Cara Membuat Subtitle Video Youtube Sesuai Bahasa Asli Video

Cara membuat subtitle video youtube

Cara membuat subtitle video youtube, sesuai bahasa asli video, agar pengunjung bisa menerjemahkannya, ke bahasa yang mereka pahami. Bayangkan jika semua orang bisa memahami konten videomu, betapa bermanfaatnya video tersebut, karena bisa menjangkau semua orang. Subtitle video juga akan sangat bermanfaat, bagi penonton yang bermasalah dalam pendengaran, karena mereka bisa membaca teks subtitle untuk memahami video tersebut.

Yang Penting Dipahami dalam Membuat Subtitle Video Youtube

Apakah Anda sudah tahu cara membuat subtitle video youtube ? Ya subtitle video sesuai bahasa asli video. Misalnya jika bahasa asli videomu adalah bahasa Indonesia, maka subtitle yang perlu dibuat adalah bahasa Indonesia juga. Mungkin terasa agak aneh ya, bahasa asli video sudah bahasa Indonesia, untuk apa lagi dibuat subtitle bahasa Indonesia ? Bukannya jadi mubazir ?

Hehehe, sekilas terkesan aneh. Tapi coba pikirkan hal ini. Jika seandainya setelah dibuat subtitle video sesuai bahasa asli video, maka :

  1. Penonton yang bermasalah dengan pendengaran, jadi terbantu memahami konten video, karena ada teks subtitle yang bisa dibaca
  2. Pengunjung bisa menerjemahkan subtitle videomu, ke bahasa yang mereka pahami, sehingga mereka paham akan konten videomu
  3. Robot google akan merayapi subtitle videomu, sehingga mempermudah memahami konten videomu. Kemudian akan menampilkan videomu di penelusuran youtube, ketika ada pencari yang menggunakan kata-kata yang tertulis di subtitle tersebut.

Wow,.. ternyata manfaatnya sangat powerful ya ! Jika demikian, bagaimana cara membuat subtitle yang begitu powerful tersebut ? Ayo ikuti tahapan berikut :

  • Setelah video diupload ke youtube, editlah video tersebut secara live di youtube.
  • Klik menu subtitle di kolom sebelah kiri, dan pilih tambahkan subtitle, selanjutnya klik menu buat subtitle atau cc baru

Proses Penulisan Subtitle Video Youtube

Sekarang kita sudah siap untuk memulai proses penulisan subtitle video youtube. Untuk proses penulisan subtitle, maka pahami beberapa hal berikut :

  1. Secara standart youtube telah menyediakan teks subtitle sesuai bahasa asli video, lengkap dengan pengaturan waktunya. Jika ingin menggunakannya dipersilahkan. Boleh diedit terlebih dahulu sesuai keinginanmu. Tapi saya lebih suka menghapusnya, dan menuliskannya secara manual.
  2. Menuliskan subtitle secara manual, jauh lebih mudah, karena bisa menuliskan sesuai pemahaman sendiri. Untuk itu play videonya, dan tuliskan setiap kata atau kalimat yang diucapkan.
  3. Tuliskan subtitle dengan bahasa baku, agar mudah diterjemahkan ke berbagai bahasa lain oleh pengunjung.
  4. Sesuaikan penulisan subtitle, agar pesan yang dimaksudkan video, tersampaikan kepada penonton, dan lebih mudah dipahami, ketika diterjemahkan oleh pengunjung. Jadi tidak perlu menuliskan persis seperti apa yang diucapkan dalam video.
  5. Setelah rampung menuliskan subtitle video hingga akhir video, silahkan simpan perubahan untuk mempublikasikan subtitle tersebut.

Sekarang sudah tersedia subtitle sesuai bahasa asli video. Penonton dari negara manapun, akan bisa menerjemahkan secara otomatis, subtitle video tersebut, ke bahasa yang mereka pahami. Itulah manfaat membuat subtitle video youtube sesuai bahsa asli video. Sekarang sudah kamu tahu cara membuat subtitle youtube, silahkan dipraktekkan di channel youtubemu sendiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *