengan cara ini, maka channel youtube bisa diarahkan ke pengguna yang tertarget, dan tepat sasaran. 

Oh ya,.. dalam pembuatan channel youtube perlu kita perhatikan beberap hal; apa tujuan kita dalam membuat channel. Jika tujuan kita untuk branding diri sendiri, maka buatlah nama channel atas nama diri sendiri, contohnya saya membuat channel Vitus Polikarpus. Jika tujuannya untuk branding bisnis, maka buatlah nama channel sesuai nama bisnis atau judul blog|website yang sedang dikembangkan, misalnya saya membuat channel Peluang Bisnis 10 Milyar. Jika tujuannya untuk branding produk, maka buatlah nama channel sesuai dengan jenis produk yang dipromosikan, misalnya saya membuat channel Tutorial Cara Membuat Video, khusus untuk mempromosikan produk digital video tutorial.

Buat channel art sesuai topik atau konten channel youtube

Setelah membuat nama channel youtube, selanjutnya dibuat cover atau channel art dengan ukuran 2560 X 1440 pixel. Dengan membuat channel art, maka 5 shortcut social media atau blog bisa ditampilkan di  channel art, dan berfungsi sebagai link yang hidup. Selanjutnya lakukan settingan untuk layout untuk menampilkan menu Home, Video, Playlist, Discussion dan About. Isilah terlebih dahulu menu about, yang menjelaskan secara singkat tentang apa channel youtube yang sedang dibuat. Lengkapi alamat email untuk bisnis, kemudian tambahkan beberapa link social media, yang 5 diantaranya perlu ditampilkan di cover atau channel art. Selanjutnya gunakan menu diskusi, untuk memancing pengunjung untuk menuliskan saran, masukan dan pertanyaan disana, sehingga bisa digunakan sebagai sarana komunikasi yang interaktif dengan pengunjung channel youtube.  

Sebuah channel perlu diverifikasi dengan nomor HP, agar resmi menjadi mitra youtube

Channel yang telah dibuat perlu diverifikasi melalui nomor HP, agar resmi menjadi mitra youtube, atau menjadi partner yang terverifikasi. Dengan melakukan verifikasi channel, maka sejumlah fasilitas tambahan akan bisa digunakan seperti : monetize, upload video berdurasi di atas 15 menit, menautkan akun addword, menautkan alamat website|blog (agar bisa menggunakan fasilitas kartu dan annotasi), video Streaming. Maka untuk memiliki beberapa channel youtube yang terverifikasi, kita juga perlu memiliki beberapa nomor HP, atau nomor telepon rumah, atau telepon kantor, satu nomor untuk satu channel.

Selanjutnya lakukan settingan di menu channel|saluran, mulai dari :  
  1. Default Upload  
  2. Konten yang ditampilkan  
  3. Pencitraan Merek
  4. Di Menu Lanjutan  bisa dilengkapi :
    • Keyword channel youtube, penulisan keyword dipisahkan dengan tanda koma
    • Menautkan Akun Adword, akun ini perlu agar bisa menerima penghasilan dari youtube
    • Menautkan web yang dikaitkan, untuk mempromosikan link artikel di video, hal ini perlu dilakukan verifikasi atas kepemilikan web Anda
    • menempatkan Google Analytics ID

Setelah menautkan alamat website ke channel youtube, maka seluruh artikel yang ada di website utama dan seluruh artikel yang ada di directori, akan bisa dipromosikan di video dengan menggunakan annotasi dan kartu. Dalam satu video, bisa dibuat maksimal sebanyak 5 kartu. Kartu dan annotasi bisa dipakai secara bersamaan dalam satu video.

Atur settingan Default Upload, untuk mempermudah menyediakan info dan setelan video yang akan diupload selanjutnya

Settingan menu Deafult Upload perlu dilakukan agar, sejumlah hal sudah diatur secara standar, sehingga ketika mengupload sebuah video di kemudian hari, hanya judul, deskripsi, tag, dan tanggal perekaman video, yang perlu dilakukan secara manual. Sedangkan selebihnya sudah diatur dan disimpan sebagai default upload, layaknya sebagai template standar.

Video tertentu bisa dipromosikan secara khusus, di bagian awal atau bagian akhir setiap kali video diplay, tujuannya agar pengunjung atau penonton lebih mudah menemukan video tersebut, dengan cara mengeklik menu konten video yang ditampilkan. Bahkan  kita bisa menampilkan brand, merek, logo atau tanda khusus di waktu tertentu atau di sepanjang video.

Video Trailer sangat besar manfaatnya untuk mengajak pengunjung pertama untuk berlangganan atau menjadi subscriber di chanel youtube kita. Maka dalam satu video trailer yang dikhususkan untuk pengunjung baru sebaiknya dibuat dengan durasi maksimal 3 menit, dan didalamnya merupakan  penjelasan singkat tentang konten chanel youtube, ada call to action untuk mengajak pemirsa untuk berlangganan, mengunjungi website dan menghubungi contact person.

Masih banyak hal yang bisa dilakukan dalam cara mengoptimasi channel youtube, termasuk membuat playlist dengan keyword target, kemudian membuat deskripsi setiap keyword. Dan tools apa yang bisa digunakan, untuk menemukan ide keyword yang sesuai dengan video, dan yang sudah banyak digunakan orang lain, dalam videonya serta banyak dituliskan orang, dalam mencari video di youtube. Bagaimana cara membuat, dan mengganti thumbnail atau gambar kecil khusus sebuah video, agar menarik perhatian pengunjung, dan menimbulkan keinginan untuk mengeklik dan menonton video tersebut pada pandangan pertama.

Semua cara yang telah saya sebutkan di atas, saya rangkum dalam serangkaian video tutorial Cara Mengoptimasi Channel Youtube dengan urutan sebagai berikut :

  1. Cara Membuat Channel Youtube ukuran file  47,7 MB dengan durasi 5 menit 26 detik
  2. Cara Membuat Channel Art Youtube ukuran file 12,4 MB dengan durasi 5 menit 16 detik
  3. Cara Menghubungkan Website ke Channel Youtube ukuran file 11,9 MB durasi 6 menit
  4. Cara Setting Bagian About Channel Youtube ukuran file 10,1 MB durasi 4 menit 47 detik
  5. Cara Mengaktifkan Halaman Diskusi di Channel Youtube ukuran file 4,7 MB durasi 2 menit 48 detik
  6. Cara Setting Bagian Home Channel Youtube ukuran file 12 MB durasi 5 Menit 4 detik
  7. Video Trailer Vitus Polikarpus ukuran file 19,2 MB durasi 1 menit 22 detik
  8. Cara Upload dan Setting Video Trailer untuk Pengunjung Baru ukuran file 24,3 MB durasi 8 menit 44 detik
  9. Cara Mengganti Thumbnail sebuah Video Youtube ukuran file 10,2 MB durasi 2 menit 53 detik
  10. Playlist Video yang disukai ukuran file 8,56 MB durasi 3 menit 34 detik
  11. Cara Menggunakan Annotasi di Video Youtube ukuran file 7,11 MB durasi 3 menit 8 detik
  12. Cara  Menambahkan Kartu di Video Youtube ukuran file 10,3 MB durasi 3 menit 48 detik
  13. Cara Membuat CC atau Subtitle dan Teks ukuran file 56,7 MB durasi 21 menit 53 detik
  14. Cara Menentukan Konten Video yang Diunggulkan ukuran file 26,2 MB durasi 5 menit 22 detik
  15. Cara Membuat Branding atau Pencitraan Merek ukuran 16,8 MB durasi 5 menit 14 detik
  16. Cara Membuat Default Upload di Channel Youtube ukuran file 9,65 MB durasi 5 menit 18 detik
  17. Cara Membuat Deskripsi di setiap Playlist ukuran file 6,53 MB durasi 3 menit 37 detik
  18. Alat Bantu Google Keyword Suggest ukuran file 14,3 MB durasi 4 menit 36 detik
  19. Cara Menambah Chanel Youtube yang Baru ukuran file 13 MB durasi 6 menit 53 detik
  20. Cara Melakukan Verifikasi Channel Youtube Baru ukuran file 9,14 MB durasi 3 menit 9 detik
  21. Mengubah Ukuran Photo sesuai Ukuran Layar Youtube ukuran file 12 MB durasi 4 menit 57 detik
  22. Cara Mengupload Photo sebagai Bahan Video ukuran file 8,14 MB durasi 3 menit 33 detik
  23. Mengubah Durasi dan Efek Transisi setiap Photo ukuran file 11,5 MB durasi 5 menit 24 detik
  24. Membuat Tulisan di Slide Photo ukuran file  12,7 MB durasi 6 menit 15 detik
  25. Menambahkan Audio ke Slide Photo ukuran file 13,8 MB durasi 6 menit 19 detik
  26. Buat Video dan Edit Info dan Setelan ukuran file 12,9 MB durasi 6 menit 57 detik
  27. Mengubah Thumbnail sebuah Video Youtube ukuran file 6,96 MB durasi 2 menit 55 detik
  28. Menautkan Akun Adword Website dan Google Analytics ID ukuran file 8,43 MB durasi 3 menit 31 detik
  29. Share Video ke Berbagai Social Media ukuran file 23,1 MB durasi 9 menit 46 detik
  30. Menulis email Komplain tentang Penghapusan Video ke Youtube ukuran file 18,2 MB  durasi 7 menit 59 detik
  31. Pedoman Komunitas Youtube ukuran file 7,61 MB durasi 3 menit 20 detik
  32. Video Trailer Channel Youtube Cara Membuat dan Mengoptimasi Blog ukuran file 38,2 MB durasi  menit
  33. Pemulihan Video yang telah dihapus oleh Youtube ukuran file 9,96 MB durasi 3 menit 13 detik
  34. Cara Praktis Mendownload Video Youtube, ukuran file 16 MB durasi 6 menit 32 detik, dalam video ini, Anda akan diajarkan cara mendownload video youtube, tanpa software, bahkan bisa mendownload bagian tertentu saja dari video youtube, kemudian Anda bisa mengetahui, tag apa yang digunakan di video tersebut. Cara ini juga menyediakan fasilitas untuk mendownload MP3nya saja, dengan pilihan kualitas yang didownload.
  35. Cara membuat tombol Subscibe|Berlangganan Channel Youtube, ukuran file 13,6 MB dengan durasi 4 menit 52 detik, Tombol Subscribe ini akan ditempatkan di widget blog untuk mempermudah pengunjung, berlangganan di channel youtube yang kita miliki
  36. Membuat Branding Watermark, sebagai Tombol Subscribe ukuran file 10,4 MB durasi 4 menit 17 detik, dengan cara ini, seluruh pengunjung video, akan mudah menemukan tombol subscribe si setiap video yang mereka tonton

Fasilitas konsultasi free di akun telegram, selama dibutuhkan bagi pengguna produk digital Cara Membuat dan Optimasi Video Youtube

Seluruh produk video tutorial ini bisa Anda peroleh dengan harga Rp.150.000- (seratus lima puluh ribu). Seluruh file akan dikirimkan ke akun Telegram Anda setelah melakukan pembayaran ke Bank Mandiri KCP Depok Jatijajar 15715  an. Surung Simanullang  No. Rek : 1570003607018  dan mengirimkan bukti pembayaran ke akun telegram @vituspolikarpus. Bagi seluruh pembeli produk, akan diberikan hak konsultasi selama dibutuhkan, sehubungan dengan penggunaan produk tersebut di Telegram Grup. Jika video tutorial ini sudah dijual resmi oleh RWP Grup, maka penjualan disini akan dihentikan, dan harga yang akan berlaku adalah; sesuai harga RWP Grup. Maka jika Anda membutuhkannya, segera take action untuk memesannya begitu Anda menemukan artikel ini.

Download ebook pdf Cara Membuat dan Mengoptimasi Channel Youtube 

Jika karena sesuatu dan lain hal, pembaca yang budiman belum bisa membeli video tutorial di atas, silahkan download ebooknya dalam versi pdf disini eBook Cara Membuat dan Mengoptimasi Channel Youtube silahkan langsung simpan di hard disk device masing-masing. Semoga bermanfaat dan menjadi saluran berkat buat semua yang menggunakannya. Jika setelah membaca dan menggunakan ebook ini, pembaca yang budiman merasakan manfaatnya, saya sangat berterima kasih jika pembaca yang budiman sudi membagikan artikel ini ke orang lain, agar lebih banyak orang yang merasakan manfaatnya.

Tutorial ini masih akan dikembangkan terus, sehingga mempermudah dalam cara  mengoptimasi chanel youtube. Oh ya, sebelum mulai membuat channel, dan mengupload video ke youtube, sebaiknya dibaca dulu Pedoman Komunitas Youtube, agar Anda paham akan aturan, dan batasan-batasan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan, sehingga Anda bisa menjadi mitra youtube yang memiliki reputasi baik, dan berhak menggunakan semua fitur mitra yang terverifikasi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *