Cara Mengupload File APK ke Google Play

Cara Mengupload File APK ke Google Play

Cara Mengupload File APK ke Google Play

Cara Mengupload File APK ke Google Play. Google Play, siapa yang tidak mengenalnya ? Setiap pengguna smart phone pasti akrab dengan nama ini. Karena mayoritas aplikasi yang digunakan di smart phone bisa didownload dan diinstall dari Google Play. Tapi bagaimana ya cara mengupload sebuah file APK ke Google Play agar bisa diterima ? Inilah yang akan kita bahas berikut ini.

Oh ya, dalam postingan sebelumnya Mengubah Website Menjadi Aplikasi di Google Play kita sudah berhasil mengubah website menjadi sebuah file APK. File APK tersebut sudah berhasil didownload. Bahkan sudah ditest install di smart phone. Atau mungkin sudah disebarkan ke teman-teman lainnya untuk diinstall di smart phone mereka.

Sebelum file tersebut diupload ke Google Play, diharapkan sudah dipersiapkan terlebih dahulu satu halaman khusus  Term Service Privacy Policy.  Yang akan digunakan sebagai kelengkapan administrasi, semoga halaman ini sudah dibuat ya. Pembayaran ke Google Play sebanyak US$25 semoga juga sudah dilakukan. Sehingga kita menjadi seorang Google Play Developer Console yang berhak mengupload file aplikasi ke Google Play.

Proses Upload File APK ke Google Play

Jika sudah dilengkapi semua yang disebutkan di atas. Mari segera kita mulai. Silahkan login ke akun Google Play Developer Console. Gunakan google akun Anda untuk login kesana.

  1. Klik Add New Application di pojok kanan halaman Google Play Developer Console
  2. Pilih Bahasa yang sesuai dengan aplikasi yang dibuat
  3. Buat judul aplikasi yang sesuai, maksimal 30 karakter  
  4. Klik Upload APK
  5. Klik Upload Your First APK to Production
  6. Klik Browse File dan setelah file terpilih akan langsung dilakukan proses upload hingga selesai. Jika telah berhasil diupload, maka aplikasi tersebut akan ditampilkan di Google Play Developer Console. Lengkap dengan gambar ikon, nama, dan serinya. Serta device yang sesuai untuk menggunakan aplikasi tersebut. Anda bisa klik See List untuk melihat daftar device yang support untuk menjalankan aplikasi yang baru saja diupload

Sampai disini kita sudah berhasil mengupload sebuah File APK ke Google Play Developer Console. Tugas selanjutnya adalah melengkapi adminsitrasi yang dibutuhkan. Agar file APK tersebut menjadi aplikasi yang siap ditayangkan di Google Play. Apa saja data yang dibutuhkan agar sebuah aplikasi layak ditampilkan di Google Play ?

Lengkapilah semua data-data yang dibutuhkan oleh Google Play:

  1. Klik Store Listing
  2. Tulis deskripsi singkat tentang aplikasi maksimal 80 karakter
  3. Tulis deskripsi panjang tentang aplikasi maksimal 4000 karakter
  4. Lengkapi gambar atau ikon yang diminta sesuai ukuran yang ditentukan untuk ukuran Phone: ikon dengan ukuran 512 X 512 pixel. Feature Graphic dengan ukuran 1024 X 500 pixel. Promo Graphic dengan ukuran 180 X 120 pixel. TV Banner dengan ukuran 1280 X 720 pixel. Untuk itu buatlah gambar screen shoot yang mewakili aplikasi tersebut.
  5. Sediakan gambar untuk kebutuhan Tablet minimal satu dengan ukuran 7 inch, dan satu lagi dengan ukuran 10 inch
  6. Sediakan juga gambar untuk kebutuhan Android TV dan Android Wear.

Untuk mempersiapkan semua gambar ini. Lakukan screen shoot atas tampilan aplikasi Anda, baik bagian home, atau konten yang mewakili. Ubah ukuran gambar dengan bantuan photoshop. Selanjutnya lengkapi data-data administrasi yang diminta.

Cara Mengupload File APK ke Google Play: Lengkapi data yang dibutuhkan

Tentukan Application type. Tentukan Category. Tentukan Content rating. Masukkan URL Website Anda dimana di dalamnya ada halaman Term Service Privacy Policy. Masukkan email yang Anda gunakan login di Google Play Developer Console. Masukkan nomor HP aktif Anda, masukkan URL Term Service Privacy Policy.

Selanjutnya Klik Content Rating, dan klik Continue. Masukkan alamat email aktif Anda, dan masukkan sekali lagi email tersebut di kolom yang disediakan. Selanjutnya klik salah satu kategori jenis aplikasi yang paling sesuai dengan aplikasi Anda. Kemudian centang setiap pilihan yang sesuai pada pertanyaan yang disediakan. Setelah semua pilihan dicentang, klik close. Kemudian klik Calculate Rating. Dan klik Apply Rating di bagian bawah.

Selanjutnya klik Pricing & Distribution. Tentukan apakah apliakasi Anda berbayar atau free. Jika aplikasi Anda misalnya free, lanjutkan dengan memilih negara yang Anda inginkan. Selanjutnya centang pilihan tentang apakah aplikasi Anda mengandung iklan atau tidak. Kemudian di menu Device Categories, silahkan centang, pilihan yang bisa dicentang. Klik Save Draf untuk menyimpan pilihan yang telah dilakukan.

Cara Mengupload File APK ke Google Play : Lengkapi Alamat Website sebelum dipublish

Selanjutnya klik menu Service & APIs. Disana lakukan verifikasi website, masukkan URL website Anda, dan klik verify. Jika sudah silahkan klik Publish App di pojok kanan  atas. Maka di bagian bawah nama aplikasi Anda, akan tertulis Pending Publication.

Tunggulah hingga aplikasi Anda diapprove. Akan ada email pemberitahuan, jika aplikasi Anda telah diapprove atau ditolak. Sampai disini tugas kita melakukan upload aplikasi APK ke Google Play sudah selesai. Semoga file APK yang diupload disetujui untuk tampil di Google Play. Tonton video tutorialnya dalam serangkain video tutorial berikut:

12 thoughts on “Cara Mengupload File APK ke Google Play

  • Pak Vitus terima kasih sudah berbagi ilmu kepada kami semua dan saya juga sudah menonton video yang disertakan, ada beberapa pertanyaan saya seperti :
    1.Kalo untuk gambar tablet 7 inch ukuran pixelnya berapa?
    2.Gambar tablet 10 inch ukuran pixelnya berapa?
    3.Gambar untuk android TV ukuran pixelnya berapa?
    4.Gambar untuk android wear ukuran pixelnya berapa?

    • Secara standar google play developer console, hanya meminta ukuran gambar, tidak menemtukan ukuran pixelnya. Jika ingin gambarnya tampil lebih jelas, silahkan perbesar ukuran pixelnya, namun ingat tentukan ukuran pixel terlebih dahulu sebelum mengubah ukuran tinggi dan lebar gambarnya, karena ketika dinaikkan ukuran pixel, secara otomatis akan mengubah ukuran tinggi dan lebar sebuah gambar

  • Salam Pak Vitus.. saya baru belajar tentang upload apk ke Google Developer Console salah satunya lewat web ini, tapi app saya di reject terus dan di email-nya terdapat bahasa “Incorrect Rating Content”.
    Saya centang “TIDAK” semua yang terdapat di Kuisioner Rating Content dan efeknya jadi 3+ (Semua usia).
    Nah, yang ingin saya tanyaka gimana caranya supaya rating content app saya bisa 16+ (usia 16 tahun ke atas)?
    diunggu balasannya Pak! Terima kasih sebelumnya..!!

    • Terima kasih telah membaca artikel ini:
      Yang pertama ada menu pilihan : Select your app category : REFERENCE, NEWS, OR EDUCATIONAL. dll. Jadi sesuaikan pilihanmu dengan aplikasi yang diupload. Jadi jawaban No untuk semua questioner bisa saja sesuai, bisa saja tidak, karena itu tergantung pada kebutuhan aplikasinya
      Misalkan kita pilih semua no, padahal kita tidak sadar bahwa aplikasi yang kita buat dengan aplikasi situs free yang tanpa kita sadari ada link yang ditautkan oleh situs pembuat aplikasi tersebut yang mengakibatkan ditemukannya sebagai VIOLENCE (kontent yang tidak sesuai) oleh robot google
      Maka coba edit kembali questionernya, atau mulai dengan questioner yang baru, hingga ditemukan jawaban yang diterima. Semoga sukses

    • Terima kasih telah mengunjungi artikel ini ya. Saat ini aturan google play semakin ketat, jika sebuah aplikasi tidak ada yang aktif menggunakan akan segera dihapus. Aplikasi yang saya upload selama ini sudah banyak yang saya hapus, saat ini tinggal dua saja, yakni aplikasi website ini, dan aplikasi satu website lainnya. Aplikasi ini pun terancam akan ditutup karena adanya aturan baru. Jadi saya tidak berani upload aplikasi baru lagi.

    • Terima kasih telah menonton video ini. Saya sendiri belum pernah mengalami gagal upload daris ekian banyak aplikasi yang telah pernah saya coba upload melalui Google Play Developer Console. Mungkin karena saya menggunakan koneksi internet cabel optic dengan kecepatan 10 MBps
      Yang saya pahami tidak ada batasan ukuran file dalam sebuah APK. Jadi yang bisa saya sarankan, coba upload ketika menggunakan koneksi internet yang lebih cepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *