Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Cara Menampilkan Tombol Keyboard

Cara Menampilkan Tombol Keyboard

Tombol-Keyboard Dalam upaya membuat video tutorial dengan bantuan screen record Camtasia Studio, akan lebih mudah menjelaskan sesuatu dengan bantuan tampilan tombol-tombol keyboard di layar video tutorial, khususnya ketika menjelaskan fungsi atau rumus, atau menjelaskan cara menuliskan suatu Aksara seperti penggunaan Aksara Batak Toba di Laptop atau Komputer. Bagaimana cara menampilkan tombol keyboard tersebut di layar video tutorial ? Hal inilah yang menjadi pembahasan khusus dalam artikel ini.

Satu fungsi edit di Menu Callouts Camtasia Studio adalah Shape Special, yang bisa menampilkan tombol-tombol keyboard ke layar video tutorial yang sedang diedit, namanya Keystrokes yang terdiri dari empat jenis; Traditional Keystrokes, Gray Keystroks, Clear Keystrocks, dan White Outline Keystrokes. Untuk menampilkan tombol keyboard silahkan klik Callouts dan pilih salah satu dari shape special yang ada, selanjutnya tempatkan kursor  di menu Text enter keystrokes and combination.

Shape-Special

Tombol Keyboard mana saja yang bisa ditampilkan ke layar video tutorial ?:

  1. Angka Satu hingga Nol, Huruf A hingga Z  Angka-dan-Huruf
  2. Tombol Esc, F1, F2, F3, F4, F5, F6, F7, F8, F9, F10, F11, F12, Scrl Lk, Prt Sc, Num Lk dan Delete  Escape-hingga-Delete 
  3. Tombol Grape`, -, =, Back, dan Home  Grape-hingga-Home
  4. Tombol Tab, [, ], \, dan Pg Up Tab-hingga-Pg-Up
  5. Tombol Caps Lock, ;, ‘, Enter, dan Page Down Caps-Lock-hingga-Page-Down
  6. Tombol Shift, Koma, Titik, Panah Naik, dan End Shift-hingga-End
  7. Tombol Ctrl, Windows, Alt, Panah Kiri, Panah Bawah, dan Panah Kanan Control-hingga-Panah-Kanan

Anda bisa juga mengkombinasikan dua tombol keyboard, misalnya ketika Anda ingin menuliskan fungsi perintah seperti : Control + A untuk memilih semuanya, Control + S untuk  menyimpan, Control + C untuk mengcopy, Control + V untuk paste, dan lain-lain.

Menu Callouts Shape Special berupa Keystrocks yang paling sesuai dengan model gambar tombol keyboard laptop/komputer adalah jenis Traditional Keystocks. Cobalah menggunakan jenis traditional keystrocks ini untuk menampilakn tutorial tentang rumus, fungsi keyboard, atau ketika menjelaskan cara penulisan tertentu, misalnya ketika Anda ingin menjelaskan fungsi-fungsi cara menuliskan jenis huruf atau tulisan tertentu. Misalnya ketika saya ingin menjelaskan penggunaan Aksara Batak Toba  di komputer, maka traditional keystrocks ini sangat bermanfaat dalam menampilkan tombol-tombol keyboard yang dibutuhkan untuk menuliskan Aksara Batak tersebut, sehingga lebih mudah dipahami oleh pengguna video tutorial Aksara Batak tersebut.

Itulah tombol-tombol keyboard Laptop/Komputer yang bisa ditampilkan di layar video tutorial sebagai fasilitas Menu  Callout Camtasia Studio, gunakanlah menu Keystroks ini sesuai fungsinya untuk kelengkapan video tutorial Anda, sehingga pengunjung bisa lebih mudah memahami apa yang sedang ditampilkan dalam video tutorial Anda. Tonton  tutorialnya dalam video berikut.

Jika Anda butuh pelatihan, atau bimbingan khusus dalam membuat video tutorrial, atau cara penggunaan Camtasia Studio dalam membuat video promosi yang Anda butuhkan untuk produk, perusahaan, atau untuk branding profil diri Anda, silahkan menghubungi saya di HP|WA: 081317937777,  atau gunakan form Hubungi Vitus Polikarpus eTraining untuk menyampaikan pertanyaan atau apa saja yang ingin Anda sampaikan.

Jika Anda merasa artikel atau tutorial ini bermanfaat, silahkan bagikan ke social media Anda, agar orang-orang yang membutuhkan bisa lebih mudah menemukannya. Sampai bertemu dalam tutorial selanjutnya.

Baca tutorial sebelumnya Cara Mengedit Video

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nineteen − 11 =