Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog yang Terintegrasi sesuai Kebutuhan SEO, sehingga mudah diindeks untuk tampil di halaman pertama mesin pencari. Banyak cara membuat blog atau website. Ada platform yang gratis, ada juga yang berbayar. Bahkan satu platform kadang menyediakan fasiltas gratis dan berbayar secara bersamaan. WordPress misalnya, ada yang gratis, ada juga yang berbayar. Yang gratis tentu akan lebih panjang URL domainnya, karena masih ada nama penyedia scriptnya. Oh ya, URL merupakan singkatan dari Uniform Resource Location. Misalnya jika domain saya vituspolikarpus, maka URLnya menjadi http://vituspolikarpus.wordpress.com. Jika berbayar dengan membeli domain sendiri maka, URLnya menjadi http://vituspolikarpus.com. Lebih pendek dan lebih simpel, dan terkesan profesional.

 

Cara Membuat Blog dengan cara Gratis

 

Untuk Cara Membuat Blog dengan cara gratis ada beberapa pilihan platform yang bisa digunakan. Ada blogger yang lebih populer. Setiap pemilik google akun, sudah memiliki fasilitas blogger. Blogger terintegrasi dengan Google+. Karena merupakan produk google, maka blogger lebih mudah terindeks di mesin pencari google. Dan bisa menggunakan fasilitas google analytics, dan webmaster tools. Kelemahannya, di belakang domain masih ada tulisan blogspot.com sehingga URL domain menjadi lebih panjang. Lokasi penyimpanan file di blogger tidak bisa diakses oleh pengguna. Ada batasan aturan, yang harus dipatuhi oleh pengguna.

Wix.com yang memiliki fasilitas drag dan drop. Pengguna dipermudah dengan tools yang sudah tersedia, cukup tulis dan edit saja. Sudah ada form untuk menulis teks, menempatkan gambar atau video. Sehingga dengan wix.com lebih mudah memodifikasi penyajian suatu halaman.

WordPress.com juga populer dan banyak digunakan. Mudah dan umum digunakan, untuk kepentingan penulisan artikel. Banyak pilihan template gratis yang bisa digunakan. Juga banyak pilihan plugin yang bisa digunakan.  

 

Cara Membuat Blog dengan Cara Berbayar

 

Cara Membuat Blog dengan domain dan hosting berbayar, digunakan para pebisnis online. Banyak kemudahan yang disediakan. Misalnya blog atau website yang dibangun dengan script wordpress. Bisa mengakses dan mengelola file yang digunakan. Boleh membuat email atas nama domain. Juga bisa membuat memberarea, yang hanya bisa diakses dengan username dan password. Bisa membuat sub domain, bahkan bisa membuat blog direktori. Bisa menggunakan  theme dan plugin premium.

Para pebisnis online yang serius tentu akan menggunakan  domain dan hosting sendiri. Usaha untuk mempromosikan diri, produk, dan perusahaan, tentu lebih baik menggunakan domain dan hosting sendiri. Misalnya, saya membeli domain atas nama saya sendiri yakni vituspolikarpus.com.

Domain vituspolikarpus.com sengaja saya beli sebagai usaha promosi diri di internet. Dengan domain ini, saya bisa membangun postur diri lebih baik di internet, yakni sebagai Trainer Internet, Tutor Computer, Social ecommerce Consultant.

 

Keuntungan Cara Membuat Blog dengan Cara Berbayar

 

Dengan domain vituspolikarpus.com saya bisa membuat sejumlah blog direktori. Contohnya blog Peluang Bisnis Afiliasi ini, dengan URL http://vituspolikarpus.com/afiliasi. Afiliasi adalah satu direktori yang ditempatkan di hosting atau cpanel, tempat file domain vituspolikarpus.com disimpan. Di blog ini saya menggunakan plugin berbayar, untuk membuat memberarea.

Komunitas Vitus Polikarpus Bisnis Online, juga merupakan blog direktori. Blog ini dibuat untuk membangun komunitas, saling diskusi dan berbagi pengalaman. Blog ini menggunakan script Open Source Social Network. Disini saya bisa membangun sejumlah grup, sesuai kategori yang dibutuhkan. Sehingga komunitas dibangun, sesuai kelompok minat masing-masing.

Membuat email atas nama domain menjadi lebih mudah. Saya menggunakan email konsultasi@vituspolikarpus.com sebagai email resmi. Email ini saya forward ke google akun yang saya gunakan. Sehingga email masuk dari konsultasi@vituspolikarpus.com bisa saya buka di google akun saya.

 

Cara Membuat Blog yang Terintegrasi dengan Google Business

Kelanjutan artikel ini hanya bisa dibaca oleh Member, silahkan login disini dulu atau Registrasi di sini

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *