Vitus Polikarpus Bisnis Online Membantu para Pemula untuk Membangun Fondasi Bisnis Online yang Kuat Biografiku
17 April 2014

Biografiku

Biografiku

Selamat buat Anda yang membaca halaman biografiku ini, dan saya ucapkan salam HORAS ! Perkenalkan saya Vitus Polikarpus Surung Manullang.

Kampung Halaman Vitus Polikarpus

Tentu Anda sudah tahu Danau Toba bukan ? Salah satu danau terbesar yang ada di Sumatera Utara. Apakah Anda sudah pernah kesana ? Jika belum, cobalah Anda rencanakan untuk berkunjung kesana, nikmati keindahan alamnya. 

Biografiku

Inilah desa kelahiranku, sebuah desan bernama Huta Bagasan|Simangulampe|Bakara|Kecamatan Baktiraja|Kabupaten Humbang Hasundutan|Provinsi Sumatera Utara. Sebuah desa di pinggiran Danau Toba. Tepatnya Tanggal 24 Pebruari 1969 lalu sesuai data dan pernyataan orangtuaku, aku telah dilahirkan ke dunia ini.

Nama Lengkapku Vitus Polikarpus Surung Manullang

Orangtuaku memberiku nama Surung, terjemahan bebasnya adalah Nilai Lebih, mungkin dulu orangtuaku menganggap saya punya nilai lebih tersendiri dibandingkan saudaraku yang lainnya. Saya anak kelima dari tujuh bersaudara.

Ketika masih berusia empat setengah tahun, Ibu yang melahirkanku kembali kepada penciptanya, sesaat setelah selesai operasi untuk menyelamatkan kelahiran putri bungsunya. Tidak lama kemudian ayahku menikah lagi, dan dari perkawinan kedua ayahku, masih punya 6 orang anak dari perkawinan keduanya sebelum ia pun akhirnya kembali kepada penciptanya di Tahun 1995 lalu.

Sesuai dengan aturan dan tradisi Katolik maka orangtuaku membaptiskan saya di gereja Katolik dan diberi nama baptis Vitus. Setelah  remaja saya menerima sakramen Krisma dan diberi nama Polikarpus. Maka nama lengkap saya menjadi Vitus Polikarpus Surung Manullang.

Riwayat Pendidikan Vitus Polikarpus

Sekolah pertamaku adalah SD Negeri di kampungku sendiri, lokasi sekolahnya persis di pantai Danau Toba. Ketika di SD saya rajin membaca buku, sehingga waktu duduk di kelas 3 SD, guru kelasku telah menyuruh saya untuk mengajari murid lain yang belum bisa membaca. Hal ini menjadi cikal bakal kebiasaan  saya menjadi senang berbagi ilmu. Kebiasaan membaca juga berlanjut terus, sehingga ketika duduk di Kelas 6 SD, kepala sekolah mempercayakan kunci lemari buku perpustakaan sekolah kepada saya, dengan harapan semua buku yang ada di dalamnya menjadi tanggungjawab saya untuk merapikannya. Ketika masih duduk di Kelas 5 SD, saya mewakili sekolah saya untuk mengikuti lomba siswa teladan tingkat kecamatan. Waktu itu desaku masih masuk wilayah Kecamatan Muara. Hasil dari lomba tersebut sekolah saya mendapat juara kedua tingkat kecamatan, kepala sekolah dan guruku tentu bangga dengan prestasi tersebut.

Lulus SD, saya melanjutkan sekolah di SMP Negeri Bakara, lokasi sekolahnya juga persis di Pantai Danau Toba, sehingga ketika pelajaran Olahraga, guru mengajari kami berenang di pinggiran pantai Danau Toba. Ketika saya masih SMP ayahku masih bekerja sebagai pesuruh di sekolah tersebut, dan tentu saja ayahku adalah pegawai negeri.

Lulus SMP ayahku ingin menyekolahkanku ke sekolah Katolik terbaik, sehingga saya masuk sekolah SMA Katolik Bintang Timur Balige, namun hanya semester pertama saya sekolah disana. Semester kedua hingga lulus SMA, saya pindah  sekolah ke SMA Katolik St Thomas 2 Medan di Jl S. Parman, karena abangku nomor 2 memintaku untuk pindah sekolah di Medan.

Lulus SMA orangtuaku sangat mengharapkan aku untuk menjadi sarjana, namun saya tahu, penghasilannya sebagai pegawai negeri tidaklah mampu membayar biaya kuliahku, karena kutahu, saya masih punya saudara-saudari dari Ibuku yang kedua yang masih butuh biaya sekolah.

Riwayat Pekerjaan Vitus Polikarpus

Untuk itu saya mencari pekerjaan di salah satu koperasi unit desa, ya namanya saja koperasi, sesungguhnya adalah rentenir, karena membungakan uang ke penduduk desa dan menagihnya 3% dari pinjaman setiap hari hingga lunas selama 40 kali cicilan. Kenapa saya sebut rentenir karena pinjaman dipotong 5% dan dikembalikan menjadi 120%. Tapi pekerjaan itu saya anggap paling cocok waktunya untuk saya, karena bisa saya kerjakan setengah hari, dan sore hingga malam saya bisa kuliah.

Setelah pasti diterima bekerja, saya melamar masuk di Fakultas Ekonomi UNIKA St Thomas Medan, gedungnya di sebelah gedung SMA ku sebelumnya di Jl S Parman. Demikianlah biaya kuliahku bisa kututupi dari gaji pekerjaan di koperasi alias rentenir. Pekerjaan kuselesaikan hingga pukul 13, dan saya berangkat kuliah sekitar pukul 14, kuliah hingga malam hari. Pertama kuliah saya masih naik sepeda, selanjutnya naik bus atau angkutan umum.

Demikianlah hari-hari kulalui bekerja sambil kuliah, hingga diwisuda Tahun 1994 dari Ekonomi Akuntansi Unika St Thomas Medan. Selesai wisuda, saya tinggalkan pekerjaanku, dan mencoba pengalaman berjualan keliling dari desa ke desa, menjual Paket Program Bahasa Asing, berupa buku dan kaset audio. Pekerjaan ini kutekuni sekitar setengah tahun, hingga akhirnya saya melamar pekerjaan di salah satu penerbit nasional di Medan. Akhir Tahun 1995 diterima bekerja dan dilakukan training sekitar satu bulan, dan akhirnya saya diterima dan diangkat sebagai karyawan dan langsung ditugaskan ke Jakarta di kantor pusat.

Inilah pengalaman pertamaku keluar dari Pulau Sumatera, naik bus 2 hari tiga malam hingga sampai di Jakarta. Dan Anda tahu, waktu itu Bulan Pebruari 1996, saya tiba di Jakarta yang sedang dilanda kebanjiran, saya masih ingat persis, Jl Daan Mogot yang sedang kebanjiran, namun karena busnya gede tetap bisa melintas hingga ke terminal Pulo Gadung.

Selama bertugas di Jakarta saya diberikan kesempatan tinggal di rumah perusahaan, waktu itu saya tinggal di Perumahan Griya Lembah Depok,  dua tahun kemudian pindah ke Perumahan Griya Depok Asri.

Pernikahan Vitus Poliarpus dengan X Mulyani Kurniati

Bekerja sebagai salesman, waktu itu gaji pokokku masih sekitar Rp.190.000,- (seratus sembilan puluh ribu). Di Tahun 1999 kuputuskan untuk menikah dengan Fransiska Xaveria Mulyani Kurniati.

Biografiku

Dan Anda tahu, modal pertama menikah hanya ada beberapa peralatan dapur, piring, gelas, dan kompor gas. Kemudian ada radio tape. Nonton  televisi numpang di rumah kontrakan sebelah, khususnya jika mau nonton Sun Gokong Kera Sakti.

Demikianlah hari-hari berlalu, setengah tahun kemudian saya pindah kontrakan ke Ciracas Jakarta timur agar lebih dekat tempat pekerjaanku, dan lebih dekat dengan sekolah tempat istriku mengajar. Setahun kemudian saya pindah lagi ke rumah perusahaan di Perumahan Jatijajar Blok D.

Mutasi Kerja Vitus Polikarpus Menyebabkan Hidup Berpindah-pindah

Pebruari 2002 saya ditugaskan ke Cabang Medan, dan bertugas sebagai  Group Leader di Kantor Siantar. Desember 2003 saya pindah tugas lagi sebagai kepala perwakilan di Kantor Perwakilan di Tarutung Kabupaten Tapanuli Utara. Pebruari 2007 saya ditugaskan kembali ke Papua, sebagai Asisten Manager yang membawahi seluruh Papua dan berkantor di Abepura Kodya Jayapura Papua. Inilah pengalaman pertamaku menginjakkan kaki di perbatasan bagian timur Indonesia. Hadiah dari penugasanku ke Papua saya diberi kesempatan keliling Eropa selama 3 minggu pada Oktober 2007, inilah pengalaman pertamaku keluar dari wilayah Indonesia. Ke Eropa melalui Jepang, dan kembali lagi ke Indonesia juga melalui Jepang. Oktober 2009 saya ditarik kembali ke kantor pusat di Ciracas Jakarta Timur sebagai asisten manager, dan akhirnya Pebruari 2013 saya resmi keluar dari perusahaan penerbit yang sudah kutekuni selama 17 tahun. Dan riwayat pekerjaanku berakhir disini.

Arti Pentingnya Internet bagi Vitus Polikarpus

Tahun 2003 ketika saya bertugas di Tarutrung saya mulai merasakan pentingnya internet untuk menghemat biaya komunikasi, namun karena atasanku masih gaptek, kurang memahami pentingnya internet, sehingga biaya internet harus kutanggung sendiri. Dan ketika betugas di Papua, melihat luasnya wilayah, seluruh Papua mulai dari Merauke hingga Sorong dan Biak, maka untuk komunikasi saya harus menguasai dan menggunakan internet, inilah awal mula saya semakin menekuni pengetahuan akan internet, mulai dari email, social media, dan internet marketing.

Selama di Papua, saya mulai membuat email saya yang pertama yakni surung_erlpapua@yahoo.co.id dengan email ini saya membuka akun di sejumlah social media,seperti facebook,  dan belajar menjadi subscriber di berbagai situs internet marketing. Dari subscriber inilah saya banyak mendapat ilmu internet marketing, yang mampu membuka wawasan yang lebih luas mengenai dunia internet.

Dalam proses belajar, kemudian saya membuka Google Akun saya pertama : vitus.psm@gmail.com dan dengan akun ini, saya diperkenalkan kepada semua google produk. Salah satu yang saya kembangkan adalah You Tube yang saya buat sejak Tahun 2009, dan baru sejak April 2013 resmi menjadi mitra you tube.

Ketika kembali tugas ke Jakarta, saya melihat semua guru sudah punya laptop, dan saya melihatnya sebagai peluang bisnis, maka saya mulai membuat fan page “Pencinta Ilmu Pengetahuan dan Blog Pengenalan Dasar komputer dan internet, dan video tutorialnya saya upload di you tube di channel Mrvituspolikarpus. Blog vituspolikarpus.wordpress.com ini belakangan tidak saya update lagi dan saya biarkan seperti itu adanya setelah saya memiliki domain dan hosting sendiri.

Vitus Polikarpus mulai Mengajar Pengenalan Dasar Komputer dan Internet

Selama bertugas kembali di Jakarta, saya mulai aktif melatih guru dalam pengenalan dasar komputer dan internet, baik orang per orang, per kelompok, semua guru di suatu sekolah, di kegiatan MGMP Kecamatan dan kodya, atau di kegiatan kepala sekolah satu kecamatan. Terkadang saya di panggil untuk mengisi pelatihan di kegiatan raker satu sekolah, dan sehabis pelatihan biasanya saya diberi amplop, ada yang berisi Rp.300.000,- hingga berisi Rp.1.500.000,- untuk sekali acara pelatihan yang berdurasi mulai pukul 9.00 hingga pukul 15.00,- menarik dan semakin menantang. Saya mulai berpikir, menarik juga jadi trainer, dibandingkan dengan gaji pokok saya menjadi asisten manager hanya sebesar Rp.5.600.000,- per bulan

Namun di satu sisi saya mulai merasa, bahwa keahlian yang sedang saya kembangkan tidak mendapat dukungan atasan dan perusahaan tempat saya bekerja malah dianggap sebagai masalah, walaupun pekerjaan pelatihan itu saya lakukan untuk pembinaan hubungan baik, dan sebagai hadiah pelayanan purna jual bagi pelanggan.

Perlahan tapi pasti, saya merencanakan untuk mempersiapkan pensiun dini, untuk itu saya belajar dan mencari bisnis inernet marketing, yang bisa saya jalankan secara online, yang akan saya tekuni dua hingga 4 tahun, hingga saya siap keluar dari pekerjaan saya.

Vitus Polikarpus mulai serius Menekuni Bisnis Online

Oktober 2012 saya bertemu dengan Jeunesse Global dan saya mendaftar jadi distributornya, dan saya memiliki webreplika http://vituspolikarpus.jeunesseglobal.com kemudian webreplika ini saya dukung dengan sebuah blog bisnis free yang pertama yakni http://vituspsm.wordpress.com, blog ini pun tidak pernah saya update lagi, namun karena ini adalah blog free jadi saya biarkan saja tetap ada.

Waktu berjalan, suasana di kantor semakin tidak kondusif, dan akhirnya saya dipermasalahkan dari kantor tentang bisnis online yang saya lakukan. Walaupun itu di luar pekerjaan karena saya lakukan secara online. Maka dengan tegas saya minta agar saya di PHK saja. Maka saya resmi berhenti dari pekerjaan saya Tanggal 14 Pebruari 2013 persis 17 tahun masa kerja.

Untuk melanjutkan Bisnis Jeunesse Global, saya memperdalam pengetahuan tentang bisnis online, dan untuk itu saya mulai membuka domain dan hosting sebagai awal memulai pembentukan postur di internet.

Domain saya yang pertama adalah http://vituspolikarpus.com sebagai upaya branding nama pribadi di internet. Domain dan Hosting saya beli di IDWebhost. Dalam proses belajar membuat blog tentunya banyak kendala, dan tidak semudah yang saya bayangkan. Sejumlah blog yang saya tulis ada yang kuhapus dan kuganti, install ulang lagi, dan hingga suatu saat, salah tanpa disengaja, buat blog dengan http://vituspolikarpus.com/wp/  yang saya anggap domain utama saya, dan saya kembangkan terus hingga saat ini. Saya juga belajar membuat beberapa  subdomain yang akhirnya kuhapus lagi, dan tertinggal satu blog yang saya anggap sub domain, namun ternyata adalah domain utama saya yakni http://vitus polikarpus.com ini. Judul blog vituspolikarpus.com ini sendiri sudah beberapa kali saya lakukan penyesuaian.

Untuk mendukung pelatihan dan demi mengembangkan ilmu yang saya pelajari, saya buat sejumlah video tutorial dengan bantuan software camtasia studio, seluruh video tutorial tersebut saya upload ke youtube, dan selanjutnya agar saya bisa menghasilkan uang dari youtube, maka saya resmi mendaftar sebagai mitra YouTube sejak April 2013. Seluruh video tutorial saya bisa Anda lihat di channel Mrvituspolikarpus

Sambil belajar dan memperdalam bisnis online, saya juga ikut sejumlah seminar mulai dari QAH (Quantum Awarness Healing) dari Ronald Adrianto, Hynoterapy dari Yan Nurindra, Money Magnet dari Dedy Susanto, dan berbagai seminar lain yang saya anggap perlu saya ikuti sekedar ingin tahu, seperti Finacial Revolution dari Tung Desem Waringin, Hypnoterapy dari Natalia Suhaidi.

Belajar ikut webinar secara online untuk mempelajari teknik promosi secara online, baik menggunakan webinarjam, gotowebinar, atau menggunakan google hangout.

Dan  sebuah seminar membuka toko online saya ikuti di RWPGrup.com dan hasilnya saya membuka sub cabang di http://rwpjatijajar.com  RWP adalah singkatan dari Rahasia Website Pemula

Salah satu blog yang saya buat dalam pelatihan adalah http://alatbantupresentasi.com/ namun blog ini tidak saya kelola lagi sejak Tahun 2015.

Kemudian sebagai bahan latihan dan praktek, saya mencoba membuat sendiri toko online http://kiteksperimenkimia.vituspolikarpus.com/ sebagai sub domain dari http://vituspolikarpus.com. Sub domain ini pun  sudah saya hapus dan tidak kembangkan lagi di Tahun 2015. Dan ketika membuat blog inilah saya baru tersadar akan kesalahan saya, dan mulai memperbaiki kembali domain utama saya yakni blog ini sendiri http://vituspolikarpus.com

Vitus Polikarpus Membuka Bimbel RWP Jatijajar sebagai wadah Berbagi Ilmu

Suatu kekeliruan yang menyadarkan saya akan kesalahan yang sudah lama, baru mengetahui kesalahan itu setelah belajar lebih dalam mengenai toko online, dan membuka sub cabang pelatihan RWP Jatijajar.

Workshop Komputer dan Internet

Dan inilah rumahku di Perumahan Jatijajar Blok C6 No 5 Simpangan Depok, tempat RWP Jatijajar akan saya kembangkan. Di rumah ini telah saya sediakan wifi dengan kecepatan 1 MBps dari jaringan speedy. Dan dari rumah inilah saya mulai melakukan pelatihan online dengan bantuan software team viewer, saya mencoba melatih satu persatu orang yang membutuhkan pelatihan secara online.

Saya punya prinsip, belajar, praktek dan mengajar; dengan mempraktekkan apa yang saya pelajari, kemudian mengajarkannya kembali kepada orang lain, maka ilmu yang saya pelajari akan lebih cepat berkembang dan berguna bagi diri saya sendiri, dan bagi orang lain.

Membangun Peluang Bisnis Afiliasi

Sejak Desember 2016 saya mulai membangun blog Peluang Bisnis Afiliasi. Membuat Video Tutorial sebagai panduan buat para pemula di bisnis online. Video Tutorial diawali dari pengenalan komputer dan Internet.

Setelah lancar  dan nyaman menggunakan komputer dan internet, kemudian diajarkan cara membuat hingga mengoptimasi blog. Selanjutnya mendaftarkan blog ke Google Business. Dilanjutkan dengan membuat aplikasi website untuk diupload ke play.

Mengaktifkan channel youtube yang disediakan oleh google business yang telah diverifikasi. Sehingga antar blog dengan alamat google business, akan terintegrasi dengan channel youtube dan juga aplikasi website di google play

Inilah sekilas, secara ringkas biografi saya, yang menggambarkan secara ringkas tentang siapa Vitus Polikarpus Surung Manullang

Semoga perkenalan kita ini, berlanjut kepada pertemanan, dan berkembang menjadi rekanan bisnis, untuk kebaikan dan kesuksesan kita bersama. Oh ya,.. Jika mau menghubungi saya di HP|WA|Telegram: 081317937777.   Facebook : Vitus Polikarpusatau gunakan kontak form di Hubungi Vitus Polikarpus eTraining

Salam eCommerce

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 − 1 =