Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Cara Mengedit Video

Cara Mengedit Video

Cara-Mengedit-VideoBanyak cara dalam membuat video tutorial,  demikian juga untuk proses editnya, berbagai software menawarkan fasilitas untuk  proses pengeditan video, tergantung pilihan kita software mana yang paling nyaman dan paling mudah digunakan. Berikut Cara Mengedit Video dengan bantuan software Camtasi Studio yang menjadi pilihan saya karena saya anggap lebih mudah dan lebih praktis, dengan hasil yang cukup memuaskan sesuai keinginan saya. Sebagai langkah awal silahkan tonton video berikut, agar lebih mudah memahaminya silahkan tonton berulang-ulang, dengan cara demikian, penjelasan di bawah ini tinggal sebagai pelengkap saja.

Fungsi utama yang paling penting dari Camtasia Studio dalam proses edit video adalah mengedit audionya dengan meningkatkan volume audionya, bisa dinaikkan hingga 500% bahkan lebih. Video yang baik, tentu didukung oleh audio yang cukup keras, sehingga lebih mudah dipahami inti pesannya. Video yang audionya lemah, dan sulit didengar pada akhirnya akan menimbulkan rasa jengkel dan diabaikan pengunjung. Untuk mengedit audio gunakan menu Audio dengan ikon speaker dengan fasilitas :

  • Volume up, untuk meningkatkan volume audio
  • Volume Down, untuk menurunkan volume audio
  • Fade in, untuk membuat volume audio dari kecil dan semakin besar
  • Fade Out, untuk membuat volume audio dari besar menjadi semakin kecil 
  • Silence, untuk menghilangkan audio 
  • Enable Noise Removal, untuk mengurangi desisan agar audio lebih jernih
  • Enable Volume Leveling, untuk mengatur volume audio dengan pilihan; low volume variation, medium volume variation, dan high volume variation

Menu-Audio

 

Jika volume audionya sudah cukup terdengar dengan baik, proses edit selanjutnya adalah memotong bagian-bagian yang tidak dibutuhkan, mungkin karena jedah yang terlalu lama, atau karena bagian video tersebut tidak dibutuhkan. Dalam melakukan proses pemotongan video bisa dilakukan dengan menggunakan menu Cut ikonnya berupa gambar gunting. Bagian yang akan dicut terlebih dahulu ditandai dengan menu Time Line, range antara awal time line berwarna hijau hingga akhir time line yang berwarna merah merupakan bagian yang akan dicut.

Menu-Cut

Proses edit video selanjutnya adalah mengatur zoom agar fokus kepada topik yang sedang dijelaskan, menu zoom n pan  ini sama fungsinya dengan menu Visual Properties. Bagian tertentu bisa kita zoom, diperbesar sehingga lebih fokus kepada topik atau bagian yang diinginkan. Untuk melakukan proses zoom silahkan klik Menu Visual Properties, Klik Add Animation, maka akan tampil panah kuning mendatar di bagian video dimana time line sedang ditempatkan.

Visual-Properties

Panjang atau pendeknya Panah Kuning mendatar ini akan menentukan awal pergerakan hingga tampilan akhir ukuran zoom yang ditentukan. Jika panah kuning ini hanya bagian kepala panahnya saja, maka proses zoom akan langsung membesar atau mengecil sesuai ukuran yang ditentukan. Besarnya ukuran zoom  ditentukan dalam bentuk persentase dalam menu Scale, maksimum 500%.

Menu-Scale

Menu Zoon atau Visual Properties bukan hanya sekedar memperbesar atau memperkecil ukuran layar video, namun bisa digunakan untuk menggeser layar ke bagian yang diinginkan. Maka pergerakan atau pergeseran ini akan ditentukan oleh ukuran panjang atau pendeknya panah kuning datar, jadi bisa dibuat bergerak perlahan, atau langsung menuju ukuran yang diinginkan.

Proses edit video selanjutnya adalah dengan menggunakan Menu Callouts. Menu Callouts bisa menampilkan banyak hal berupa Shape:

Shape-untuk-callout

Berbagai bentuk shape ini bisa kita gunakan untuk melengkapi dan membuat penjelasan tambahan terhadap video yang sedang dijelaskan.  Bentuk panah untuk menunjuk, Teks untuk menambah penjelasan, atau Bingkai untuk menambah fokus suatu bagian video, seluruh shape yanag berwarna biru atau  kelompok shape with teks bisa  digukanan juga untuk menunjuk disertai tulisan di dalamnya. Berikut adalah contoh penggunaannya:

  • Shape dengan Teks di dalamnya : Shape-dengan-Teks
  • Shape berbentuk panah  Shape-dengan-Panah
  • Skecth Motion  Shape-dengan-Motion

Gunakanlah callout ini berupa shape ini untuk mempertajam penjelasan video tutorial Anda, sehingga penonton lebih mudah memahai akan arah  tutorial yang sedang Anda jelaskan. Penggunaan Shape Special akan kita bahan dalam tutorial selanjutnya.

Selanjutnya baca Cara Menampilkan Tombol Keyboard

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × four =