Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog

cara-membuat-blog

cara-membuat-blog

Banyak Cara Membuat Blog sesuai dengan tujuan pembuatan dan aplikasinya yang digunakan. Ada yang menggunakan blog gratisan ada juga yang membuat blog dengan domain dan hosting berbayar. Ada yang membuat blog untuk tujuan catatan harian kehidupan pribadi, namun ada juga yang membuat blog untuk tujuan bisnis online atau yang sering disebut sebagai blog toko online.

Dalam artikel ini kita akan membahas kisah nyata tentang membangun bisnis online, dimana selama ini sudah punya usaha konvensional yang dipromosikan dan dilakukan secara tradisional, promosi orang per orang. Kini akan dicoba dipromosikan dengan cara membuat blog tentang usaha tersebut. Maka proses yang akan dilakukan adalah:

  1. Membuat google akun atas nama usaha
  2. Melakukan pemesanan domain dan hosting atas nama usaha
  3. Melakukan riset keyword di google keyword planner
  4. Mulai Membangun blog diawali dari cpanel
  5. Menginstall theme dan plugin yang dibutuhkan 
  6. Melakukan Pengaturan atau Setting
  7. Membuat halaman yang dibutuhkan
  8. Menulis Artikel pertama
  9. Mendaftarkan blog ke google analytics dan webmaster 
  10. Lakukan Setting Theme Indostore
  11. Mendaftarkan nama bisnis ke Google bisnis
  12. Membuat channel youtube atas nama bisnis
  13. Membuat social media atas nama bisnis

1.Membuat Google Akun atas nama Usaha

Langkah pertama yang dilakukan untuk memulai bisnis online adalah, membuat google akun atas nama usaha, karena google akun ini akan  diperlukan dalam berbagai hal, mulai dari memesan domain dan hosting, untuk akses masuk ke produk google seperti ; google keyword planner, analytics dan webmaster, serta google place, dan untuk membuat berbagai social media.

Untuk membuat google akun baru silahkan klik Create your Google Account, dan isilah data-data yang dibutuhkan dan klik next step hingga selesai.  Anggaplah Anda sudah memiliki google akun baru sekarang, atas nama diri Anda atau atas nama bisnis Anda, yang penting sudah dibuat yang baru ya.

2.Melakukan pemesanan domain dan hosting atas nama usaha

Karena ini adalah kisah nyata pebisnis konvensional yang akan memulai bisnis online, maka kita langsung memesan domain dan hosting atas nama bisnisnya dengan menggunakan google akun yang baru dibuat untuk mendaftar ke pihak hosting.

Langkah pertama silahkan kunjungi domain.com dan tuliskan di menu searchnya nama domain yang dibutuhkan. Dalam kisah ini saya menggunakan domain suksesmitramandiri.com dan pertanggal 2o September 2016 nama domain ini masih tersedia, artinya bisa dipesan untuk dimiliki. Jika domain masih tersedia, langkah berikutnya adalah membelinya bersamaan dengan memesan hostingnya.

Dalam kisah ini saya menggunakan hosting domosquare dengan link referral yang saya miliki. Maka dipesan hosting unlimeted1 untuk masa satu tahun dengan harga 598.800 per tahun pada saat pemesanan dilakukan.

Pertanyaannya adalah mengapa menggunakan hosting unlimeted di awal pembuatan blog atau di awal memulai bisnis online ? Tentu seorang pemula perlu belajar banyak membuat blog, mungkin salah dan mengulang lagi, mungkin saja butuh beberapa blog lain, khususnya jika memiliki beberapa jenis produk yang berbeda, atau bisa saja akan membuat blog dengan domain atas nama pribadi. Sehingga dengan demikian peluang membuka banyak blog akan terbuka lebar, mulai dari blog atas nama pribadi, atas nama perusahaan atau bisnis, atas nama keyword masing-masing produk. Atau atas nama pengembangan unit bisnis lainnya. Dengan hosting unlimeted, maka seberapa banyak pengunjung pun yang datang ke blog, tidak perlu takut jadi sulit diakses, karena bandwidthnya yang sangat besar.

3.Melakukan riset keyword di google keyword planner

Sambil menunggu domain dan hosting diaktifkan, maka dilakukan riset keyword. Untuk melakukan riset keyword dibutuhkan google keyword planner. Saat ini google sedang menerapkan kebijakan baru, bahwa pemilik google akun yang sudah pernah ditautkan ke google adword, harus memiliki iklan aktif agar bisa mengakses penuh pencarian keyword. Jika tidak, hanya akan diberikan rentang pencari antara sekian ke sekian, jadi kurang detail dan kurang pasti angkanya.

Maka untuk menyiasati ini, kita butuh google akun yang belum pernah terhubung ke adword, ya caranya dengan membuat google akun baru, untuk itulah di awal proses pembuatan blog ini dibuatkan email baru.

Langkah pertama masuklah ke http://www.google.com/adwords/manager-accounts/ selanjutnya pilih sign up di pojok kiri bawah dan lanjutkan mengisi data-data yang diminta. Jika sudah berhasil sign up, silahkan buka tab baru dan tulis Keyword Planner untuk masuk ke Google Keyword Planner, dan silahkan sign in dengan google akun yang baru Anda buat tadi. Kini Anda siap menggunakan google keyword planner dengan tampilan penuh.

Silahkan melakukan riset keyword untuk menemukan pencari rata-rata perbulan di atas 1.000 pencari. Setelah menemukan sejumlah keyword yang Anda butuhkan, silahkan copy satu persatu keyword tersebut dan paste di mesin pencari google.co.id untuk menemukan pesaingnya, jika pesaingnya masing di bawah 10 juta, artinya masih mudah untuk bersaing di halaman pertama mesin pencari dengan mengoptimalkan cara penulisan artikel yang sesuai dengan kebutuhan SEO

4.Mulai Membangun blog diawali dari cpanel

Setelah melakukan pembayaran atas pesanan domain dan hosting, maka pihak hosting akan memberikan akses masuk ke cpanel berupa username dan password serta link ke cpanel, simpanlah baik-baik data ini, karena akan digunakan setiap kali mau mengakses cpanel.

Sekarang kita masuk ke cpanel dengan menggunakan username dan password yang diberikan melalui email dari penyedia hosting. Setelah masuk cpanel carilah softaculous, dan pilih wordpress untuk diinstall. Disana sudah tersedia domain yang baru saja kita beli.

Buang atau hapus tulisan wp dan biarkan kosong menu in directory. Tulis judul blog dan deskripsinya. Dalam praktek ini saya menggunakan judul Obat Herbal Sukses Mitra Mandiri dengan deskripsi Pengobatan Cara Herbal oleh Shin She Budi dengan alamat domain http://suksesmitramandiri.com

Selanjutnya tentukan username dan password. Buatlah password yang kuat berupa gabungan huruf besar, huruf kecil, angka dan string.

Karena hosting unlimeted, maka di menu option sebaiknya setting proses backup sekali seminggu dengan pilihan rotation 2, atau sesuai keinginan Anda. hal ini berguna untuk backup seluruh data blog kita jika terjadi permasalahan yang tidak diinginkan, sehingga bisa dipulihkan sewaktu-waktu.

Isi alamat email tempat pemberitahuan proses installan  jika telah selesai dilakukan, dan klik Install untuk memulai proses penginstallan. Setelah proses installan selesai, akan diberikan URL domain dan link admintrasi untuk login ke cpanel. Selanjutnya bisa masuk ke dashboard blog untuk melanjutkan penginstallan theme pilihan kita.  

5.Menginstall theme dan plugin yang dibutuhkan

Saatnya menginstall theme dan plugin sesuai kebutuhan blog. Sebuah theme akan membantu tampilan dan susunan artikel di blog. Jika blog untuk jualan tentu dibutuhkan theme toko online yang menyediakan fasilitas untuk melihat pajangan seluruh produk yang dijual, kemudian menyediakan keranjang belanja, dan konfirmasi pemesanan dan pembayaran, serta pilihan jasa pengiriman.

Untuk itu dalam praktek ini saya menggunakan theme indostore. Masuklah ke dashboard, dan buka menu appearance selanjutnya pilih theme, pilih Add New, Klik Upload Theme, dan pilih file theme indostore atau theme pilihan Anda dari komputer Anda, dan lanjutkan dengan Install Now. 

Sekarang kita sudah memiliki blog dengan theme toko online, selanjutnya siap digunakan, diedit sesuai kebutuhan, dilanjutkan dengan membuat artikel, postingan produk dan membuat page seperlunya. Oh ya, Indostore Theme sudah membuat sejumlah halaman standart, tinggal diedit saja, karena sudah disediakan halaman; Testimominal, Cart, Katalog, Konfirmasi, dan Cara Order, jadi kita cukup edit saja isinya.

Selanjutnya pekerjaan yang cukup panjang dan perlu ketelitian. Kita membutuhkan dukungan plugin untuk mengembangkan blog toko online dengan baik. Sejumlah plugin yang paling minimal harus kita miliki adalah :

  • Akismet; berguna untuk mencegah spam yang masuk melalui komentar. Plugin ini bisa digunakan  jika sudah sign up ke situsnya, dan ada pilihan berbayar. Dulu saya masih mendapatkan fasilitas free untuk mendapatkan serial number atau API Key yang bisa digunakan untuk multi blog. Akismet plugin standar bawaan wordpress, plugin pertama yang diinstall include saat menginstall script wordpress.
  • Hello Dolly adalah plugin standart yang sudah include diinstall ketika menginstall script wordpress, namun saya sendiri belum pernah menggunakannya, dan selalu menghapusnya.

  • JetPack akan kita install pertama sekali, plugin ini akan membantu kita mengelola hampir seluruh tampilan blog, dan untuk menggunakan plugin ini, harus signup dulu dan membuka akun di wordpress.com karena jetpack tersambung dan menyatu dengan akun wordpress. Di dalam menu settingan, Anda bisa aktifkan tools yang disediakan sesuai kebutuhan Anda. Disana juga tersedia tools Mobile Theme, tools ini perlu kita aktifkan, agar blog kita bisa tampil dan diakses dengan baik melalui mobile atau smart phone. Jetpack bisa setting untuk mengupdate otomatis seluruh plugin yang kita install di dashboard blog kita. Bahkan plugin jetpack menyediakan fasilitas share otomatis artikel yang baru dipublish ke sejumlah social media, seperti facebook, twitter, linkedin, google+, Linkedin, dan Path. Menarik bukan ? Pekerjaan kita dipermudah dengan adanya share otomatis ini, sehingga kita tidak perlu repot melakukan share satu persatu ke akun social media kita.

  • All in One SEO Pack, plugin ini berguna untuk membantu kita mengatur tampilan blog kita di mesin pencari, mulai dari judul, hingga deskripsi. Bagaimana judul artikel akan ditampilkan diatur dalam menu Title Setting. Ingat untuk menghapus |%blog title% agar tampilan judul blog Anda di mesin pencari tidak terlalu panjang. Dalam menu Feature Manager disediakan sejumlah tolls free, silahkan aktifkan semuanya, mulai dari
    XML Sitemaps, Sosial Meta, Robots.txt, File Editor, Importer & Exporter,  Bad Bot Blocker, dan Performa.  

  • Contact Form 7 digunakan untuk membuat form hubungi kami, dan code yang disediakan oleh plugin ini akan kita paste di halaman yang pertama kita buat yaitu Halaman Hubungi Kami. Dengan plugin contact Form 7 kita bisa mengatur, data apa saja yang harus disediakan oleh pengunjung untuk bisa mengirimkan pesannya kepada kita, misalnya nama, email, nomor HP dan lain sebagainya sesuai tujuan form itu dibuat. 

  • Google Analytics by MonsterInsights dengan bantuan tools ini, maka laporan blog kita sesuai  hasil perayapan robot google akan ditampilkan dengan baik. Nantinya google anlytics ID akan kita sinkronkran di plugin ini agar laporannya menyatu dengan laporan google webmaster, plugin ini juga akan membuat laporan jika terjadi kesalahan yang menyebabkan artikel kita tidak bisa diakses, kemudian melaporkan link yang masuk dan dan keluar.

  • Google XML Sitemaps dibutuhkan untuk membantu membuat sitemap dari setiap artikel di blog, sehingga mudah ditemukan dan diindeks oleh mesin pencari seperti google search, bing, yahoo, ask.com dll 

  • TinyMCE Advanced berguna untuk membantu tampilan artikel saat mengedit atau membuat artikel, menyediakan berbagai tools yang berguna saat menulis artikel, misalnya membuat warna teks, warna latar belakang, membuat alligment, insert table, anchot text, dan banyak fungsinya lainnya. 

  • WordPress Ping Optimizer berguna untuk mengeping artikel yang baru saja dipublish, sekaligus membatasi agar ketika mengedit artikel di kemudian hari tidak lagi mengepingnya, dengan demikian mencegah artikel dianggap spam oleh penerima. 

  • WP Fastest Cache sangat berguna untuk membantu menyimpan cache dari system, sehingga memudahkan artikel untuk dikunjungi di kemudian hari 

  • WP Smush berguna untuk mengompres gambar yang digunakan di artikel, sehingga membantu mempercepat proses loading artikel dan membantu SEO.

Itulah sejumlah plugin minimal yang perlu digunakan untuk membantu kinerja daripada blog, masih banyak plugin lain yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan dan tujuan blog Anda. Silahkan digunakan secara bijak, agar jangan sampai bentrok antara plugin yang satu dengan yang lain, namun seluruh plugin bisa mendukung dan membantu peningkatan SEO blog.

6. Melakukan Pengaturan atau Setting

Blog yang baru saja dibuat perlu dilakukan pengaturan atau setting sehingga tampilannya sesuai dengan harapan kita. Pengaturan umum yang paling perlu dilakukan adalah :

  • Pengaturan Umum; disini perlu ditentukan format waktu dan tanggal, apakah blog terbuka untuk digunakan oleh orang lain atau tidak, sehingga pengunjung bisa mendaftar jadi anggota pengguna blog.
  • Pengaturan Menulis: disini bisa Anda atur apakah bisa dilakukan pembuatan artikel melalui email atau tidak, kemudian bisa Anda tambahkan link untuk diping ketika ada artikel baru yang selesai ditulis dan dipublish, disini juga Anda bisa mengaktifkan fungsi testimoni
  • Pengaturan Membaca : disini ditentukan artikel mana yang akan ditampilkan di halaman depan blog, apakah halaman statis seperti landing page, atau postingan terbaru, atau postingan tertentu, berapa banyak postingan yang akan tampil di halaman pertama ketika blog dikunjungi, dan apakah akan menampilkan postingan secara utuh atau hanya ringkasan atau cuplikannya saja. Bagaimana tampilan postingan lain yang berhubungan apakah hanya menampilkan judul postingan saja, atau menampilkan juga gambar thumbnail untuk menarik perhatian pengunjung untuk mengekliknya.
  • Pengaturan Diskusi; disini diatur tentang cara masuknya komentar, apakah otomatis dipublish atau harus dimoderasi secara manual, hal ini perlu dilakukan agar tidak terjadi komentar spam di artikel blog
  • Pengaturan Media: disini diatur ukuran gambar yang digunakan, khusunya untuk ukuran thumbnail, ukuran sedang dan ukuran paling besar perlu ditentukan
  • Pengaturan Permalink; disini ditentukan bagaimana tampilan URL artikel blog setelah URL domain utama, apa saja yang perlu mengikuti URL tersebut. Disini secara standar lebih aman menggunakan Struktur Tersesuai, dimana kita mengatur tambahan URL setelah domian hanya menambahkan %post name % dengan demikian URL menjadi domain+judul artikel

Itulah pengaturan umum yang minimal harus dilakukan agar tampilan dan kinerja blog lebih baik dan mendukung SEO.

7.Membuat halaman yang dibutuhkan

Halaman apa saja yang minimal harus ada di blog yang sedang kita bangun ? Adakah batasan halaman yang bis dibuat ? Tentu saja dalam membangun sebuh blog tidak ada batasan halaman yang perlu dibuat, semakin banyak halaman semakin baik. Namun ada halaman minimal yang harus ada dan perlu dibuat terlebih dahulu untuk kepentingan SEO dan kebutuhan pelanggan, seperti:

  • Hubungi Kami: disini disediakan contact form yang dibuat dengan menggunakan plugin contact form 7 di atas, di halaman ini pengunjung bisa menuliskan pesan kepada pemilik blog tentang berbagai hal, misalnya konfirmasi pesanan dan pembayaran, atau ingin menanyakan sesuatu, atau ingin memberikan saran, masukan, dan komentar bagi pemilik blog.
  • Profil: halaman ini menampilkan tentang profil pemilik blog atau profil usaha yang dipromosikan dalam blog. Sebaiknya di halaman ini ditulis profil lengkap yang akan membantu pengunjung mengenali siapa penanggung jawab blog dan apa yang sedang dilakukan, sehingga bisa membantu meyakinkan pelanggan dan membuat pengunjung percaya untuk melakukan transaksi di blog tersebut.
  • Jika blog yang dibangun adalah blog toko online alias jualan maka beberapa halaman standar yang harus ada yakni: Cara Pemesanan, Konfirmasi Pesanan, Cart atau Keranjang Belanja, Katalog atau Daftar Harga, dan Testimoni.

Setelah semua halaman di atas sudah dibuat, bisa ditambahkan halaman-halaman lain sesuai kebutuhan dan perkembangan blog. Oh ya halaman berisi informasi yang sifatnya statis atau permanen tidak berubah-ubah, berisi informasi yang akan tatap ada selama blog itu ada.

8.Menulis Artikel pertama

Menulis Artikel Pertama bisa berupa tulisan apa saja. Namun karena blog yang dibangun dalam praktek ini adalah blog toko online, maka artikel pertama adalah postingan tentang produk pertama yang dipromosikan. Apapun artikel pertama yang ditulis, ingatlah satu hal ini, buatlah satu gambar thumbnail untuk artikel tersebut, dan atur sekaligus sebagai feature image. Gambar yang diupload ke blog sebaiknya dikompres dulu sebagai web dalam format gift agar ukurannya kecil dan tidak membebani loading blog.

Dalam membuat artikel pertama ingatlah membuat beberapa sub heading bisa berupa rincian produk, fakta manfaat produk, atau pilihan jenis atau ukuran produk. Theme indostore membantu Anda untuk menyajikan segala hal tentang jenis pilihan produk tersebut.

Setiap Sub heading yang dibuat bisa dijadikan menjadi tag, dan lengkapilah data SEO di bagian bawah artikel berupa judul, dan desktipsi artikel.

Ingatlah membuat kategori dari artikel pertama Anda, jika itu tentang produk, tentu dibuat kategori sesuai kelompok kategori yang sesuai dengan produk tersebut.

Jika artikel pertama sudah dirasa lengkap, cobalah untuk melakukan preview artikel, dan diagnosa dengan menggunakan SEOquake untuk melihat hal-hal apa yang perlu dilengkapi sebelum artikel itu dipublish.  Ketika melakukan preview periksalah penulisan, dan semua link yang dibuat apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum. Keyword produk yang ditempatkan di produk pertama usahakan ada hyperlink ke URL Home blog atau ke domain blog. Jika sudah yakin rapi semua, barulah dipublish.

9.Mendaftarkan blog ke Google Analytics dan Webmaster

Blog yang sudah memiliki satu artikel produk dan sudah ada halaman Hubungi Kami dan Profil, sudah bisa didaftarkan untuk mendapatkan Google Analytics ID. Jika google anytics ID sudah diperoleh, silahkan masukkan ke plugin All in One SEO Pack di menu General Setting, di kolom ID Google Analytics.

Selanjutnya di plugin Google Analytics menu General Setting  lakukan authenticate with your google account, ikuti petunjuknya hingga sukses diidentifikasi. Jika gagal melakukan hal ini, bisa juga Anda masukkan Google Analytics ID dengan cara manual.

Jika sudah berhasil, lanjutkan mendaftarkan URL domain ke webmaster, atau bisa dilakukan terlebih dahulu submit URL di Add URL Google. Kemudian lanjutkan menambahkan property dengan mendaftarkan URL domain di webmaster.

Lakukan verifikasi dengan cara menambahkan HTML Tag ke bagian head template blog. Jika verifikasi telah berhasil, lanjutkan dengan melakukan settingan di webmaster.

Yang pertama di menu Search Traffic pilih International Targeting, pilih menu country, selanjutnya pilih Indonesia atau sesuai negara tujuan promosi blog.

Yang kedua di menu Crawl lakukan add/test sitemap dengan menambahkan tulisan sitemap.xml ke URL Domain. Setelah ditambahkan, lakukan refresh page untuk menunjukkan hasilnya.

Yang ketiga lakukan robot txt tester, pastikan apakah googlebot dalam keadaan allowed, jika ya dan berwarna hijau, maka lanjutkan ke langkah selanjutnya.

Yang keempat lakukan Fetch As Google baik untuk dekstop maupun untuk tiga jenis versi mobile. Hal ini perlu dilakukan untuk mempercepat robot google untuk mengindeks blog  yang baru dibuat. 

10.Lakukan Setting Theme Indostore

Setelah blog terdaftar ke google analytics dan webmaster sebaiknya dilakukan segera perbaikan settingan atau tampilan theme. Silahkan diedit satu persatu settingan theme Indostore yang ada, mulai dari: Tentang Toko, Home Setting, Sidebar Setting, Desain Setting, Metode Belanja, Kontak Toko, Akun Bank, Jasa Pengiriman, dan settingan social media.

Jika social media seperti facebook twitter, instagram belum tersedia, maka sebaiknya menu Aktifasi Box Socmed & FJB dioffkan dulu, sampai dibuat social media yang diperlukan, barulah dionkan kembali dan dilengkapi URL setiap social media yang dibutuhkan.

Dalam menu Home Setting, perlu diatur sedemikian rupa, agar dibuat Welcome Box yang menarik perhatian pengunjung, dan  yang mampu menampilkan nilai tambah dari blog tersebut, karena menu itu akan selalu tampil di bagian atas home page.

11.Mendaftarkan nama bisnis ke Google bisnis

Satu hal yang penting dalam  promosi online yang perlu diperhatikan adalah kepercayaan pengunjung. Hal ini bisa dibantu jika nama bisnis kita terdaftar di google busisness, atau bisa ditemukan alamatnya di google map.

Untuk itu segera daftarkan nama bisnis Anda ke google bisnis, sehingga ketika nama bisnis Anda dituliskan di google map, maka pengunjung akan disajikan route terdekat menuju lokasi bisnis Anda. Dalam proses pendaftaran ini, Anda perlu membantu google untuk menemukan alamat bisnis Anda, dengan cara menempatkan marka merah persis ke alamat gedung atau rumah tempat bisnis Anda.

Biasanya google akan meminta verifikasi nama bisnis dengan mengirimkan kode verifikasi melalui kantor pos yang hanya berlaku masa verifikasinya selama satu bulan. Jika kartu pos berisi kode verifikasinya telah diterima, maka segera lakukan verifikasi dengan cara login ke google akun Anda, dan buka tuliskan nama bisnis Anda di google map, maka google akan meminta kode verifikasinya, masukkanlah kode yang terima melalui kartu pos tersebut.

12.Membuat channel youtube atas nama bisnis

Ketika mendaftarkan nama bisnis Anda ke google bisnis, dan setelah proses pendaftaran selesai, sambil menunggu verifikasi, maka google akan memberikan kepada Anda sebuah halaman page google+, dan berdasarkan google page tersebut, maka Anda juga diberikan fasilitas channel youtube. Silahkan Anda manfaatkan dengan baik fasilitas ini, untuk tujuan promosi bisnis Anda.

Maka aktifkanlah channel youtube atas nama bisnis Anda, selanjutnya lakukan verifikasi dengan nomor HP, agar menjadi mitra youtube yang terverifikasi, sehingga di video youtube bisa digunakan fasilitas kartu dan annotasi untuk mengarahkan pengunjung ke artikel bisnis Anda.

Maka channel youtube diharapkan bisa mendatangkan pengunjung ke blog bisnis, demikian juga sebaliknya, sebuah video yang diupload ke channel youtube, bisa diembed ke artikel, sehingga antara channel youtube dengan artikel saling mendukung dan saling mendatangkan pengunjung.

13.Membuat social media atas nama bisnis

Social media menjadi sarana promosi free atas artikel blog. Untuk itu buatlah sejumlah social media, minimal social media yang dibutuhkan oleh plugin jetpack yakni; Facebook, Twitter, Linkedin, Tumblr, Path, dan Google+.

Ketika ada artikel yang baru dipublish maka jetpack bisa membagikan artikel Anda secara langsung ke sejumlah social media tersebut, sehingga membantu pekerjaan Anda dalam melakukan promosi gratis ke sejumlah social media.

Instagram juga merupakan social media yang cukup powerfull untuk dijadikan  sarana promosi, karena setiap kali dilakukan postingan gambar, bisa langsung dishare ke sejumlah social media seperti, facebook, twitter, flickr, dan tumblr.

Silahkan manfaatkan social media lain seperti ifttt untuk melakukan share artikel secara berkala sesuai dengan settingan waktu yang tentukan ke sejumlah social media yang Anda inginkan.

Itulah cerita ringkas bagaimana membangun bisnis online yang dimulai dari membuat blog toko online yang pertama kalinya. Semoga artikel ini bermanfaat sebagai perbandingan dan panduan ringkas bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis online, atau yang baru mulai membangun blog bisnis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 1 =