Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Cara Membuat Artikel

Cara Membuat Artikel

Cara Membuat Artikel

Cara Membuat Artikel

Banyak jalan menuju Roma, berarti banyak juga cara membuat artikel yang baik. Cara paling praktis adalah; mengetikkan keyword yang Anda sasar di google search, kemudian membaca artikel yang berhubungan dengan keyword Anda di blog orang lain. Setelah puas membaca, dan telah mengerti tentang keyword yang Anda sasar, silahkan tuliskan sesuai dengan pemahamanmu sendiri. Ingat tidak baik copy paste artikel orang lain, namun tuliskan dengan gaya bahasamu sendiri. Dan harap diingat jadilah diri sendiri, jangan ingin menjadi orang lain, dengan cara copy paste milik orang lain.

Menulis artikel dari pengalaman sendiri adalah cara yang paling mudah

Cara kedua adalah, tuliskanlah apa yang ada di pikiranmu, tentang idemu, tentang apapun yang ingin kamu bagikan kepada orang lain. Akan sangat mudah untuk membagikan pengalaman, dan pemahaman sendiri dalam artikel, dan kita harapkan akan menjadi inspirasi dan sumber referensi bagi orang lain, yang membaca artikel yang Anda tulis, berdasarkan pengalaman pribadi.

Search Queries di webmaster merupakan sumber inspirasi untuk menulis artikel, dan sebagai alat bantu untuk menemukan keyword turunan

Ketiga, jika Anda sudah pernah bahkan sudah lama punya blog, kemudian kehilangan ide untuk menemukan ide artikel berikutnya yang akan Anda tulis, maka masuklah ke Google Webmaster, bukalah Search Queries dan lihatlah disana, keyword mana yang sudah menghasilkan klik. Kemudian copy keyword tersebut, dan paste di Google Keyword Planner untuk menemukan keyword turunan, yang berhubungan dengan keyword Anda tadi. Carilah keyword turunan yang mirip dengan keyword Anda, yang banyak dicari orang perbulannya, kemudian tuliskanlah artikel baru dengan keyword tersebut. Dengan cara itu, Anda akan membantu keyword pertama tadi, untuk lebih banyak ditemukan dan diklik oleh pengunjung. Dan dengan bantuan keyword planner, digabungkan dengan search queries di google webmaster Anda, kini Anda tidak akan pernah kehilangan ide lagi untuk menulis artikel baru di blog Anda.

Setelah Anda menemukan ide artikel yang akan Anda tulis, kini siap menuliskan artikel dengan topik yang berhubungan dan menjelaskan keyword tersebut.

Tugas selanjutnya adalah; berusaha memahami cara membuat artikel yang baik, dengan menempatkan keyword tersebut minimal di tiga tempat:

  • Dalam paragraf pertama artikel Anda
  • Pada paragraf inti atau di tengah artikel Anda
  • Pastikan ada di paragraf penutup artikel Anda

Ketiga tempat itu adalah; tempat minimal untuk menuliskan keyword, yang menjadi topik artikel Anda. Artinya boleh saja Anda menuliskan keyword tersebut, di setiap paragraf yang Anda tulis. Namun ingatlah satu hal, bahwa persentasi atau density dari keyword tersebut dalam satu artikel, bisa ditoleransi antara 2-5%, lebih dari itu, dianggap spam dan menyalahi ilmu SEO.

Diagnosis artikel Anda dengan SEOQuake sebelum dipublish

Dalam menulis artikel, apakah di page/halaman atau postingan produk, atau postingan blog, ingatlah hal pokok ini, Text/MTML Ratio yang baik antara 15%-50%, jadi jika setelah menulis artikel, ketika baru mau dipublish silahkan dievaluasi terlebih dahulu, dengan alat bantu SEOQuake, lihatlah Text/HTML Rationya berapa persen ? Jika belum mencapai minimal 15%, sebaiknya artikel tersebut jangan dishare dulu ke social media. Lakukan perbaikan terlebih dahulu, jika sudah mencapai atau lebih dari 15% dalam Text/HTML Ratio, barulah Anda share ke social media.

Buat sebuah image sebagai thumbnail artikel, di sebelah kiri paragraf pertama

Akan sangat baik jika di sebelah kiri paragraf pertama artikel Anda, ditempatkan sebuah image dengan ukuran 150 X 150 pixel atau 75 pixel X 75 pixel, yang  membantu menjelaskan, atau mewakili inti artikel Anda. Jadi image itu bisa mengandung tulisan yang menjadi keyword yang sedang Anda tulis, atau sekedar gambar yang menjadi ikon yang mempermudah pembaca memahami artikel Anda. Ingatlah menuliskan nama image tersebut, dengan keyword yang sedang Anda tuliskan, sebelum menguploadnya ke artikel Anda. Selanjutnya setelah image tersebut diupload, dan diposisikan di sebelah kiri paragraf pertama artikel, maka lengkapilah image tersebut dengan caption, title text, dan alt text yang mengandung keyword yang sedang Anda tuliskan artikelnya.

Terkadang pengunjung suka mengeklik image, yang Ada di artikel yang sedang dibacanya, maka ada baiknya jika image yang Anda tempatkan di sisi kiri paragraf pertama artikel Anda, dilengkapi dengan link keluar, yang menuju window atau tab baru, agar pengunjung tidak keluar dari artikel Anda, ketika pengunjung mengeklik image tersebut. Arahkan link tersebut ke artikel lain di blog Anda, atau ke sebuah blog, atau social media yang berhubungan dengan artikel Anda, yang memiliki page rank tinggi, atau yang memiliki DA (Domain Authority) |PA (Page Authority) yang tinggi

Buat sebuah video di youtube, dengan judul sesuai keyword utama artikel, kemudian embed ke artikel tersebut

Jika Anda sudah mampu membuat video tutorial, lengkapi juga artikel yang sedang Anda tulis tersebut, dengan satu video pendek berdurasi di bawah 10 menit, yang memberikan penjelasan tentang artikel Anda tersebut. Upload video tersebut ke channel youtube Anda, kemudian embed di blog artikel Anda, dengan ukuran yang Anda sesuaikan dengan lebar body postingan Anda. Ingat menuliskan URL artikel Anda di deskripsi video yang Anda upload ke youtube, sehingga pengunjung youtube bisa menemukan artikel Anda ketika membaca deskripsi video Anda. Oh ya, judul video sebaiknya ditulis sesuai keyword yang Anda sasar.

Gunakan Anchor Text dalam keyword artikel yang ditulis

Buatlah tulisan berupa keyword yang Anda inginkan (disebut anchor text), kemudian dibold dan dibuatkan link ke artikel lain di blog Anda, atau dibuatkan link ke blog atau social media lain, yang memiliki page rank tinggi atau DA|PA tinggi. Tujuannya adalah agar artikel di blog Anda memiliki saling keterkaitan, kemudian memberikan rekomendasi ke blog atau situs social media yang memiliki page rank tinggi. Akhirnya robot google bisa memahami, bahwa social reputation artikel di blog Anda memang baik, karena saling terkait, dan link yang berhubungan dengan artikel tersebut, adalah social media dengan page rank tinggi atau DA|PA yang tinggi. Inilah nantinya yang akan membantu naiknya page rank blog Anda, dan meningkatkan social reputation dari blog Anda.

Gunakan alat bantu SEOMofo, untuk melihat tampilan judul, dan deskripsi serta jumlah karakter keyword, yang Anda tuliskan di plugin ALl in One SEO Pack di bagian bawah artikel

Lengkapi artikel Anda dengan Label dan deskripsi, jika Anda menulis di blogger, atau lengkapi dengan title, deskripsi, dan keyword serta meta deskription di bagian bawah artikel Anda, jika Anda menggunakan wordpress, dengan domain dan hosting sendiri. Biasanya form ini tersedia, jika Anda menggunakan plugin All in One SEO Pack. Lengkapi juga artikel Anda, dengan memilih atau membuat kategori dan tag, di kolom sebelah kanan body postingan Anda. Ingat untuk menuliskan deskripsi, biasakan menuliskannya di SEOMofo agar Anda bisa langsung melihat tampilannya di Google Search, biasanya deskripsi dibatasi hingga 150 karakter. Jika sudah benar, maka paste ke kotak deskripsi di bawah artikel Anda. Selanjutnya tuliskan di kotak keyword, minimal lima keyword yang berhubungan dan memang tertulis di artikel Anda. Keyword ini sebaiknya Anda tulis juga di SEOMofo agar terlihat jumlah karakternya, usahakan di bawah 150 karakter.

Jika Artikelnya sudah Anda anggap cukup, silahkan dipublish. Sebelum dishare ke social media, pastikan terlebih dahulu bahwa artikel tersebut sudah memenuhi syarat minimum SEO. Silahkan analisis atau diagnosis artikel tersebut, dengan bantuan SEOQuake, periksa bagian mana yang belum dicentang hijau, jika masih bisa diperbaiki, silahkan diedit dulu artikelnya. Minimal diagnosis SEOQuake berwarna kuning, lebih diharapkan centang berwarna hijau.

Pastikan link artikel yang Anda share, di berbagai social media, berfungsi dengan baik dengan cara mengekliknya sendiri

Jika sudah yakin bahwa artikel Anda sudah sesuai dengan diagnosis SEOQuake, silahkan dishare ke social media dan social bookmarking. Pilihlah social media dan social bookmarking dengan page rank tinggi. Pastikan link atau URL postingan yang Anda share, berfungsi di setiap social media dan social bookmarking, dengan cara mengeklik link postingan Anda tersebut, di situs social media dan social bookmarking yang postingannya Anda share.

Oh ya, pahamilah hal ini, bahwa sebagian social media, seperti pinterest, Lintas.me, membutuhkan image ketika menerima submit URL, untuk itulah maka Anda saya sarankan untuk selalu menyertakan satu image, di sebelah kiri paragraf awal artikel Anda, untuk memudahkan social media atau social bookmark, dalam menemukan image yang berhubungan dengan artikel yang sedang Anda share tersebut.

Tulislah komentar di artikel blog orang lain

Di waktu senggang, sempatkan mengunjungi blog orang lain yang page ranknya tinggi, dan membaca artikel yang berhubungan dengan topik postingan Anda, kemudian berikan komentar dengan menuliskan nama Anda, dengan keyword artikel yang Anda tulis tadi, dan masukkan URLnya di kotak website, dan tuliskanlah komentar yang positif. Dengan demikian keyword Anda berfungsi sebagai link yang hidup, yang ketika diklik akan menuju postingan Anda, dan dihitung sebagai backlink oleh robot google. Sebelum meninggalkan blog yang Anda komentari, pastikan mengeklik link, dimana nama Anda yang tertulis sebagai keyword sasaran Anda,  untuk mengetahui bahwa link tersebut berfungsi dengan baik.

Itulah uraian ringkas cara membuat artikel yang baik, dan yang sebaiknya Anda lakukan, sejak pertama sekali Anda menulis artikel di blog Anda. Jika hal ini Anda biasakan dari sekarang, maka 1-5 tahun kemudian, Anda sudah menjadi ahli dalam menulis artikel yang baik. Untuk melengkapi pemahaman Anda, mengenai cara membuat artikel yang baik, baca artikel sebelumya mengenai Google SERPs. Jika Anda berminat mengikuti pelatihan cara membuat artikel yang baik, silahkan ikuti Bimbel Toko Online di RWP Jatijajar. Jika mau konsultasi silahkan gunakan form kontak Hubungi Vitus Polikarpus eTrainingSelanajutnya baca Halaman Penting di Blog

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: