Cara Membuat Channel Youtube

Cara Membuat Channel Youtube

Bagaimana sih cara praktis membuat channel youtube ? Mungkin pertanyaan ini terdengar konyol. Namun faktanya masih ada saja yang bertanya tentang hal ini.  Walaupun sudah banyak artikel yang telah mengulas hal ini, namun tidak salah jika saya tulis lagi sesuai versi saya sendiri.

Sebagai pengantar, channel youtube bisa dibuat dari dua fasiltas. Yang pertama adalah fasilitas dari Google Akun. Yang kedua adalah fasilitas dari Google My Business.  Namun fasilitas apa pun yang digunakan  dalam membuat channel youtube, proses selanjutnya adalah sama.

Cara Membuat Channel Youtube dari Fasilitas Gogle Akun

Google Akun alias gmail.com tentu sudah Anda miliki bukan ? Setiap pengguna android tentu harus punya google akun agar bisa menggunakan fasilitas Google Play. Oke dengan demikian kita anggap sudah ada google akun yang akan digunakan.

Silahkah login ke google akun. Kemudian buka tab baru dan kunjungi https://youtube.com/channel_switcher

Disana bisa ditemukan menu untuk menambah atau membuat channel baru. Nama channel standar biasanya disesuaikan dengan username di google+. Namun demikian tetap ada pilihan untuk mengedit atau mengubahnya sesuai kebutuhan. Oh ya kabarnya Google+ akan ditutup Tanggal 2 April 2019, jadi kemungkinan akan ada perubahan kebijakan tentang hal ini

Cara Membuat Channel Youtube sebagai Fasilitas Google My Business

Apakah Anda sudah memiliki alamat bisnis ? Atau apakah bisnis Anda sudah bisa ditemukan di Google Map ? Nah Google My Business terhubung langsung ke Google Map. Untuk membuat channel youtube dari fasilitas google my business, maka domain bisnis perlu didaftarkan ke google webmaster.

Misalkan blog ini atau domain vituspolikarpus.com telah saya daftarkan ke google webmaster. Selanjutnya di google webmaster ada fasilitas google my business. Dengan fasilitas ini maka vituspolikarpus.com telah saya daftarkan ke google my business. Sehingga vituspolikarpus.com bisa ditemukan di Google Map. Kemudian google akan menyediakan sebuah dashboard untuk bisnis vituspolikarpus.com. Dan disediakan satu channel youtube atas nama bisnis vituspolikarpus.com enak bukan ? Dengan demikian keyword bisnis akan saling terhubung antara blog, google map, dan channel youtube.

Setelah tahu Cara Membuat Channel Youtube, apa langkah selanjutnya ?

Setelah memiliki channel youtube, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah membuat :

  1. Foto profil : usahakan membuat foto profil dari closeup wajah Anda sebagai pemilik channel. Atau bisa dibuat dari logo bisnis Anda. Namun saya sendiri akan lebih suka membuat foto profil dari closeup foto wajah saya. Mengapa ? Karena orang akan bertransaksi dengan orang terlebih dahulu, bukan dengan bisnis.
  2. Header : sudah ada template yang disediakan oleh youtube untuk ukuran header yaitu 2.560 X 1.440 pixel. Template tersebut bisa diedit menggunakan photoshop. Atau bisa dibuat dengan software seperti The Logo Creator Launghingbird. Bisa menggunakan situs online Canva.
  3. Channel navigasi : bisa diaktifkan dengan bantuan menu gear yang ada di dekat tombol subscribe di bawah header. Channel navigasi berisi : Beranda, Video, Playlist, Halaman Diskusi|Komunitas, Channel, Tentang. Channel navigasi inilah yang perlu digunakan untuk mengatur tampilan channel youtube khususnya bagian beranda. Isilah Menu Tentang dengan detail tentang siapa pemilik channel dan jelaskan tentang apa konten channel. Lengkapi negara tujuan promosi channel. Tambahkan email yang bisa dihubungi oleh pengunjung. Tammbahkan juga 5 link sosial media yang berhubungan dengan channel youtube. Kelima ikon dan link sosial media ini akan tampil di pojok kanan bawah header sebagai ikon yang bisa diklik.
  4. Video Trailer untuk pengunjung baru : isinya menjelaskan siapa diri Anda sebagai pemilik channel. Menjelaskan tentang konten channel. Bisa dilengkapi dengan ajakan bertindak sebperti : subscribe, like, komen, share, hubungi contact person, atau kunjungi sosial media sesuai kebutuhan. Setting video ini di beranda channel sebagai video trailer untuk pengunjung baru. Maka video ini akan play otomatis bagi pengunjung yang belum subscribe ke channel Anda. Ingat video trailer adalah video pertama yang seharusnya diupload dan dipublish di sebuah channel youtube.
  5. Setting beranda channel : tersedia item pilihan yang bisa disajikan di beranda channel. Karena beranda channel adalah seperti etalase toko, maka perlu diatur semenarik mungkin agar pengunjung mudah melihat konten channel youtube. Bisa tambahkan : Upload Terbaru, Upload Populer, Playlist yang dibuat, atau Playlist khusus yang ingin dipromosikan. Gunakan Menu Tambahkan Bagian di bagian bawah beranda channel, untuk mengatur tampilan channel youtube. Oh ya, semua menu ini bisa dilihat dengan klik Menu Sesuaikan Chnanel
  6. Verifikasi channel : sebuah channel youtube perlu diverifikasi dengan satu nomor telepon. Sebuah channel yang terverifikasi maka akan memiliki fitur lengkap. Buka Menu Status dan Fitur, disana bisa diaktifkan sejumlah fasilitas yang bisa digunakan. Misalnya bisa mengupload video berdurasi di atas 15 menit. Bisa live streaming, menggunakan kartu, annotasi dan layar akhir, URL Custom dll.

Membuat Video adalah bagian dari Cara membuat Channel Youtube

Membuat video atau mengedit video adalah kegiatan rutin dan berkesinambungan dari proses cara membuat channel youtube. Karena channel youtube tidak akan berarti tanpa ada video.

Cara paling mudah membuat video adalah dengan merekam sesuatu dengan bantuan kamera. Bisa menggunakan kamera HP, Kamera Digital, atau screen record. Kemudian rekaman video diedit dengan software khusus pengedit video. Saat melakukan rekaman video dengan kamera, usahakan menggunakan tripot untuk meminimalkan goncangan.

Bagi pegguna HP bisa memilih aplikasi screen record dan editing video dari play store. Pilih yang sesuai dengan kemampuan HP yang digunakan. Saya sendiri menggunakan AZ Screen Recorder, dan Kinemaster untuk edit video.

Bagi penggunana laptop atau komputer bisa menggunakan Camtasia Studio untuk screen record dan editing video. Snagit bisa digunakan unruk screen record dan edit gambar. Sofwate editing video lainnya yang pernah saya gunakan adalah Corel Video Studio, karena saya suka menu transisinya dan efek teks yang beragam yang disediakannya. Namun youtuber umumnya menggunakan Adobe Premier untuk edit video. Pilih software yang sesuai kemampuan laptop|komputer Anda. Oh ya untuk editing video Anda perlu memiliki laptop|komputer dengan VGA khusus untuk grafik. Hindari membeli laptop atau komputer dengan VGA on board. Karena tidak mendukung dalam proses editing video.

Yang terpenting dipahami dalam proses membuat video, bagian awal harus langsung menunjukkan fokus konten video. Di bagian akhir boleh ditambahkan ajakan bertindak sesuai kebutuhan. Buatlah video standar dengan kualitas HD 1280 X 720 pixel sesuai dengan ukuran layar youtube.

Upload dan publish video adalah yang terpenting dari cara membuat channel youtube

Publish video secara rutin dan berkesinambungan dalam jangka panjang. Bisa satu video per hari, atau satu sampai dua video per minggu. Sesuaikan dengan kemampuan membuat video.

Untuk menjaga keteraturan dan konsistensi publish video, maka perlu dilakukan proses upload video dengan privasi terjadwal. Sehingga bisa saja dalam satu hari mengupload banyak video, namun publishnya dijadwalkan.

Proses upload video dengan privasi publish terjadwal ini sekaligus trik mengantisipasi kemungkinan adanya claim copy right atas video tersebut. Jika hal itu terjadi, maka masih ada kesempatan untuk memperbaiki video tersebut.

Setiap kali upload video langsung disiapkan custom thumbnail video. Ukuran file thumbnail maksimal 2 MB. Thumbnail bisa dibuat di situs Canva, situs ini ada juga aplikasinya di play store. Bagi pengguna HP, gunakan aplikasi Collage Maker untuk mengatur beberapa gambar menjadi thumbnail video. Setelah itu barulah upload ke situs Canva untuk menambah efek lainnya seperti bingkai. Membuat thumbnail di Canva sekaligus memastikan bahwa ukuran thumbnail tidak akan melebihi 2 MB.

Untuk mempermudah proses upload, maka setting defauld upload sesuai keinginan dan kebutuhan. Contoh untuk Privasi, Kategori, Lisensi, Komentar dan penilaian, monetisasi, format iklan, jeda iklan, bahasa video, kontribusi komunitas, sertifikasi teks, dan statistik video. Sehingga ketika proses upload video selanjutnya tinggal melengkapi metadata yang berhubungan dengan judul, deskripsi dan tag.

Metadata yang baik dan benar sangat penting dalam Cara Membuat Channel Youtube

Metadata sebuah video ada di judul, deskripsi dan tag. Ketiganya harus sinkron dan berhubungan. Dengan demikian robot google akan mudah memahami konten video. Video yang menggunakan metadata yang baik, maka akan mudah ditemukan di pencarian youtube. Juga akan mendapatkan trafik dari rekomendasi video.

Untuk membuat metadata video, maka sesuaikan dengan konten video. Judul video seharusnya adalah keyword utama video, menunjukkan konten utama sebuah video. Deskripsi bisa menjelaskan lebih detail tentang video. Bisa dilengkapi dengan time line yang mempermudah penonton melihat bagian video yang diinginkan. Ingat deskripsi video bisa memuat 5.000 karakter. Maka gunakan fasilitas ini dengan baik, untuk membuat rincian sedetail mungkin tentang konten video. Tag video bisa menampung 500 karakter. Gunakan google keyword planner untuk menemukan tag yang sesuai dengan konten video.

Playlist atau Daftar Putar sangat penting dipahami dalam cara membuat channel youtube

Setiap kali upload dan proses publish video, maka gunakan Menu Info dan setelan untuk mengelompokkan video sesuai dengan kelompok kategori video. Hal ini akan mempermudah pengunjung untuk menemukan video yang berseri, atau video yang sejenis.

Misalnya di channel youtube Mrvituspolikarpus saya membuat satu playlist tentang Cara Buat Channel Youtube. Playlist ini berisi tutorial tentang cara membuat channel youtube, agar tampil profesional, dan layak menjadi mitra youtube.

Ingat menggunakan nama playlist sebagai keyword yang diinginkan. Karena nama playlist bisa ditemukan di pencarian youtube. Artinya nama playlist adalah bagian dari SEO channel youtube.

Playlist yang dibuat bisa ditampilkan juga di beranda channel. Sehingga penonton mudah menemukan video yang dibutuhkan sesuai kategori playlistnya.

Video yang ada di sebuah playlist bisa diurutkan sesuai dengan urutan pembuatannya. Bisa juga diurutkan sesuai urutan video terpopuler. Video paling atas di sebuah playlist otomatis menjadi thumbnail playlist tersebut.

Mengedit Video secara live di youtube setelah video dipublish adalah proses penting dari cara membuat channel youtube

Editlah setiap video setelah berhasil dipublish. Mengapa sebuah video yang sudah dipublish harus diedit ?

Yang pertama untuk menambahkan lokasi video. Lokasi atau map video sangat penting untuk mempermudah pencarian video. Misalkan video di channel youtube Mrvituspolikarpus sebagian besar saya tandai dengan map vituspopikarpus.com sesuai alamat google bisnis saya. Maka vituspolikarpus.com akan tampil linknya sebagai hastag di bagian atas judul video. Jika hastag ini diklik pengunjung, maka akan disajikan seluruh video yang memiliki hastag vituspolikarpus.com. Maka hal ini akan mempermudah pengunjung menemukan seluruh video yang memiliki hastag yang sama. Maka gunakan map video dengan alamat atau nama bisnis Anda. Karena nama bisnis adalah keyword utama bisnis Anda.

Kedua untuk menambahkan kartu, annotasi dan layar akhir. Inilah menu ajakan bertindak yang seharusnya digunakan di setiap video. Sebuah video bisa dihubungkan ke video lain, ke playlist lain, atau artikel bisnis di website bisnis Anda yang telah ditautkan ke channel youtube Anda. 5 kartu bisa digunakan di sebuah video. Dan 4 annotasi dan layar akhir bisa ditambahkan di bagian akhir video.

Ketiga menambahkan subtitle. Pentingkah membuat substitle sebuah video ? Tentu sangat penting, karena subtitle bisa dirayapi oleh robot google. Maka subtitle adalah bagian SEO dari sebuah video. Subtitle juga penting untuk membantu penonton yang bermasalah dalam pendengaran. Atau untuk membantu pengguna bahasa lain di luar bahasa standar video. Agar sebuah video bisa ditonton lebih mudah seara internasional, maka saya berusaha membuat substitle dalam Bahasa Inggris.

Evaluasi Kinerja Video yang sudah dipublish dengan bantuan laporan analisis merupakan bagian sangat berharga cari cara membuat channel youtube

Evaluasi kinerja video adalah sangat penting untuk mendapatkan ide pembuatan video verikutnya. Laporan Analisis sebuah channel akan membantu untuk mengetahui segala hal yang perlu dilakukan di channel youtube.

Ringkasan laporan analisis menyajikan video teratas dari jumlah waktu ditonton. Berapa menit ditonton, berapa jumlah penayangan, berapa jumlah subscriber yang bertambah, dan berapa prediksi penghasilan dalam kurun waktu tertentu.

Darimana saja sumber trafik yang diperoleh ? Semoga sumber utama trafik adalah dari rekomendasi video dan penelusuran youtube. Karena itu menunjukkan bahwa metadata video sangat membantu dari segi SEO.

Daftar Negara yang menonton video, range usia, jenis kelamin, subtitle mana yang menghasilkan pengunjung juga disajikan dengan detail di laporan analisis. Masih banyak laporan lainnya yang bisa digunakan untuk evaluasi video dari laporan analisis ini.

Inilah secara ringkas proses cara membuat channel youtube yang minimal harus dipahami oleh setiap youtuber pemula. Jika butuh panduan khusus secara personal, silahkan ikuti private di rumah saya sepanjang hari kerja Senin sampai Jumat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *